Huawei dan GTech Berkolaborasi Mendukung Digitalisasi dan Pembangunan Berbasis Inovasi Huawei dan GTech Berkolaborasi Mendukung Digitalisasi dan Pembangunan Berbasis Inovasi ~ Teknogav.com

Huawei dan GTech Berkolaborasi Mendukung Digitalisasi dan Pembangunan Berbasis Inovasi


Teknogav.com – Huawei dan Gtech menjalin kemitraan strategis untuk mendukung percepatan transformasi digital di berbagai sektor penting dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Kemitraan tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding untuk menegaskan komitmen Huawei dan Gtech. Dukungan dalam mempercepat transformasi digital ini dilakukan berbasis penelitian dan inovasi. 

GTech adalah perusahaan bisnis digital yang memiliki visi menciptakan ekosistem digital yang kuat. Kemitraan strategis jangka panjang yang stabil dibangun memanfaatkan keandalan sumber daya Gtech dan Huawei dalam pemodalan, teknologi dan penguasaan pasar. Tentu saja kedua perusahaan juga fokus pada pendayaan cloud, kecerdasan buatan (AI) dan digitalisasi untuk mewujudkan hal tersebut.

Baca juga: Taman Nasional Bali Jajaki Penggunaan AI untuk Penjagaan Hutan

Huawei memiliki komitmen untuk memperkuat pertukaran dan kerja sama melalui kemitraan strategis dengan Gtech. Komitmen tersebut berlaku untuk pengembangan retail, keuangan digital, lautan dan maritim, layanan kesehatan, kota, manufaktur, penambangan yang serba pintar.  Selain itu juga untuk mengembangkan kompetensi talenta digital. Tahun 2022 ini HUAWEI CLOUD pun akan menerapkan region 3AZ baru di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Zeng Xinyun, President of Huawei Cloud Asia Pacific.

Kemitraan strategis Huawei dan Gtech juga akan mendukung digitalisasi Pulau Kura-kura Bali (KKB). Saat ini pemerintah memprioritaskan pembangunan Pulau KKB sesuai visi menjadikan pulau tersebut untuk mengembangkan inovasi dan penelitian kelas dunia. Pulau tersebut juga akan dijadikan hub inovasi dan inkubasi teknopreneur Indonesia demi mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Bandara Internasional Bali Utara Siap Hadir di Metaverse

“Sinergi kepemimpinan Huawei dalam teknologi 5G, public cloud dan AI dapat terlaksana dengan kemitraan strategis bersama GTech. Hal ini didukung pengalaman GTech yang kaya dalam industri. Huawei dan GTech juga akan melakukan sinergi keandalan masing-masing untuk mendukung pengembangan brand-brand kelas dunia berbasis inovasi. Selain itu juga berkontribusi terhadap transformasi digital dan penguatan ekonomi digital Indonesia,” ucap Zeng Xinyun.

Enki Tan, Chairman of Giti Tire & GTech sangat mengapresiasi Huawei atas kuatnya komitmen dalam membangun kemitraan strategis. Teknologi dan kepiawaian Huawei memampukan GTech mengembangkan layanan dan solusi digital cerdas sesuai kebutuhan pelanggan dari berbagai sektor. Gtech dapat berinovasi dengan cloud dan AI untuk menyediakan platform dan digital di berbagai industri. Beberapa industri tersebut mencakup retail, keuangan digital, manufaktur, otomotif, layanan publik, pertambangan sampai kesehatan.

MoU antara Huawei dan GTech dilakukan oleh Jason Zhang, CEO Huawei Cloud Indonesia. Penandatanganan juga dilakukan oleh Tantowi Yahya, Duta Besar Keliling Indonesia untuk Pasifik, Chairman of PT Bali Turtle Island Development. Tantowi Yahya juga menjabat President Director of United in Diversity. 

Baca juga: WIR Group Berkolaborasi dengan Triniti Land Hadirkan Pariwisata di Metaverse

Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh beberapa perwakilan berikut ini:

  • Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia
  • Zeng Xinyun, President of Huawei Cloud Asia Pacific
  • Enki Tan, Chairman of Giti Tire & GTech,
  • Suyoto, M.Si., Ketua UID Foundation
  • Gautama Hartarto, Presiden Direktur PT Indo Muro Kencana

Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia pun menegaskan bahwa Indonesia merupakan pasar digital Huawei yang terbesar di Asia Pasifik. Selain itu Indonesia juga merupakan lokasi industri digital yang penting di kawasan tersebut. Huawei telah hadir di Indonesia lebih dari 22 tahun. Komitmen Huawei adalah terus mendukung keberhasilan transformasi digital Indonesia. Perwujudan komitmen tersebut dilakukan melalui teknologi-teknologi yang dikembangkan Huawei seperti cloud, AI dan 5G, serta alih pengetahuan yang berkelanjutan. Upaya tersebut dilakukan bersama pemerintah, industri, dunia pendidikan, komunitas dan media.

“Kerja sama strategis dengan GTech saling melengkapi dengan keunggulan kami masing-masing. Hal ini menjadi penegasan makin kuatnya keseriusan kami dalam berkontribusi terhadap tercapainya Visi Besar Indonesia,” ucap Jacky.

Share:

Artikel Terkini