MariSilicon X Siap Tingkatkan Pengalaman Fotografi Potret Reno8 secara Signifikan MariSilicon X Siap Tingkatkan Pengalaman Fotografi Potret Reno8 secara Signifikan ~ Teknogav.com

MariSilicon X Siap Tingkatkan Pengalaman Fotografi Potret Reno8 secara Signifikan

Teknogav.com – Kemajuan teknologi turut memicu pesatnya perkembangan fotografi. Para vendor smartphone pun terus mengembangkan berbagai teknologi yang sebelumnya hanya diusung perangkat kamera. Kini smartphone pun jadi perangkat andalan untuk mengabadikan momen spesial. OPPO merupakan salah satu vendor smartphone yang menghadirkan teknologi pencitraan terbaik di smartphone dengan meluncurkan chip khusus, yaitu MariSilicon X.

Kesenjangan konsumsi daya, kekuatan pemrosesan dan hasil kualitas pencitraan dapat diatasi oleh Neural Processing Unit (NPU) MariSilicon X. Solusi ini melakukan penyesuaian dengan fotografi komputasional yang memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dari para produsen chipset. Pada dasarnya NPU merupakan bagian tak terpisahkan dari Central Processing Unit (CPU) dan Graphic Processing Unit (GPU). Kesatuan tersebut dikenal dengan System-on-chip (SoC) yang kinerjanya didukung dengan memori shared DDR Bandwidth.

MariSilicon X

Baca juga: Segera Hadirkan Smartphone Reno Terbaru, OPPO Perkuat Slogan ‘Portrait Expert’

Sistem shared DDR Bandwidth bekerja untuk tiga bagian dalam SoC tersebut, sehingga waktu pemrosesan gambar cukup lama dan boros daya. MariSilicon X dapat mengatasi kendala tersebut dengan Extra DDR Bandwidth Dedicated yang dirancang eksklusif untuk chipset MariSilicon X. Kecepatan transisi Extra DDR Bandwidth Dedicated ini sampai 8,5 GB/s sehingga bisa mempercepat proses pencitraan.

MariSilicon X

“MariSilicon X merupakan jawaban OPPO atas persepsi perbedaan hasil dan kualitas antara perangkat smartphone OPPO yang menggunakan NPU dari produsen chipset berbeda. Proses menghasilkan gambar dari perangkat smartphone acap kali menimbulkan permasalahan konsumsi daya. NPU MariSilicon X diciptakan untuk berfokus pada optimalisasi manajemen daya dan beban kerja komputasi kecerdasan buatan. Tidak hanya itu, NPU ini hadir untuk memberikan peningkatan kemampuan pencitraan smartphone baik untuk foto maupun video,” ucap Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Baca juga: Gandeng Hasselblad, OPPO Find X5 Pro 5G Andalkan Kamera Canggih

Reno8

Dukungan Ultra High Dynamic Range dengan rasio kontras 1.000.000:1 pada MariSilicon X juga menyajikan kualitas foto terbaik pada smartphone. Nilai UHD Range tersebut empat kali lipat dynamic range yang dihasilkan perangkat OPPO Find X3 Pro. Saat mengabadikan foto portrait dengan paparan terik sinar, dynamic range tinggi memungkinkan tampilan struktur wajah tetap jelas dengan warna alami.

Baca juga: OPPO Reno7 Andalkan Sensor SONY IMX709 dan Microlens 30x

Peningkatan kualitas hasil foto juga didukung peningkatan mode RGBW yang menghadirkan tekstur 1,7 kali lebih jelas. Mode ini pun didukung kecepatan pemrosesan file mentah dua kali lebih cepat. Pengurangan noise dilakukan chipset MariSilicon X menggunakan algoritma RAW terkini dengan AI di setiap saluran warna R/G/B secara paralel. Algoritma tersebut dapat menghasilkan foto potret malam yang begitu jernih.

MariSilicon X tak hanya diadopsi pada seri Find X, Reno8 yang akan diperkenalkan di Indonesia pun akan menggunakan chipset ini. Seri Reno8 yang akan menggunakan chipset ini kemungkinkan adalah seri Reno8 tipe tertinggi.

Spesifikasi MariSilicon X

Pabrikasi

TSMC 6 nm

Kinerja AI

18 TOPS (Trilion Operation Per Second)

Bandwith Memori

8,5 GB/s (Exclusive)

Ultra High Dinamic Range Ratio

1.000.000 : 1

Sensor

RGBW Pro Mode

Dukungan Video

4K Ultra HDR Video & 4K Ultra Night

Image Signaling Processor

20bit 120dB Ultra HDR

 

Share:

Artikel Terkini