Bandara Internasional Bali Utara Siap Hadir di Metaverse Bandara Internasional Bali Utara Siap Hadir di Metaverse ~ Teknogav.com

Bandara Internasional Bali Utara Siap Hadir di Metaverse


Teknogav.com – PT Bandara Internasional Bali Utara (BIBU) Panji Sakti berkolaborasi dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group) untuk mengadopsi teknologi metaverse. BIBU merupakan perusahaan penggagas proyek Bandara Internasional Bali Utara yang memiliki visi sebagai pengelola bandara terkemuka di Asia Pasifik. Kolaborasi antara BIBU dan WIR Group ini dtiuangkan dalam  nota kesepahaman kerja sama.

Peresmian kolaborasi antara BIBU dan WIR Group dilakukan dengan penandatananganan nota kesepahaman yang dilakukan pada 6 April 2022 di Jakarta. Penandatanganan dilakukan Erwanto Sad Adiatmoko Haribowo, Direktur Utama PT BIBU Panji Sakti dan Michel Budi, Direktur Utama WIR Asia Tbk. Michel Budi, mengungkapkan bahwa kolaborasi dengan BIBU menambah kerja sama WIR Group dengan berbagai sektor bisnis.

Baca juga: WIR Group Berkolaborasi dengan Triniti Land Hadirkan Pariwisata di Metaverse

Kolaborasi ini akan menggunakan teknologi metaverse untuk mewujudkna visi BIBU menjadi pengelola bandara dan aerotropolis terkemuka di Asia Pasifik. Adopsi metaverse akan dilakukan di Bandara Internasional yang berada di pesisir pantai Kubutambahan, Buleleng Bali. Penerapan teknologi ini akan memperkaya dan memperkuat ekosistem Metaverse Bali yang sedang dikembangkan WIR Group. Teknologi artificial intelligence (AI), virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) akan dimanfaatkan dalam pengelolaan bandara ini.

“Bagi kami penerapan teknologi metaverse merupakan jawaban akan kebutuhan masa depan yang harus dimulai dari sekarang. Kerja sama dengan WIR Group akan makin memuluskan langkah kami menjadi pengelola Bandara terkemuka di Asia Pasifik,” ucap Erwanto. 

Baca juga: WIR Group dan Pemkot Makassar Siap Kembangkan Metaverse Makassar

Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo, Direktur Utama PT BIBU Panji Sakti dan Michael Budi, Direktur Utama WIR Asia Tbk,

Di metaverse orang-orang dapat bertemu, bekerja dan bermain menggunakan kacamata augmented reality atau aplikasi smartphone. Menurut Erwanto, adopti teknologi tinggi seperti metaverse merupakan keharusan agar bisa menjawab dan menghadapi tantangan persaingan global yang makin ketat. Kolaborasi dengan WIR Group merupakan langkah strategis yang juga akan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di BIBU. Pengembangan SDM ini agar mereka dapat memiliki kecakapan dalam memanfaatkan teknologi digital sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanan bagi pelanggan.

Pemanfaatan teknologi metaverse di Bandara Internasional Bali Utara diharapkan dapat menciptakan mesin ekonomi baru bagi Bali khususnya dan Indonesia umumnya. Penerapan metaverse akan memberikan nilai tambah jangka panjang bagi industri penerbangan dan kawasan industri pendukungnya. Hal ini akan berperan aktif dalam meningkatkan perekonomian, terutama ekonomi digital nasional. 

Baca juga: Huawei Harapkan Kolaborasi Industri untuk Bangun Ekosistem 5G + AR

“Kami menilai WIR Group memiliki kapabilitas dan kredibilitas sebagai pengembang teknologi yang sangat didukung pemerintah untuk menghadirkan Metaverse Indonesia. Selain itu WIR Group juga menghadirkan metaverse kota-kota lain di Indonesia, termasuk metaverse Bali. Pengembangan metaverse ini  berbasiskan kearifan lokal dan nilai-nilai luhur bangsa yang sesuai budaya dan adat-istiadat Bali tempat kami berada, lanjut Erwanto.

Michel berharap kehadiran BIBU dalam metaverse akan makin meningkatkan minat sektor bisnis lainnya untuk mengadopsi platform metaverse dan teknologi tinggi. Hal ini akan mendukung kemampuan bisnis dalam mampu meningkatkan daya saing. Menurut Michel, kerja sama dengan BIBU menghadirkan tantangan untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas untuk menghadirkan solusi bagi klien. 

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

 “Tugas kami adalah mengantarkan klien memasuki dunia metaverse. Kami memiliki keahlian dalam mengembangkan teknologi dan pengalaman memberikan solusi digital terbaik bagi klien-klien di dalam dan luar negeri. Kami akan berkontribusi dalam pengembangan ekonomi digital di Indonesia,“ ucap Michel.

Share:

Artikel Terkini