Platform MediaTek Genio Dukung Produsen Hadirkan Berbagai Perangkat AIoT Platform MediaTek Genio Dukung Produsen Hadirkan Berbagai Perangkat AIoT ~ Teknogav.com

Platform MediaTek Genio Dukung Produsen Hadirkan Berbagai Perangkat AIoT

Teknogav.com – MediaTek memperkenalkan platform Genio yang merupakan platform stack lengkap untuk AIoT pada 11 Mei 2022. Platform all-in-one ini mencakup chipset yang tangguh dan efisien, alat pengembangan perangkat lunak (SDK) platform terbuka dan portal pengembang komprehensif. Para produsen dan OEM dapat mengembangkan aplikasi pintar konsumen, perusahaan, dan industri yang inovatif di tingkat premium, menengah dan pemula. Kemampuan tersebut memungkinkan mereka dapat lebih cepat menghadirkan perangkat pintar di pasar. 

Semua perangkat keras, perangkat lunak dan sumber daya yang dibutuhkan untuk konsep, desain dan manufaktur dapat diakses dengan MediaTek Genio. Berbagai chipset Genio dapat dipilih sesuai kebutuhan produk. Kustomisasi desain pun dapat dilakukan menggunakan sumber daya pengembang MediaTek dan SDK platform terbuka, Yocto Linux. Produses mudah mengakses perangkat keras dan perangkat lunak, serta jaringan dan saluran penjualan mitra MediaTek. Semuda dapat dilakukan menggunakan platform terintegrasi yang mudah dipakai, yaitu MediaTek Genio.

Baca juga: Mudah Kembangkan Perangkat Pintar AIoT dengan Pumpkin dari MediaTek

Para produsen tersebut dapat mengurangi biaya pengembangan dan mempercepat menghadirkna produknya ke pasar memanfaatkan MediaTek Genio. MediaTek juga tetap memberikan dukungan pembaruan sistem operasi dan patch keamanan secara jangka panjang, sehingga siklus hidup lebih panjang.

“Saat industri memasuki era inovasi selanjutnya, platform Genio MediaTek menghadirkan fleksibilitas, skalabilitas, dan dukungan pengembangan yang dibutuhkan merek untuk memenuhi permintaan pasar terbaru. Kami berharap dapat melihat pengalaman baru pengguna pada perangkat dengan chip Genio 1200 kami yang memiliki kemampuan AI kuat, mendukung tampilan 4K, dan fitur pencitraan yang canggih,” ucap Jerry Yu, MediaTek Corporate Senior Vice President and General Manager of MediaTek’s Computing, Connectivity and Metaverse Business Group.

Keandalan Platform MediaTek Genio

Platform AIoT SDK terbuka Genio memungkinkan kustomisasi beberapa produk dengan paket perangkat lunak yang sama dan mendukung Yocto Linux. Produk dapat dikembangkan dengan dukungan minimal di berbagai jenis aplikasi berkat penyederhanaan penulisan dan pemrograman di setiap lapis perangkat lunak.

Portal pengembang MediaTek Genio memudahkan akses ke berbagai alat pengembang, serta perangkat keras dan perangkat lunak sistem milik mitra. Produsen dari berbagai kalangan juga bisa memanfaatkan portal tersebut untuk menggunakan jaringan mitra dan saluran penjualannya. Hal tersebut memungkinkan mereka merampingkan desain produk AioT dan mempercepat waktu peluncuran ke pasar.

Baca juga: Chipset MediaTek Pentonic Dukung Dolby Vision IQ dengan Precision Detail

Chipset MediaTek Genio

Kinerja multi-core chipset MediaTek Genio ini cepat dan hemat daya, bahkan untuk aplikasi AI dengan komputasi intensif. Kemampuan tersebut tentu saja dapat mengoptimalkan pengalaman pengguna.CPU, GPU, dan AI Processing Unit (APU) di tiap-tiap chipset bekerja sama meningkatkan kemampuan otonom cerdas di edge. Chipset tersebut mendukung tampilan kualitas tinggi, kamera, dan lain-lain. Setiap chipset juga mendukung protokol Wi-Fi dan Bluetooth terkini untuk memberikan konektivitas tanpa batas.

Baca juga: MediaTek i350, Platform Edge AI dengan DSP untuk Perangkat AIoT

Seri Genio mencakup system-on-chip (SoC) premium, mid-tier dan entry-level untuk memenuhi kebutuhan pasar dan aplikasi yang berbeda. Berikut ini adalah peruntukan masing-masing chipset:

  • Genio 1200 merupakan chipset pertama dalam keluarga Genio yang dirancang untuk perangkat AIoT premium yang membutuhkan kinerja terbaik di kelasnya. Chipset ini memiliki dukungan standar multimedia terbaru dan tampilan 4K, akselarator TOP AI 4.8, serta efisiensi daya.
  • Genio 500 ditujukan untuk perangkat IoT retail dan komersial yang membutuhkan pemrosesan edge berkinerja tinggi dan kemampuan multimedia canggih.
  • Genio 350 cocok untuk hub di lingkungan rumah dan portabel yang memerlukan penglihatan yang lebih rendah dan pemrosesan voice edge.
  • Genio 130 dirancang untuk perangkat asisten suara yang didukung sistem operasi ringan dan cloud. Chipset ini dirancang untuk perangkat dengan kebutuhan platform yang difokuskan pada audio dan mikrofon.

MediaTek Genio 1200

Produksi MediaTek Genio 1200 menggunakan metode 6 nm. Chipset ini memiilki CPU delapan inti yang berkemampuan tinggi, lima inti prosesor grafis dan prosesor AI dua inti. Kecanggihan mesin multimedia menjadikan Genio 1200 ideal untuk perangkat rumah pintar, perangkat IoT skala industri dan perangkat AI-embedded lain. Chipset Genio 1200 juga dapat menerima dan memproses tampilan ultra-high definition dan input kamera dari berbagai aplikasi computer vision (CV).

Chipset MediaTek Genio 1200 mendukung standar multimedia terkini, tampilan 4K dan sangat hemat daya. Platform ini mendukung konektivitas tinggi menggunakan USB 3.1, GbE MAC dan PCI-Express, Wi-Fi 6E dan sub-6 5G. Perangkat yang menggunakan chipset Genio 1200 akan mulai tersedia secara komersial pada semester kedua tahun 2022.

Share:

Artikel Terkini