Nokia Pamerkan Solusi Industri 4.0 pada 'MWC Revisited 2022 Indonesia' Nokia Pamerkan Solusi Industri 4.0 pada 'MWC Revisited 2022 Indonesia' ~ Teknogav.com

Nokia Pamerkan Solusi Industri 4.0 pada 'MWC Revisited 2022 Indonesia'


Teknogav.com  - Nokia menggelar ajang 'MWC Revisited 2022 Indonesia' di Four Seasons, Jakarta Indonesia selama 2-7 Juni 2022. Ajang ini akan memamerkan solusi Industri 4.0 sesuai komitmen Nokia terhadap transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi. Berbagai Inovasi, produk dan teknologi terkini Nokia dipaparkan dan akan didemonstrasikan langsung.

Penyelenggaraan ‘MWC Revisited 2022 Indonesia’ menunjukkan kesiapan Nokia dalam menghubungkan ratusan juta orang Indonesia dan mendorong manfaat sosial-ekonomi. Di konvensi ini, Nokia menunjukkan peran teknologi 5G dalam mendukung dan mempercepat transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi negara. Para operator telekomunikasi dan perusahaan yang mengadopsi teknologi Industri 4.0 dapat melakukan transformasi 5G menggunakan solusi-solusi yang dihadirkan Nokia ini.

Baca juga: Huawei Perkenalkan Solusi-solusi Digital Ramah Lingkungan di MWC 2022

KP Goh, President Director of Nokia Indonesia

Pembukaan acara dilakukan oleh KP Goh, President Director of Nokia Indonesia yang menyampaikan  sambutannya. Menurutnya Indonesia memegang peran utama dalam transformasi digital Asia Pasifik. Hal ini karena Indonesia memiliki wilayah luas dan belum memaksimalkan potensi di berbagai bidang sosial-ekonomi. Kondisi ini membuat Nokia menjadikan Indonesia sebagai lokasi acara MWC Revisited 2022.

“Penyelenggaraan MWC Revisited Indonesia merupakan bukti komitmen dan hubungan baik yang sudah terjalin selama ini. Kami siap mengambil langkah ke depan bersama pelanggan dan mitra lokal kami. Upaya ini demi memberikan solusi terbaik di kelasnya yang dibutuhkan untuk mendorong transformasi dan pertumbuhan digital Indonesia di masa depan,” ucap KP Goh.

Venugopal S, Chief Technology Officer Nokia Indonesia

Setelah itu Venugopal S, Chief Technology Officer Nokia Indonesia memaparkan teknologi Nokia, termasuk inovasi dan solusi yang dihadirkan. Dijelaskan juga peran Nokia dalam mendukung digitalisasi di Indonesia dan cara Nokia memungkinkan pelanggan menjalankan masa depan lebih gesit. 

Selanjutnya Perry Poehlmann, Head of Marketing, Nokia Asia Pacific & Japan menjelaskan teknologi yang sudah dihadirkan pada MWC 2022 Barcelona. Diinformasikan juga bahwa pada 6 Juni 2022, Nokia akan mendemonstrasikan solusi-solusi inovatif yang dihadirkannya. Para pengunjung dapat menyentuh langsung dan melihat cara kerja alat-alat yang dimiliki Nokia pada demonstrasi tersebut.

Baca juga: Huawei Terus Berinovasi demi Wujudkan Dunia Cerdas Lebih Hijau

Upaya Nokia Atasi Tantangan Dunia

Nokia bertanggung jawab untuk mengembangkan teknologi demi mengatasi tantangan-tantangan dunia. Berikuti ini dalah upaya-upaya Nokia demi mengatasi tantangan tersebut:

  • mengurangi emisi karbon dan penggunakan sumber daya alami yang langka demi mengatasi peningkatan tekanan pada bumi
  • menghadirkan digitalisasi bagi industri fisik yang belum dijangkau teknologi digital demi mengatasi lambatnya produktivitas
  • menyediakan akses inklusif untuk kerja, layanan kesehatan dan edukasi demi mengatasi kesenjangan akses yang inklusif dalam meraih peluang

Komitmen Strategis Nokia

Nokia berkomitmen untuk menyediakan jaringan penting melalui kepemimpinan teknologi dan kemitraan yang terpercaya. Berikut ini adalah empat komitmen strategis yang mendefinisikan fokus Nokia

  1. mitra yang terpercaya untuk jaringan penting
  2. fokus pada kepemimpinan teknologi dalam setiap bisnis
  3. menangkap pergeseran nilai ke cloud dan model bisnis baru
  4. menciptakan nilai untuk kekayaan intelektual dan penelitian jangka panjang

Nokia telah berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo Hutchison, ITS dan Oulu University untuk menghadirkan Nokia 5G Experience Center. Harapannya 5G Experience Center ini menjadi katalis dalam mengembangkan ekosistem 5G di Indonesia.

Baca juga: Peringati 101 Tahun ITB, Huawei Perkuat Sinergi dan Dukungan

Solusi-solusi  Teknologi Nokia

Berikut ini adalah solusi-solusi teknologi yang dipamerkan Nokia:

  • Liquid Cooled AirScale untuk mendinginkan base station dengan energi lebih rendah sehingga emisi karbondioksida turun sampai 80%. Solusi ini menjadikan jaringan radio lebih berkelanjugan dan hemat biaya dan merupakan bagian dari portofolio AirScale Base Station
  • FPS Router merupakan bagian terpenting dari platform routing layanan IP Nokia yang memberikan manfaat berikut ini:
    • Memungkinkan penyedia layanan memenuhi peningkatan kapasitas jaringan
    • Memungkinkan layanan IP dengan kecepatan lebih tinggi
    • Perlindungan tinggi terhadap peningkatan ancaman keamanan jaringan
  • 5G Massive MIMO Antenna memungkinkan teknik beamforming sebagai solusi transmisi yang optimal. Solusi ini semua skenario transimi, baik perkotaan padat, sampai area yang luas. Berikut ini adalah yang termasuk portofolio Nokia AirScale massive MIMO Adaptive Antennas
    • 32TRX dan 64TRX untuk mid-band TDD 4G dan 5G
    • dual-band 16TRX untuk band FDD
  • mmWave 5G Antenna berperan penting untuk menyajikan kinerja canggih terkait 5G. mmWave memiliki bandwidth tertinggi dari semua pita spektrum untuk 5G sehingga memberikan kapasitas tertinggi dan menyajikan pengalaman pengguna terbaik.
  • 5G Fixed Wireless Access (FWA) memungkinkan pelanggan dapat menggunakan layanan internet nirkabel dengan kualitas setara layanan internet kabel optik. Layanan ini diberikan saat tersambung dengan spektrum seluler di mana pun layanan tersebut tersedia. Solusi ini melengkapi layanan seluler terhadap pelanggan sehingga membuka peluang layanan beru bernilai tambah bagi pelanggan rumah dan bisnis. Operator telekomunikasi dapat melengkapi layanan bagi pelanggan dan menghasilkan pendapatan baru.
  • Enterprise 5G Private Wireless menyajikan layanan dari hulu ke hilir yang fleksibel bagi perusahaan. Solusi ini memudahkan penggunaan untuk beradaptasi dengan berbagai kebutuhan segmen industri sehingga mendukung digitalisasi Industri 4.0 dengan standar industri Nokia.

Nokia menciptakan teknologi yang membantu dunia untuk bertindak bersama-sama. Solusi teknologi Nokia membantu pebisnis mendigitalisasi industri sehingga dapat meningkatkan produktivitas untuk meningkatkan ekonomi Indonesia.  Beberapa aplikasi dan solusi berkemampuan 5G Nokia menawarkan kinerja lancar untuk jaringan perkotaan, pedesaan dan sistem jaringan internal. Operator telekomunikasi dan pelanggannya dapat mengurangi emisi karbondioksida dan biaya energi demi keberlanjutan lingkungan. Solusi-solusi ini bahkan lebih efisien dalam meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan bagi masyarakat Indonesia.

Share:

Artikel Terkini