Omnichannel Chat Qiscus kini dukung 20 Saluran Layanan Pelanggan Omnichannel Chat Qiscus kini dukung 20 Saluran Layanan Pelanggan ~ Teknogav.com

Omnichannel Chat Qiscus kini dukung 20 Saluran Layanan Pelanggan


Teknogav.com – Perusahaan teknologi penyedia Omnichannel Chat untuk bisnis, Qiscus kini bisa diintegrasikan di 20 saluran. Harapannya ketersediaan ini dapat membantu bisnis memaksimalkan proses bisnis, terutama dalam melayani pelanggan. Tren penggunaan omnichannel ini dipengaruhi perilaku konsumen yang juga bergeser setiap hari.

Seiring pergeseran perilaku konsumen, strategi Omnichannel makin populer di tahun 2022 ini. Studi McKinsey mengungkapkan bahwa 30-40% responden kini menggunakan saluran berbeda di setiap situasi pembelian yang berbeda-beda. Sejumlah 80% responden memiliki perilaku konsumen yang baru, dan separuhnya sudah memanfaatkan saluran berbelanja yang baru.

Baca juga: Qiscus, Traveloka dan The Body Shop Paparkan Pengalaman Mengadopsi Cloud

Strategi omnichannel merupakan strategi yang memanfaatkan berbagai saluran komunikasi untuk mendongkrak penjualan, baik secara online, toko fisik maupun media sosial. Pelanggan yang memanfaatkan omnichannel ini menjadi lebih sering berbelanja dan belanja 34% lebih banyak dibandingkan pembeli yang berkunjung ke toko.

Perubahan perilaku konsumen yang biasa terjadi mencakup meningkatnya keinginan untuk berinteraksi secara real-time dan terpersonalisasi. Pergeseran keinginan tersebut turut memicu peningkatan popularitas omnichannel yang bisa diterapkan secara nyata untuk mewujudkan interaksi yang real-time dan personal.

Qiscus Berusaha Memenuhi Tuntutan Pergeseran Perilaku Konsumen

Perkembangan yang terjadi pada perilaku pelanggan tersebut membuat Qiscus berupanya memenuhi kebutuhan integrasi berbaagai saluran pelaku bisnis. Upaya ini dilakukan dengan menawarkan solusi Omnichannel Chat, yaitu platform yang menintegrasikan berbagai saluran komunikasi dan media sosial. Harapannya integrasi berbagai saluran baru tersebut dapat membantu bisnis memenuhi harapan konsumen dari berbagai channel berbeda.

Baca juga: Dukung Inovasi Bisnis, Qiscus Gelar Konferensi Virtual Conversa 2021

Kini ada lebih dari 20 saluran yang bisa diintegrasikan pada dashboard omnichannel Qiscus. Saluran tersebut mencakup Email, Google Play, Instagram Comment, SMS dan Tokopedia Chat. Omnichannel Chat juga mendukung integrasi dengan WhatsApp Cloud API dan memaksimalkan fitur-fiturnya seiring dengan diluncurkannya API tersebut oleh Meta.

Saluran-saluran tersebut dapat merupakan tambahan dari saluran-saluran yang selama ini bisa diintegrasikan dengan Omnichannel Chat yang sudah tersedia sebelumnya. Sebelumnya Qiscus sudah menyediakan WhatsApp Business API, Facebook Messenger dan Instagram Direct Message.

Pesatnya penjualan melalui e-commerce dan media sosial menjadi alasan menambahkan Tokopedia Chat dan Instagram Comment pada Omnichannel garapan Qiscus. Beberapa industri tertentu juga memanfaatkan email dan SMS sebagai platform komunikasi yang biasa digunakan selain WhatsApp. Berdasarkan kebutuhan tersebut, Qiscus pun menambahkan saluran komunikasi melalui email dan SMS di Omnichannel Chat.

“Qiscus berupaya membantu bisnis pada setiap tahapan customer journey. Upaya ini dilakukan dengan Omnichannel Chat Qiscus yang terus mendukung dan menghadirkan saluran yang membantu memaksimalkan proses bisnis. Saluran yang menjadi fokus utama bagi bisnis menjadi berbeda dengan masing-masing industri dan kepentingan bisnis. Harapannya Qiscus dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan bisnis dalam tahapan-tahapan customer journey yang ada dengan menambahkan berbagai saluran untuk diintegrasikan. Tahapan-tahapan tersebut mulai dari lead generation, engagement, conversion, support, service, dan marketing,” ucap Evan Purnama, CTO Qiscus, Evan Purnama.

Baca juga: ADA Beri Tips Sajikan Layanan Konsumen untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Omnichannel Chat Qiscuss memastikan saluran-saluran tambahan tersebut dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem pendukung, seperti chatbot, CRM, ticketing dan lain-lain. Kini pesan masuk dari ecommerce, saluran komunikasi dan media sosial dapat dipantau dan dikelola dalam satu aplikasi dengan mudah. Fitur-fitur Omnichannel Chat seperti alokasi agen otomatis dapat mengarahkan setiap pesan pelanggan dari berbagai platform menuju agen yang tepat. 

Qiscus akan terus berupaya memaksimalkan Omnichannel Chat dan solusi-solusinya dengan memberikan dukungan pada berbagai fitur dan saluran. Upaya ini dilakukan agar Qiscus dapat membentuk ekosistem digital yang menyeluruh dalam mendukung pertumbuhan bisnis.

Share:

Artikel Terkini