WIR Group Bangun Metaverse untuk Negara-negara di Mediterania WIR Group Bangun Metaverse untuk Negara-negara di Mediterania ~ Teknogav.com

WIR Group Bangun Metaverse untuk Negara-negara di Mediterania

Teknogav.com – PT WIR Asia Tbk (WIR Group) berkolaborasi dengan Mediterranean Tourism Forum yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan di Malta, pada Selasa, 14 Juni 2022. Dalam kolaborasi ini, WIR Group akan membangun ‘Metaverse for Mediterraneann Countrie’ untuk negara-negara Mediterania yang tergabung dalam Mediterranean Tourism Forum.

Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Andrew Agius Muscat, Secretary General Mediterranean Tourism Forum. Dari pihak WIR Group, penandatanganan dilakukan oleh Yasha Yasrin Chatab, Overseas Business Director and Government Relations WIR Group di Malta. Penandatanganan disaksikan oleh Daniel Surya, Komisaris Utama & Co-Founder WIR Group.

Baca juga: WIR Group Berkolaborasi dengan Triniti Land Hadirkan Pariwisata di Metavers

Mediterranean Tourism Forum (MTF) adalah lembaga nirlaba dan nonpemerintah yang dibentuk berdasarkan hukum yang berlaku di wilayah Malta. Secara konsisten, lembaga ini fokus pada pengembangan pariwisata di kawasan Mediterania. Penunjukan WIR Group sebagai pengembang metaverse di kawasan Mediterania  oleh MTF menunjukkan pengakuan global akan kemampuan dan keahlian WIR Group. Inovasi dan pengembangan teknologi yang selaras dengan tujuan WIR Group akan terus dilakukan WIR Group. Tujuan yang selama ini diusung WIR Group adalah ‘providing a liveable world of metaverse for everyone’.

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

Kawasan Mediterania telah dikenal sebagai ikon pariwisata global yang berperan penting dalam menggerakkan perekonomian Uni Eropa. Pangsa pasar di kawasan tersebut mencapai 30% dari pasar pariwisata global. Kontribusi kawasan Mediteranian pada pendapatan global dari sektor pariwisata mencapai 23%.

Artikel Over 60 Millenial Travel Statistics (2022) menunjukkan perilaku Gen Z dan generasi milenial saat melakukan perjalanan wisata. Berdasarkan artikel tersebut, Gen Z dan generasi milenial cenderung fokus pada pengalaman yang dirasa autentik dan sarat nilai warisan budaya. Hal ini dikarenakan generasi tersebut sangat akrab dengan penggunaan teknologi digital. Artikel tersebut juga mengungkapkan bahwa dalam memesan jasa atau produk travel digunakan teknologi. Sebesar 66% generasi milenial memanfaatkan teknologi digital melalui smartphone.

Hasil penelitian Advisia mengungkapkan bahwa 69,35% Gen Z yang disurvei menunjukkan sikap positif terhadap metaverse. Sebanyak 65,82% bersedia merogoh koceknya untuk metaverse.

“Dari data-data itu kami melihat pengembangan pariwisata melalui teknologi metaverse di negara-negara kawasan Mediterania ini dapat menjadi terobosan dan alat dalam menentukan strategi yang tepat untuk menyasar para wisatawan masa depan (NextGen tourist),” ucap Yasha Chatab. 

Baca juga: WIR Group Raih Mediterranean Tourism Great Sea Awards

Inovasi dan komitmen WIR Group dalam mendukung industri pariwisata di Malta pun telah mendapat penghargaan dari Mediterranean Tourism Forum. Dukungan diberikan WIR Group dengan mengembangkan teknologi dan program edukasi yang memicu kehadiran augmented reality dalam industri pariwisata tersebut. Serah terima penghargaan tersebut dilakukan Presiden Malta, George Vella kepada Daniel Surya dalam acara Mediterranean Conference Centre, Centre, Veletta Malta.

Share:

Artikel Terkini