Review ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300), Maksimalkan Hiburan dan Sangat Ringan Review ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300), Maksimalkan Hiburan dan Sangat Ringan ~ Teknogav.com

Review ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300), Maksimalkan Hiburan dan Sangat Ringan

Teknogav.com – ASUS memperkenalkan laptop terkininya yang dapat merangkap sebagai tablet, yaitu ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300). Laptop ini dapat digunakan sebagai tablet murni dengan melepas keyboard dan cover stand, bukan memutar layar sampai 360˚. Istimewanya, saat berada dalam mode tablet ini, bobot laptop begitu ringan, hanya 0,78 kg saja, sehingga sangat nyaman digunakan bepergian. Tim Teknogav.com pun berkesempatan untuk mereview ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) ini.

Penyangga layar atau Cover stand pada ASUS Vivobook 13 Slate OLED dapat diputar sampai 170˚. Kemampuan ini membuat cover stand dapat menyangga layar dalam posisi horisontal atau pun vertikal. ASUS Vivobook 13 Slate OLED dapat digunakan dalam empat mode, yaitu tablet, laptop, landscape stand dan portrait stand

Baca juga: ASUS akan Luncurkan Laptop OLED dengan Keyboard yang Bisa Dilepas

ASUS Vivobook 13 Slate OLED

Saat berada di mode tablet, perangkat sangat kompatibel dengan ASUS Pen 2.0 untuk memudahkan membuat catatan dan menuangkan ide kreatif. Sementara saat berada di mode laptop, pengguna dapat bekerja lebih pintar dengan keyboard yang terpasang. Ketika diletakkan dengan orientasi vertikal (portrait), perangkat ini dapat digunakan untuk menonton video di media sosial seperti TikTok dan Instagram. Sedangkan dalam posisi horisontal (landscape), ASUS Vivobook 13 Slate OLED nyaman untuk digunakan menonton film dan serial TV favorit. Audio pada ASUS Vivobook 13 OLED pun sudah didukung dengan empat speaker, teknologi Dolby Atmos dan Smart Amplier. Suara yang dihasilkan saat menonton film pun begitu terasa hidup.

Layaknya tablet, tentu saja Vivobook 13 Slate OLED juga dibekali dengan dua kamera. Kamera dengan resolusi 13 MP berada di punggung layar, sedangkan kamera dengan resolusi  5 MP terletak di bagian depan. Jadi Vivobook 13 Slate OLED dapat digunakan untuk memotret dan juga video call dengan nyaman. Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Windows 11.

Baca juga: ASUS ExpertBook B3 Flip, Siap Penuhi Mobilitas Tinggi Tahun 2022

Sesuai namanya, tentu saja layar pada Vivobook 13 Slate OLED sudah menggunakan layar dengan teknologi OLED. Layar ini juga menggunakan teknologi layar sentuh yang dapat dioperasikan menggunakan stylus. Konektivitas yang tersedia pada laptop ini sudah menggunakan teknologi nirkabel yang canggih, termasuk Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2. Port yang tersedia pun mencakup dua port USB tipe-C yang mendukung power delivery dan display port. Selain itu tersedia juga jack audio 3,5 mm dan slot micro SD.

Desain Asus Vivobook 13 Slate OLED

Bodi Vivobook 13 Slate OLED dibalut dengan warna hitam. Seperti telah disinggung di awal, ASUS Vivobook 13 Slate OLED ini sangat ringan saat berada di mode tablet. Bobotnya kurang dari 1 kg, yaitu hanya 0,785 kg dengan dimensi 30,99 x 19,00 x 0,79 cm. Tak membuat badan lelah saat membawa perangkat ini bepergian untuk mendukung kerja atau menonton hiburan.

Saat berada di mode laptop, pada sisi atas laptop terdapat tombol daya yang terintegrasi dengan sensor sidik jari, sehingga memudahkan untuk login langsung saat menyalakan pernagkat. Sementara itu di atas layar terdapat kamera depan dengan resolusi 5 MP. Di bagian belakang terdapat kamera dengan resolusi 13 MP yang memudahkan untuk memotret atau merekam video sambil melihat hasilnya di layar.

Sasis laptop ini terbuat dari bahan aluminium. Pada bodi Vivobook 13 Slate OLED ini juga terdapat area magnetik yang dapat digunakan untuk menempelkan stylus dan cover stand. Di sisi samping kiri laptop, terdapat jack audio 3,5 mm, dua port USB Gen 2 tipe-C dan slot micro SD card. Sedangkan di samping kanan terdapat tombol volume untuk mengatur tingkat suara.

sisi kiri Vivobook 13 Slate OLED
sisi kanan Vivobook 13 Slate OLED

Beralih ke keyboard yang dapat dilepas, dengan 1,4 mm key travel, 19,05 mm tombol berukuran penuh dan  0,2 mm key-cap dish. Di bawah jajaran tombol keyboard terdapat touchpad yang berukuran besar, yaitu 128 x 64 mm yang lebih luas 50%. Pemasangan keyboard ini begitu mudah, cukup tempelkan bodi Vivobook 13 Slate OLED ke port keyboard maka keyboard langsung bisa dioperasikan. Tak perlu proses pairing yang merepotkan layaknya perangkat lain.

keyboard
port pada keyboard (atas) dan port pada sisi bawah Vivobook 13 Slate OLED (bawah)

Layar ASUS VivoBook 13 Slate OLED

Sesuai namanya, tentu saja Vivobook 13 Slate OLED menggunakan layar ASUS OLED. Layar ini berukuran 13,3 inci dengan rasio aspek 16:0. Teknologi ASUS OLED menyajikan kualitas visual layar yang mengesankan dibandingkan dengan layar biasa. Tampilan warna pada layar ASUS OLED ini terlihat lebih kaya dengan 107 miliar warna. Layar ini menampilkan warna dengan akurat dan detail warna sangat baik dan tidak memberikan efek blur. Resolusi layar FHD ini memiliki 1920 x 1080 piksel, sedangkan waktu responsnya 0,2 milidetik. Waktu respons ini 50 kali lebih cepat dibandingkan rata-rata waktu respons LCD yang sampai 10 milidetik. Layar ASUS OLED juga aman untuk mata karena paparan sinar biru lebih rendah 70% dan telah menyandang sertifikasi TÜV Rheinland. 

Baca juga: ASUS VivoBook Flip 14 (TM420), Laptop Convertible Ringkas Dukung Kreativitas

Akurasi reproduksi warna layar ASUS OLED dijamin dengan PANTONE® Validated. Kontras warna yang sempurna dengan rasio kontras1.000.000:1 layar pun menyandang sertifikasi VESA Display HDR™ True Black 500. Layar Vivobook 13 Slate OLED ini dapat menampilkan color gamut 100% DCI-P3 dan didukung teknologi Dolby Vision. 

Saat berada di tingkat kecerahan rendah, layar ini masih bisa terlihat jernih. Tingkat kecerahan pada layar sendiri bisa sampai 550 nits. Layar ini pun dilindungi oleh Corning Gorilla Glass yang juga melindungi dari bekas sidik jari. 

ASUS Vivobook 13 Slate OLED

Layar sentuh Vivobook 13 Slate OLED ini memudahkan pengoperasian, apalagi kompatibel juga dengan stylus yang menggunakan teknologi MPP 2.0. ASUS Pen 2.0 mendukung 4.096 tingkat tekanan, 266 Hz sampling rate dan pengisian daya menggunakan port USB tipe-C. Sytlus ini pun memiliki 4 ujung pen yang bisa diganti-ganti, yaitu 2H, H, HB dan B.

Baterai dan Port Pengisian Daya

Sumber daya pada ASUS Vivobook 13 Slate OLED mengandalkan baterai berkapasitas 50 Wh. Pengisian daya dilakukan melalui port USB tipe-C yang didukung juga dengan pengisian daya cepat. Baterai pada laptop dapat terisi sampai 60% hanya dalam waktu 39 menit saja. Selain menggunakan adapter charger, pengisian daya juga bisa menggunkan power bank dengan rentang tegangan 5-20 V.
Port USB tipe-C pada Vivobook 13 Slate OLED juga dapat digunakan sebagai Display Port, sehingga dapat disambungkan ke monitor eksternal.

Kinerja ASUS Vivobook 13 Slate OLED

Prosesor yang digunakan pada Vivobook 13 Slate OLED adalah Intel Pentium Silver N6000 yang memiliki empat inti. Kecepatan clock prosesor tersebut1,1 GHz yang dapat di-boost sampai 3,3 GHz. Prosesor ini merupakan penerus dari Jasper Lake dan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2021. Produksi prosesor ini dilakukan dengan metode 10 nm. ASUS menggunakan prosesor ini demi mempertahankan ketebalan dan bobot Vivobook 13 Slate OLED tetap tipis dan ringan. Hal ini karena penggunaan sistem pendingin yang lebih simpel tanpa kipas.

Baca juga: Review ASUS VivoBook Flip 14 (TP470), Laptop Convertible Optimalkan Kreativitas

Kinerja prosesor didukung oleh RAM LPDDR4X dengan kapasitas 8 GB. Sementara itu media penyimpanan pada VivoBook 13 Slate OLED ini sudah menggunakan teknologi SSD PCIe 3.0 NVMe M.2 dengan kapasitas 256 GB. Sementara itu grafis pada Vivobook 13 Slate OLED menggunakan Intel UHD Graphics yang terintegrasi dengan prosesor.

Perangkat Lunak

Sistem operasi yang digunakan pada Vivobook 13 Slate OLED ini adalah Windows 11 yang didukung dengan Widget sebagai salah satu fitur andalannyanya. Widget dapat membantu menemukan konten penting, menampilkan dan mengingatkan jadwal meeting, serta dapat memerikan informasi cuaca saat ini dan mendatang. Fitur ini pun dapat disesuaikan agar bisa memperoleh pembaruan terkini seputar berita, kehidupan sosial dan mendapatkan artikel-artikel penting. Selain itu, ASUS Vivobook 13 Slate OLED juga sudah didukung dengan Office 365 yang memudahkan untuk mengerjakan berbagai tugas kantor atau kuliah.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED ditujukan bagi mereka yang memiliki kepribadian praktis dan rasional. Perangkat ini memiliki fungsionalitas yang memadai untuk multitasking dan menonton berbagai hiburan dengan harga yang terjangkau.

Benchmark

Ketika melakukan benchmarking Vivobook 13 Slate OLED menggunakan PC Mark 10, nilai keseluruhan yang diperoleh adalah 2.748. Sementara itu nilai Essential yang diperoleh adalah 6.325 yang menunjukkan keandalan dalam mengerjakan tugas-tugas sederhana. Nilai Productivity yang diraih laptop ini adalah 3.848. Berikut ini adalah rincian nilai yang diperoleh.

Hasil benchmarking dengan PC Mark 10

Pada pengujian menggunakan Pass Mark, nilai keseluruhan yang diperoleh adalah 2.346. Sayangnya nilai ini masih di bawah rata-rata dunia 2.814. Nilai kinerja CPU yang diraih Vivobook 13 Slate OLED adalah 3.853 yang masih di bawah rata-rata 7.270. Tentu saja hal ini cukup wajar karena memang di nilai tersebut harus bersaing dengan prosesor Intel Core dan AMD Ryzen.

skor uji kinerja dengan PassMark

skor uji CPU dengan PassMark

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel Intel® Pentium® Silver N6000 masih di bawah Intel Celeron N5105. Kendati demikian kinerja prosesor ini masih di atas AMD 3015Ce dan AMD Embedded G-Series GX-420GI Radeon R7E.

peringkat prosesor yang disusun PassMark

Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari Vivobook 13 Slate OLED adalah 440. Sedangkan nilai yang diraih untuk 3D Graphics Mark adalah 1.137. Sayangnya kedua nilai tersebut masih di bawah rata-rata dunia dengan 2D di 604 dan 3D di 3.858.
 

uji grafis 2D

uji grafis 3D

Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh Vivobook 13 Slate OLED adalah 1.570 yang hampir mencapai nilai rata-rata dunia 1.781.Vivobook Slate 13 OLED berhasil meraih nilai 11.445 pada benchmarking Disk Mark. Nilai tersebut jauh di atas rata-rata dunia yang hanya 3.668.

uji memori
uji diskmark

Pada benchmarking CPU menggunakan GeekBench 4, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 3.280 dan multi core 7.927. Sedangkan untuk uji Open CL dilakukan pada GPU Intel UHD Graphics nilai yang diperoleh adalah 30.533.

Benchmarking CPU dengan Geekbench 4

 
Benchmarking GPU dengan Geekbench 4

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU Z ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300)

Harga yang dibanderol pada ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) adalah Rp9. 099.000. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS Vivobook 13 Slate OLED di Blibli
Klik untuk membeli ASUS Vivobook 13 Slate OLED di Lazada
Klik untuk membeli ASUS Vivobook 13 Slate OLED di Tokopedia
Klik untuk membeli ASUS Vivobook 13 Slate OLED di Shopee

Kelebihan

Vivobook 13 Slate OLED sangat nyaman digunakan untuk menikmati hiburan dan sangat mendukung mobilitas. Dimensinya yang ringkas dengan ketebalan hanya 7,9 mm dan bobot hanya 785 gram di mode tablet membuatnya nyaman dibawa-bawa.

Tampilan visual layar pun didukung dengan berbagai keunggulan teknologi layar ASUS OLED. Pengoperasiannya pun begitu mudah menggunakan layar sentuh dan dukungan stylus. Port USB tipe-C pada Vivobook 13 Slate OLED dapat digunakan untuk berbagai fungsi, termasuk pengisian daya dan display port. 

Kerennya perangkat ini juga dilengkapi dengan dua kamera dan sensor sidik jari untuk menambah keamanan. Selain itu sistem operasi yang digunakan pun sudah mengusung Windows 11.

Kekurangan

Prosesor yang digunakan masih Intel® Pentium® Silver N6000 sehingga kurang cocok untuk melakukan tugas berat.

Spesifikasi ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) 

CPU

Intel® Pentium® Silver N6000 1,1 Ghz (4M Cache, sampai 3,3 Ghz, 4 cores) 


Sistem Operasi

Windows 11 Home

Memori

LPDDR4X 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® Gen3 256 GB

Layar

13,3”, FHD (1920x1080) 16:9, OLED, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, VESA HDR True Black, TÜV Rheinland low blie light, anti flicker, Dolby Vision

Prosesor Grafis

Intel® UHD Graphis 

Input/Output

1x jack audio combo 3,5 mm

2x USB 3.2 Gen 2 Tipe-C dengan dukungan display + power delivery

1x micro SD Smart card reader

Kamera

5 MP (depan) 

13 MP (belakang) 

Konektivitas

Wi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Dolby Atmos, Built-in 4-way stereo speaker, Built in array, microphone

Baterai 

50 WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimensi

30, 99 x 19,00 x 0,79 ~ 0,79 cm

Bobot

785 gram (tanpa keyboard dan cover stand

Harga

Rp9. 099.000

Garansi

2 tahun garansi global


Share:

Artikel Terkini