WIR Group Gandeng Matrix NAP Info Siapkan Koneksi Pengguna Metaverse WIR Group Gandeng Matrix NAP Info Siapkan Koneksi Pengguna Metaverse ~ Teknogav.com

WIR Group Gandeng Matrix NAP Info Siapkan Koneksi Pengguna Metaverse


Teknogav.com – PT WIR Asia Tbk (WIR Group) berkolaborasi dengan perusahaan jasa telekomunikasi PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info). Kolaborasi ini ditujukan untuk menyediakan koneksi internet dalam menjelajahi metaverse dan menyajikan pengalaman baru bagi pengguna. Kesepakatan kerja sama ini ditandatangani di Jakarta. Penandatanganan dilakukan Thomas Dargono, Managing Director PT NAP Info Lintas Nusa dan Michel Budi, Direktur Utama PT WIR Asia Tbk.

Thomas Dargono mengatakan bahwa metaverse pada intinya adalah fase internet lebih lanjut dengan semesta virtual. Metaverse ini memungkinkan manusia berinteraksi dengan avatar dan berbagai produk dan layanan secara serentak dan paralel. Interaksi sosial di metaverse menampilkan dunia digital secara realistis dan tak terbatas.

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

“Platform metaverse merupakan inovasi teknologi yang akan menjadi wajah peradaban di masa mendatag. Metaverse bukan hanya meningkatkan pengalaman manusia dalam memanfaatkan teknologi digital, tetapi juga menciptakan peluang-peluang baru yang sebelumnya tidak terpikirkan. Hal ini mempengaruhi segala aspek kehidupan, baik sosial, budaya, maupun ekonomi,” ucap Thomas Dargono.

Menurut Thomas, sejumlah faktor dalam pengembangan ekosistem metaverse mempengaruhi masa depan metaverse. Salah satu faktor yang penting adalah interoperabilitas yang memungkinkan berpindah di antara ruang virtual dengan lancar. Faktor lainnya adalah ketersediaan perangkat berteknologi AR/VR yang terjangkau. Interoperabilitas membutuhkan dukungan infrastruktur jaringan yang canggih dan dapat diandalkan. Keandalan ini penting dalam hal konektivitas, kapasitas, kecepatan tinggi dan latensi rendah demi menyajikan pengalaman berinteraksi di dunia metaverse.

Baca juga: WIR Group Gandeng PT SMS Hadirkan Produk Telekomunikasi di Metaverse

Matrix NAP Info merupakan penyediakan infrastruktur jaringan yang berperan membangun industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kolaborasi antara Matrix NAP Info dan WIR Group merupakan langkah strategis untuk mengembangkan ekosistem metaverse dan meningkatkan pengalaman end-user. Peningkatan tersebut berlaku untuk individu dan juga institusi. 

“Kami adalah  penyedia akses jaringan pertama dan independen yang beroperasi di Indonesia melalui infrastruktur kabel bawah laut  milik sendiri. Infrastruktur ini adalah Matrix Cable System (MCS) yang menghubungkan Jakarta-Singapura secara langsung,” ucap  Thomas.
Pengalaman Matrix NAP Info lebih dari dua dekade. Berbekal pengalaman tersebut dan keahlian tim, Matrix NAP Info meyakini dapat bekerja sama dengan WIR Group. Kolaborasi ini ditujukan untuk mengembangkan ekosistem metaverse di Indonesia dan mendukung trasformasi digital negeri.

Baca juga: Kadin dan WIR Group Berkolaborasi Hadirkan Transformasi Digital Melalui Metaverse

Kolaborasi Matrix NAP Info dan WIR Group dalam pengembangan ekosistem metaverse di Indonesia diapresiasi Michel Budi, Direktur Utama WIR Group. Menurutnya, pengembangan metaverse membutuhkan kesiapan dan partisipasi berbagai pihak, termasuk operator telekomunikasi. Hal ini dapat menyajikan pengalaman baru bagi masyarakat dan menjadi solusi masa depan dalam menghadapi tantangan di era digital.

“Kerja sama strategis dengan Matrix NAP Info sebagai perusahaan telekomunikasi juga bisa menjadi contoh. Kami harap kolaborasi ini bisa menginspirasi perusahaan teknologi lainnya dalam memberikan solusi dan beradaptasi dengan perubahan digital. Kolaborasi ini juga mempercepat transformasi digital di Tanah Air,” ucap Michel Budi

Share:

Artikel Terkini