ADA Beri Tips Sajikan Layanan Konsumen untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan ADA Beri Tips Sajikan Layanan Konsumen untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan ~ Teknogav.com

ADA Beri Tips Sajikan Layanan Konsumen untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Teknogav.com – Pada ADA Indonesia in Focus: Digital Conference, ADA membahas mengenai pentingnya pemanfaatan data dan teknologi pemasaran untuk mendukung bisnis. Tema yang diangkat pada konferensi tersebut adalah ‘Unleash Your Digital Marketing Potential by Data and Tech Strategis. ADA sendiri merupakan perusahaan data dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Pada kesempatan tersebut ADA memberikan tips dalam memperlancar proses pelayanan konsumen.

Kiat-kiat yang perlu dilakukan dalam menciptakan proses pelayanan konsumen yang lancar adalah sebagai berikut:

  • Pemetaan pengaal=aman pengguna
  • Memanfaatkan chatbot yang didukung AI
  • Ketersediaan agen untuk melayani konsumen secara langsung

Berkenaan dengan peran chatbot ini, ADA terus mengembangkan teknologi chatbot yang andal. Upaya ini dilakukan agar dapat memberikan solusi dan pengalaman pengguna yang baik dan nyaman saat berinteraksi dengan konsumen.

Baca juga: Dukung Inovasi Bisnis, Qiscus Gelar Konferensi Virtual Conversa 2021

Pengalaman pengguna penting diperhatikan seiring pandemi mendorong konsumen menjadi lebih aktif dalam berkomunikasi dengan brand. Business messaging merupakan sarana untuk menciptakan pengalaman pengguna. Hal ini merupakan salah satu wawasan yang dibahas dalam kegiatan konferensi yang digelar ADA. 

Pada konferensi ini dibahas juga mengenai cara memanfaatkan data dengan busines insights, memenangkan pasar e-commerce dan penggunaan strategi omnichannel. Beberapa pakar digital dalam konferensi ini membahas mengenai pentingnya menggali potensi pemasaran digital dari berbagai sudut pandang.

Pentingnya Data dan Teknologi Pemasaran

Seiring peningkatan potensi pasar digital, penting bagi para pelaku bisnis untuk bersaing di tengah dinamisme pasar di tahun 2022 ini. Prediksinya anggaran pemasaran untuk mengoptimalkan bisnis melalui adopsi transformasi digital dan pemasaran digital akan meningkat. Konferensi ini digelar ADA untuk mendukung para pelaku bisis memahami pentingnya data dan teknologi dalam keberhasilan transformasi digital. Selain itu dibahas pula mengenai persiapan kehadiran Metaverse sebagai masa depan ruang gerak dalam dunia bisnis.

Baca juga: Chatbot AI dan Robot Seks Jadi Solusi Pengusir Kesepian?

Suraj Sivaprasad, Managing Director, ADA Indonesia

“Pada tahun 2022, kami mengantisipasi bahwa investasi di bidang data dan teknologi akan menjadi elemen penting dari strategi pertumbuhan bisnis. Lebih banyak bisnis akan mengadopsi transformasi digital dan ingin membawanya ke level yang lebih tinggi. Upaya ini dilakukan dengan mengembangkan strategi yang tepat untuk tetap menjadi yang terdepan di industri,” ucap Suraj Sivaprasad, Managing Director, ADA Indonesia.

Menurutnya dalam menyusun strategi pemasaran dalam digital blueprint, bisnis perlu memperhatikan beberapa hal. Beberapa hal penting tersebut mencakup rencana transformasi digital, investasi pada AI dan persiapan infrastruktur teknologi penunjang lain.

Pakar digital ADA menekankan pentingnya pemanfaatan data dan pemetaan perilaku konsumen sebelum menyusun strategi bisnis. Ketika memberikan solusi bagi klien, ADA membangun segmentasi pasar berdasarkan perilaku konsumen. Perilaku konsumen tersebut diidentifikasi dari jejak digital dan memadukannya dengan data offline. Hasil gabungan data menghasilkan pemahaman yang konkret. Bisnis dapat menerapkan solusi tersebut pada strategi bisnis. Contoh pemahaman tersebut mencakup pola kebiasaan dalam berbelanja, referensi produk sampai menentukan konsumen yang tepat sasaran berdasarkan pola mobilitas mereka.

ADA juga membahas cara menjaga momentum penjualan di platform e-commerce seiring perkembangan e-commerce yang didorong pandemi. Perkembangan ini akan terus berlanjut dalam beberapa tahun ke depan. Berdasarkan hal ini, brand perlu memastikan produk mereka tersedia di e-commerce. Bisnis pun perlu memiliki strategi yang tepat di setiap kanal e-commerce. Mereka harus aktif berinteraksi dengan konsumen dan menawarkan berbagai promosi menarik. Perpaduan bisnis dan harga produk yang bersaing akan membuat produk atau bisnis dicari konsumen.

Baca juga: Qiscus, Traveloka dan The Body Shop Paparkan Pengalaman Mengadopsi Cloud

perencanaan pemasaran tahun 2022

Strategi omnichannel juga penting diterapkan di tahun 2022. Bisnis perlu memperkaya data yang dimiliki untuk bisa mengekstrak dan menyusun strategi pemasaran mendatang. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat dimanfaatkan dalam memperkaya data:

  • memaksimalkan platform digital
  • membuat kampanye untuk menghasilkan word of mouth
  • mengembangkan user generated content di masyarakat

Bisnis dapat memanfaatkan teknologi pemasaran dari data yang terkumpul untuk kemudian diterapkan dalam strategi bisnis.

“Kami percaya bahwa untuk meningkatkan performa bisnis diperlukan tiga prinsip, yakni waktu, skalabilitas, dan kolaborasi. Di dunia yang serba terkoneksi ini, tidak ada lagi yang bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, penting agar kita dapat saling berkolaborasi,” tutup Suraj.

Share:

Artikel Terkini