Alibaba Cloud Luncurkan Lima Layanan Andalan untuk Sektor Keuangan Alibaba Cloud Luncurkan Lima Layanan Andalan untuk Sektor Keuangan ~ Teknogav.com

Alibaba Cloud Luncurkan Lima Layanan Andalan untuk Sektor Keuangan

Teknogav.com - Alibaba Cloud yang merupakan tulang punggung teknologi digitali dari Alibaba Group meluncurkan beberapa layanan baru yang dapat dimanfaatkan sektor keuangan. Peluncuran layanan untuk pasar Indonesia digelar di acara Financial Cloud Summit. Tujuan peluncuran ini adalah agar  bisnis keuangan di Indonesia menangkap peluang pertumbuhan dengan lebih baik dan tetap bersaing di era digital. 

Financial Cloud Summit atau FSI Cloud Summit adalah acara yang mempertemukan pembicara dan pakar untuk membahas berbagai topik. Berbagai topik tersebut mencakup cetak biru ekonomi digital Indonesia, regulasi teknologi di sektor keuangan, keamanan, analitik digital, keuangan yang terdesentralisasi sampai masa depan jasa keuangan. Para pembicara yang dihadirkan berasal dari regulator seperti OJK dan BI, serta perwakilan dari ADVANCE.AI, Astra Financial, DANA, Digital Exchange, Tokocrypto, WIR Group dan Xendit. 

Baca juga: JPMorgan Chase & Co Terus Lakukan Reinvent Bersama AWS

Eggy Tanuwijaya, Head of Solution Architect Alibaba Cloud Indonesia

“Alibaba Cloud juga berkomitmen untuk selalu menghadirkan produk dan solusi tercanggih guna memenuhi permintaan pelanggan kami di Indonesia yang terus meningkat. Dengan memperkenalkan produk layanan keuangan kelas dunia yang unggul dalam keamanan, ketahanan dan kinerja yang tinggi, kami berharap dapat membantu nasabah di sektor keuangan untuk menggali lebih banyak peluang pertumbuhan dan tetap kompetitif di era digital," ucap Eggy Tanuwijaya, Head of Solution Architect Alibaba Cloud Indonesia.

Serangkaian Produk-produk andalan Alibaba Cloud di Indonesia mencakup Infrastruktur,  Database as a service, Financial Solutions, Big Data & AI, Smart Logistics,  Security Solutions, Short Message Service, Blockchain as a Service dan Mobile Test Solution. Dari serangkaian produk tersebut, ada lima produk baru yang menjadi andalan Alibaba Cloud. Kelima produk tersebut mencakup relational database, solusi online jarak jauh hingga layanan cloud blockchain dan ChatAPP/ layanan pesan singkat: Berikut ini adalah rincian dari kelima produk tersebut:

  • Pengujian Aplikasi Seluler yaitu platform cloud yang berfungsi untuk menguji perangkat dengan mendeteksi risiko tersembunyi di aplikasi secara cepat. Teknologi ini menggunakan machine learning (ML) untuk dapat mengidentifikasi, menentukan dan mengatasi masalah serta meningkatkan kinerja pengujian. Contoh kendala yang dapat dideteksi mencakup masalah-masalah kompatibilitas, fungsionalitas dan kinerja. Layanan ini cocok digunakan untuk perusahaan telekomunikasi dan developer
Baca juga: Amazon Aurora Serverless v2, Hemat Biaya Pengelolaan Database Sampai 90%
  • ApsaraDB untuk OceanBase: yaitu Relational Database berbasis cloud-native yang dirancang untuk layanan keuangan. Relational Database ini sangat stabil, berskalabilitas tinggi dan berkinerja tinggi. Produk ini juga menargetkan skenario dengan throughput tinggi, tingkat konkurensi tinggi, dan ketersediaan yang tinggi. Pada Mei 2020, OceanBase mencetak rekor dunia untuk kinerja pemrosesan transaksi online. Rekor tersebut mencatat 707 juta transaksi per menit dalam uji benchmark TPC-C
  • Solusi EKYC memudahkan perusahaan keuangan untuk melakukan proses verifikasi data untuk KYC secara online sehingga lebih praktis digunakan dari mana saja. Produk ini menawarkan metode autentikasi yang lebih efisien dan akurat. Layanan yang ditawarkan mencakup verifikasi dokumen, pengenalan karakter optik (OCR), dan deteksi keaktifan. Berdasarkan algoritma milik Alibaba, rata-rata waktu pemrosesan verifikasi sampai selesai hanya perlu waktu hanya sekitar 8 detik. 
  • Blockchain as a Service (BaaS) adalah layanan cloud Blockchain yang aman, stabil, terbuka dan mudah digunakan kalangan perusahaan untuk membangun lingkungan Blockchain yang aman dan stabil. BaaS juga memanfaatkan teknologi enkripsi untuk menyajikan perlindungan keamanan lanjutan. Berbagai macam strategi keamanan dan isolasi multi-tenant Alibaba Cloud juga senantiasa menyajikan perlindungan. 
  • ChatAPP dan Layanan Pesan Singkat atau SMS yang dapat digunakan untuk menjangkau pengguna secara efisien. ChatAPP merupakan API layanan pesan  yang mendukung penggunaan aplikasi messenger internasional populer seperti WhatsApp. Pengguna dari kalangan bisnis dapat memanfaatkan layanan API messenger ini untuk tetap dapat merangkul pelanggannya. Sementara itu, SMS membantu membangun saluran untuk menjangkau pelanggan dengan kemampuan komunikasi yang ramah pengguna, efisien dan cerdas. Fitur pengiriman batch dan berbagai operasi API memungkinkan untuk mengirim OTP, notifikasi dan promosi bagi pelanggan. Layanan SMS ini dapat dimanfaatkan perusahaan di lebih dari 200 negara. 

Alibaba Cloud telah melayani nasabah perbankan dan fintech seperti Bank Sumut, Astra Financial dan DOKU. Pelayanan tersebut dilakukan melalui solusi berkinerja tinggi yang didukung sistem ketahanan dan keamanan.

Baca juga: Qoala Manfaatkan Solusi Machine Learning AWS untuk Dukung Bisnis Insurtech

“Solusi lengkap Alibaba Cloud berperan penting dalam membantu kami terutama di dalam proses bisnis. Kami dapat mengembankan fitur keamanan dan mempercepat penerapan aplikasi di dalam prosedur implementasi. Kami berencana memperkuat kolaborasi dan memanfaatkan kemampuan container dan layanan mikro Alibaba Cloud untuk kebutuhan di masa yang akan datang demi mendorong perjalanan transformasi digital kami,” ucap Mahdian Dado, Head of IT Division, Bank Sumut. 

Serangkaian program inovatif juga telah diperkenalkan Alibaba Cloud tahun ini ke pasar di tahun ini. Sebelumnya, Alibaba juga meluncurkan program baru bernama “Go Startup Program Indonesia”, yang menghadirkan wirausahawan berpengalaman dari unicorn, startup yang sedang populer, akselerator, dan perusahaan Modal Ventura untuk menyediakan sesi berbagi wawasan, networking, kelas master, dan konsultasi 1:1 untuk startup lokal. Alibaba Cloud juga sudah mengumumkan penggandaan dukungan sumber daya cloud di kota-kota tier-2 dan tier-3 di Indonesia. Upaya tersebut dilakukan untuk membantu lebih banyak bisnis lokal yang bermigrasi ke cloud dan mengeksplorasi peluang pertumbuhan di era digital.

Share:

Artikel Terkini