WIR Group Gandeng Cakap Hadirkan Dunia Pendidikan di Metaverse WIR Group Gandeng Cakap Hadirkan Dunia Pendidikan di Metaverse ~ Teknogav.com

WIR Group Gandeng Cakap Hadirkan Dunia Pendidikan di Metaverse

Teknogav.com – WIR Group berkolaborasi dengan Cakap untuk mengembangkan platform metaverse di dunia pendidikan. Kolaborasi ini dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pada hari Kamis, 19 Mei 2022. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Michel Budi, CEO WIR Group dan Yohan Limerta selaku CTO dan Co-Founder CAKAP. Rencananya kolaborasi kedua perusahaan tersebut akan ditampilkan pada World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos.

Cakap merupakan aplikasi pembelajaran dua arah yang memiliki lebih dari 1 juta pengguna. Sampai kini Cakap sudah memberikan pembelajaran bahasa asing dan vokasi dengan menghubungkan siswa dan tutor melalui teks dan video call.

Kolaborasi WIR Group dan Cakap akan memperlihatkan cara sistem pembelajaran online interaktif akan makin menarik dan memberikan pengalaman baru. Harapannya kehadiran sektor pendidikan Indonesia di metaverse dapat menunjukkan kepada dunia mengenai kemajuan pengembangan teknologi, khususnya teknologi digital di Indonesia. 

Baca juga: Cakap Teacher Academy Batch 2 Siap Berdayakan Guru secara Global

Michel Budi, CEO WIR Group; Yohan Limerta, CTO dan Co-Founder CAKAP; dan Nurul Ichwan, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal

Yohan Limerta, CTO dan Co-Founder CAKAP mengungkapkan bahwa kolaborasi dengan WIR Group sejalan dengan visi CAKAP. Visi tersebut untuk meningkatkan daya saing SDM Indonesia dengan memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang mudah diakses, dapat diterima dan terjangkau. Apresiasi atas kolaborasi Cakap dengan WIR Group pun disampaikan Michel Budi. Menurutnya Cakap merupakan platform e-learning yang berpikir strategis dalam mengembangkan sistem pembelajaran dan pendidikan dua arah dengan pendekatan berbeda.

Baca juga: Program Pelatihan Cakap Teacher Academy Siap Asah Kompetensi Pengajar

“Kami optimistis, teknologi metaverse bisa membantu pengembangan Pendidikan Indonesia. Dukungan ini bukan saja dalam hal efisiensi dan meberikan pengalaman baru, tetapi juga dalam menciptakan talenta-talenta berdaya saing global,” ucap Michel.

Nurul Ichwan, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, menambahkan bahwa metaverse menawarkan sejumlah pengalaman baru dan peluang yang tak terbayangkan sebelumnya. Metaverse dipercaya menjadi tren dan menjadi jawaban atas tantangan di era digital tanpa batas. Sudah seharusnya dunia pendidikan berada di garda depan dalam pengembangan teknologi ini. Menurutnya keahlian dan pengalaman WIR Group di bidang AR/VR, dan AI, dipadukan keahlian dan pengalaman Cakap akan menjadikan dunia pendidikan di Indonesia lebih interaktif dan efisien.

Partisipasi WIR Group dalam WEF

Pada ajang WEF 2022, WIR Group menunjukkan dan mendemonstrasikan purwarupa penerapan teknologi metaverse untuk sektor pendidikan kepada para delegasi WEF. WIR Group ikut serta ajang WEF ketiga kalinya, setelah sebelumnya berpartisipasi di WEF 2019 dan WEF 2020. Pada WEF 2022 ini, WIR Group juga berkolaborasi dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). 

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

Michel Budi mengungkapkan bahwa dipercayanya WIR Group untuk kembali mengisi Indonesia Pavilion di ajang WEF 2022 merupakan kehormatan. WIR Group akan menunjukkan kepada dunia mengenai Indonesia yang modern dengan visi global dan futuristik. Kepercayaan tersebut merupakan hasil dari komitmen WIR Group dalam mengembangkan teknologi masa depan dan memberikan solusi bagi berbagai klien. Pengembangan teknologi yang dilakukan WIR Group tersebut berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI).

”Kami akan melanjutkan kepercayaan tersebut dengan menunjukkan keunggulan teknologi metaverse yang kami kembangkan sebagai karya anak bangsa yang patut dibanggakan. Ini sekaligus menandakan bahwa Indonesia mampu menciptakan peluang dan siap bersaing secara global dalam hal teknologi tinggi,” ucap Michel Budi.

Share:

Artikel Terkini