WIR Group dan 99VR Berkolaborasi Hadirkan Olahraga Lari di Metaverse WIR Group dan 99VR Berkolaborasi Hadirkan Olahraga Lari di Metaverse ~ Teknogav.com

WIR Group dan 99VR Berkolaborasi Hadirkan Olahraga Lari di Metaverse


Teknogav.com – WIR Group dan 99Virtual Race (99VR) berkolaborasi untuk mengembangkan platform lari virtual di metaverse. Sejak Mei 2017, 99VR telah menghadirkan aplikasi olahraga lari virtual yang dapat diinstal melalui Google Play dan App Store. Tujuan 99VR adalah untuk mendorong masyarakat menjadikan kegiatan berolahraga menjadi gaya hidup sehari-hari. Nantinya, kolaborasi antara WIR Group dan 99VR akan memungkinkan pengguna untuk berlari, bersepeda, bahkan berkompetisi dengan siapa saja di metaverse

Kolaborasi antara WIR Group dan 99VR tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan MoU dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Juni 2022 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. MoU tersebut ditandatangani oleh Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group dan Stevie, Go CEO dan Founder dari 99VR. Kehadiran platform 99VR di metaverse memungkinkan pengguna platform 99VR untuk berolahraga secara virtual layaknya berlari secara nyata.

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group dan Stevie, Go CEO dan Founder dari 99VR

“Seiring penandatanganan kerjasama ini bersama WIR, maka kami akan segera mewujudkan era baru dalam dunia olahraga. Para pengguna 99VR dapat berlari dan bersepeda, bahkan berkompetisi dengan siapa saja di metaverse, Tujuan platform Lari 99 Virtual Race sebelumnya fokus untuk mendorong masyarakat agar dapat berolahraga dan menjadikannya sebagai gaya hidup sehari-hari,”  ucap Stevie, Go CEO dan founder 99 VR.

Metaverse merupakan perpaduan teknologi augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan video yang memungkinkan pengguna berada di dunia virtual. Harapannya inovasi teknologi metaverse nantinya memberikan pengalaman lebih seru, menarik dan imersif saat olah raga dengan 99VR. Pengguna dapat janjian di metaverse untuk lari atau bersepeda bersama-sama walau berbeda lokasi di dunia nyata. Gamifikasi yang disajikan pun akan lebih banyak dan seru di metaverse.

Baca juga: Soulcops dan WIR Group Berkolaborasi untuk Hadirkan IP di Metaverse

Sebelumnya 99VR sudah melengkapi aplikasi lari virtual mereka dengan artificial intelligence (AI) untuk mengurangi kecurangan saat menggelar ajang lomba lari. Pengembangan kerja sama di dunia metaverse akan dilakukan 99VR dalam beberapa fase penggunaan teknologi terkini, termasuk penambahan fitur mirroring. Pengguna bisa menggunakan avatar untuk berlari atau bersepeda di metaverse menggunakan fitur mirroring ini. Selain itu juga akan dihadirkan token NFT dan kegiatan menarik yang digelar secara berkelanjutan.

Kehadiran 99VR di metaverse akan mempertegas slogan 99VR, yaitu Let’s race in the global playground. Makna slogan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Anyone (siapa saja) berolahraga sendiri maupun bersama teman-teman
  • Kegiatan olahraga dilakukan Anywhere (di mana saja)
  • Anysports (segala olahraga) tak hanya lari, tetapi juga jalan, bersepeda, renang dan latihan bisa dilakukan
  • Simple healthy digital solution (solusi digital sehat yang sederhana) dengan mengikuti berbagai ajang virtual dan gamifikasi melalui satu aplikasi

Menurut Stevie metaverse dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan berbagai sektor kebutuhan industri termasuk olahraga. Hal senada pun disampaikan Gupta Sitorus, Chief Marketing Office WIR Group yang mengatakan bahwa platform metaverse penting untuk segala sektor.  Pengembangan inovasi mungkin dilakukan berbagai sektor, asal dapat menggali kreativitas dan imajinasi yang kuat dalam menerapkannya sesuai kebutuhan.

Baca juga: WIR Group Berhasil Dapatkan 5 Paten AR secara Internasional

“Metaverse memungkinkan berbagai pihak untuk dapat melakukan lompatan melalui transformasi digital serta mendapatkan benefit dari penerapan teknologi tersebut. Saat ini kami menilai 99VR memiliki visi dan misi kuat dalam upayanya untuk terus meningkatkan kemampuan diri dengan mengadopsi metaverse. WIR Group berharap akan lebih banyak sektor di Indonesia yang masuk ke platform metaverse yang kami kembangkan. Hal ini  demi meningkatkan ekosistem yang ada, sehingga transformasi digital di Indonesia lebih cepat tercapai,” ucap Gupta.

Saat ini WIR Group telah memegang lima paten global untuk AR yang terdaftar pada  Patent Cooperation Treaty (PCT). Tujuan pendaftaran melalui skema PCT tersebut adalah untuk melindungi kekayaan intelektual di skala internasional atas penemuan dan inovasi yang dimiliki. Kesiapan infrastruktur dan ekosistem metaverse yang berkesinambungan, membuktikan komitmen WIR Group dalam berinovasi. Hal tersebut juga sekaligus memberikan kenyamanan bagi pengguna teknologi yang dikembangkan WIR Group.

Share:

Artikel Terkini