Sennheiser XS Wireless IEM, Sistem In-ear Monitoring bagi Musisi Profesional Sennheiser XS Wireless IEM, Sistem In-ear Monitoring bagi Musisi Profesional ~ Teknogav.com

Sennheiser XS Wireless IEM, Sistem In-ear Monitoring bagi Musisi Profesional

Teknogav.com -  XS Wireless IEM (XSW IEM) terkini Sennheiser siap mendukung para musisi untuk berpenampilan lebih profesional. Musisi dapat beralih dari speaker studio monitor ke sistem in-ear monitoring (IEM) nirkabel untuk meningkatkan penampilan mereka. Sistem IEM yang digunakan merupakan salah satu unsur penting dalam meningkatkan kualitas audio.

Sennheiser merancang perangkat XSW IEM untuk memenuhi kebutuhan monitor audio personal yang mudah, fleksibel dan andal. Sistem pada XSW IEM menyediakan fitur untuk memudahkan pengaturan koneksi nirkabel pada frekuensi UHF skala profesional dengan cepat. Perangkat ini dirancang Sennheiser sebagai standar baru dalam IEM.

Baca juga: Tips Memilih Speaker Studio Monitor untuk Home Studio

XSW IEM dapat meningkatkan kualitas audio sambil tetap memberikan keleluasaan untuk bergerak, baik saat latihan maupun tampil live. Audio setiap anggota band dapat dipantau dengan baik, sehingga mendukung pertunjukan yang hebat, apa pun genre musiknya. Hasil audio yang XSW IEM terdengar berkualitas, konsisten dan andal, sehingga pengguna dapat fokus menyajikan penampilan musik terbaik.

musisi menggunakan XSW IEM untuk memonitor audio

“Ketika musisi sudah mencoba IEM nirkabel, mereka tidak mau lagi menggunakan speaker monitor floor wedges karena kualitas suaranya sangat berbeda. Mendengarkan audio Anda melalui speaker monitor lantai, side fill atau bahkan monitor PA personal terkadang bisa menyulitkan. Suara yang dihasilkan bisa jadi kurang stabil, terutama ketika Anda tengah bergerak aktif. Seringnya kualitas audio di masing-masing tempat pertunjukan pun berbeda,” ucap Bertram Zimmermann, Product Manager Sennheiser.

Kemampuan Monitoring Audio Setiap Personel Band

Terkadang untuk mengatasi kendala perbedaan kualitas audio dilakukan dengan menaikkan volume audio pada speaker monitor. Langkah tersebut justru memperburuk keadaan dan berisiko merusak pendengaran. Kualitas suara yang didengar penonton pun dapat menurun signifikan. Kesulitan saat mendengar audio sendiri maupun anggota band lain dapat mempengaruhi latihan dan pertunjukan musisi. 

Baca juga: Vermouth V3C dan Vermouth Micro, Studio Monitor dengan Harga Terjangkau

Sennheiser XSW IEM

XSW IEM dapat mengatasi tantangan tersebut dengan menyajikan kualitas audio yang konsisten di posisi mana pun saat di panggung. Kejernihan suaranya mendukung musisi mengolah suara vokal dan instrumen musik yang dimainkan, sehingga meningkatkan kualitas penampilan musisi. Risiko feedback dari speaker pun dapat dikurangi.

Kemudahan pemasangan sistem XSW IEW memungkinkan penggunaan tanpa perlu keahlian teknologi khusus. Musisi pun dapat memaksimalkan waktu untuk latihan tanpa perlu ribet dengan persiapan yang rumit. Cara paling efektif untuk melakukan pemantauan suara saat band memainkan musik adalah menggunakan pemancar tunggal dengan sejumlah bodypack receiver. Setelah itu dapat menambah pengaturan untuk masing-masing pemain menggunakan pemancar IEM tambahan.

Kelengkapan Fitur-fitur XSW IEM

Koneksi nirkabel XSW IEM yang profesional mengandalkan frekuensi UHF yang setelannya disesuaikan dengan perhitungan yang tepat. Frekuensi tersebut memudahkan musisi menggunakan produk ini dengan cepat. Jika perlu, frekuensi transmisi tersebut pun dapat disesuaikan secara manual.

Baca juga: Vermouth Audio Studio Monitor, Jagoannya Segmen Speaker Premium Indonesia

Posisi setelan mudah dilihat, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Hal ini berkat tampilan lampu pada bodypack receiver dan pemancar rack-mount. Sinkronisasi berbagai bodypack receiver dengan pemancar tunggal didukung oleh sensor inframerah yang terdapat pada XSW IEM. Fitur pembatas suara juga tersedia untuk melindungi pendengaran dan pilihan peningkatan frekuensi tinggi untuk mengoptimalkan kejernihan dan kejelasan audio.

Sennheiser XSW IEM

Pemantauan audio dapat menggunakan pengaturan mono atau pengaturan stereo. Pengaturan mono dilakukan dengan panel kontrol yang menyesuaikan volume pada telinga kanan dan kiri. Sedangkan pada pengaturan stereo terdapat dua pilihan, yaitu dengan mematikan mode fokus atau menyalakan mode fokus. Ketika mode fokus dimatikan, panel kontrol akan mengubah volume pada telinga kanan dan kiri. Sedangkan mode fokus menentukan sinyal yang terdengar lebih keras untuk menciptakan pengaturan mono yang bisa disesuaikan kebutuhan masing-masing pengguna.

Harga dan Ketersediaan XSW IEM

XSW IEM akan tersedia di Indonesia mulai 24 Mei 2022. Harga yang dibanderol pada paket XSW IEM ini adalah Rp12.094.000. Tersedia juga receiver dan pemancar tambahan dengan harga masing-masing Rp Rp7.047.000.
Berikut ini adalah isi paket XSW IEM:

  • bodypack receiver stereo
  • perangkat in-ear dan baterai
  • pemancar stereo yang terdiri dari antena
  • peralatan rack-mount
  • colokan listrik dengan berbagai jenis adaptor

XSW IEM tersedia dalam lima jenis rentang frekuensi UHF yang selaras dengan serangkaian mikrofon nirkabel dan pemancar instrumen seri XSW.

Spesifikasi XSW IEM SR Stereo Transmitter

Modulasi

FM stereo

Rentang frekuensi dan daya RF maksimal

A: 476 - 500 MHz (30 mW)
B: 572 - 596 MHz (30 mW)
C: 662 - 686 MHz (30 mW)
E: 823.2 - 831.8 MHz (30 mW)
K: 925.2 - 937.3 MHz (10 mW)

Switching bandwidth

sampai 24 MHz

Rentang frekuensi AF

45 Hz sampai 15 kHz

Input audio

2x XLR-3 / ¼“ (6,3 mm) soket jack combo, diseimbangkan secara elektronis

Distorsi harmonis total (THD)

<0,9 %

Rasio sinyal-ke-noise

≥88 dB

Rentang suhu

0 °C sampai +40 °C

Tingkat input

+12 V DC

Konsumsi arus

sekitar 400 mA (tergantung tingkat volume)

Dimensi

sekitar 200 x 128 x 42 mm

Bobot

sekitar 700

Spesifikasi XSW IEM EK Stereo Receiver

Switching bandwidth

sampai 24 MHz

Rasio sinyal-ke-noise (1 mV, peak deviation)

≥88 dB

Distorsi Harmoni Total (THD)

≤1 %

Tingkat keluaran AF pada 3,5 mm

2 x 1.25 Vrms pada 16 Ω

High Boost (EQ)

+10 dB pada 13 kHz

Limiter

-10 dB

Tanggapan frekuensi AF

45 Hz sampai 15 kHz

Rentang suhu

0 °C to +40 °C

Catu daya

2 baterai AA, 1.5 V

Waktu opearsi

sekitar. 6 jam (tergantung tingkat volume)

Dimensi

sekitar. 95 x 70 x 26 mm

Bobot (termasuk baterai)

sekitar 110 g

Spesifikasi Headphone IE 4 In-ear

Transduser

dinamis

Tanggapan frekuensi

40-20.000 Hz

SPL (1 kHz, 1 mW)

106 dB

Impedansi nominal

6 ohm

Panjang kabel

1,4 m

Konektor

3,5 mm (1/8”) stereo plug, gold-plated

Suhu

5 °C sampai +50 °C

Share:

Artikel Terkini