Bangkitkan Semangat Membaca, TikTok dan Gramedia Kembali Gelar Kampanye #SerunyaMembaca Bangkitkan Semangat Membaca, TikTok dan Gramedia Kembali Gelar Kampanye #SerunyaMembaca ~ Teknogav.com

Bangkitkan Semangat Membaca, TikTok dan Gramedia Kembali Gelar Kampanye #SerunyaMembaca


Teknogav.com – TikTok dan jaringan toko buku Gramedia kembali menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca. Berbagai kegiatan menarik akan memeriahkan kampanye ini demi membangkitkan semangat membaca masyarakat. Selain itu, TikTok berkolaborasi dengan Taman Bacaan Pelangi, organisasi sosial yang fokus mendirikan perpustakaan anak di daerah terpencil Indonesia Timut. TikTok dan Taman Bacaan Pelangi berupaya memperluas akses ke bahan bacaan melalui program donasi buku.

Penyelenggaraan kampanye #SerunyaMembaca dilakukan seiring peningkatan jumlalh konten edukasi di TikTok, termasuk konten seputar rekomendasi buku bacaan. Hasil penelitian Perpustakaan Nasional tahun 2021 menunjukkan peningkatan indeks kegemaran membaca masyarakat Indonesia. Konten rekomendasi buku bacaan di TikTok pun menjadi salah satu kategori konten yang paling diminati komunitas TikTok.

Baca juga: Yuk Lakukan 5 Cara Ini untuk Rayakan Bulan Gemar Membaca!

Komunitas TikTok dapat menentukan rekomendasi berbagai buku bacaan menarik melalui sajian konten edukatif yang dikemas secara ringan dan menghibur. Fenomena ini selaras dengan kampanye #SerunyaMembaca yang ditujukan untuk meningkatkan semangat membaca dan mengedukasi mengenai serunya menimba ilmu melalui buku.

"Beberapa tahun belakangan ini, kami melihat peningkatan yang cukup pesat pada kategori konten edukasi, termasuk konten rekomendasi buku. Partisipasi aktif pengguna TikTok mengenai konten buku pun terlihat melalui tagar #SerunyaMembaca yang telah berhasil mengumpulkan dua miliar views,"  ucap Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia. 

TikTok memiliki misi untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan. Kampanye #SerunyaMembaca sejalan dengan misi tersebut. Penyelenggaraan kembali kampenye #SerunyaMembaca bertujuan menyediakan wadah bagi komunitas TikTok untuk mendapatkan inspirasi buku bacaan yang bermanfaat. TikTok juga ingin memperlihatkan bahwa membaca merupakan kegiatan seru dan menyenangkan, khususnya jika dilakukan bersama komunitas TikTok.

Baca juga: Smartfren Community dan GPMB Peringati Hari Buku Nasional dengan Webinar

"Kami sangat senang bisa kembali berkolaborasi dengan Gramedia dan menggandeng Taman Bacaan Pelangi untuk bersama menyebarkan semangat baca sekaligus memperluas akses ke buku bagi masyarakat Indonesia," tutup Kevin.

Kampanye #SerunyaMembaca yang diselenggarakan selama tanggal 6 Juli sampai 13 Juli 2022. Harapannya kampanye ini dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan semangat dan minat baca dari masyarakat Indonesia melalui sejumlah program. Beberapa program tersebut adalah sebagai berikut:

Jadwal TikTok Live
  • Tantangan #SerunyaMembaca yang mengajak berbagi inspirasi seputar buku, termasuk rekomendasi buku dan fakta menarik tentang pustaka.
  • TikTok LIVE yang menghadirkan ruang diskusi seru melalui akun TikTok resmi Gramedia bersama para penulis ternama dan figur publik. Diskusi tersebut membahas seputar buku, penulisan dan membaca yang dibawakan oleh RJLS, Luvita Ho, dan Dinda Mulia.
  • Program donasi buku di 10 cabang Gramedia dan perpustakaan Taman Bacaan Pelangi. Tujuan program ini untuk mengundang partisipasi masyarakat dalam memperluas akses baca di Indonesia. Hasil donasi, termasuk 1.000 buku persembahan Gramedia, akan didistribusikan melalui Taman Bacaan Pelangi. Pendistribusian buku-buku tersebut akan disalurkan ke Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, dan wilayah Indonesia Timur lainnya.

Gramedia juga membawa misi untuk menginspirasi masyarakat melalui literasi buku. Hal ini disampaikan oleh Raja Tubagus Wijaya Kusuma, Marketing & Communication Manager Gramedia. Menurutnya Gramedia memiliki tujuan meningkatkan literasi dan memudahkan akses tanpa batas ke dunia pengetahuan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu platform teknologi yang tepat dalam mewujudkan tujuan ini adalah melalui TikTok.

"TikTok sebagai sumber inspirasi lewat konten-konten edukasinya, menjadi salah satu alasan Gramedia untuk kembali bekerja sama untuk kampanye #SerunyaMembaca,” ucap Raja Tubagus Wijaya Kusuma.

Widodo, Project Manager Taman Bacaan Pelangi

Hal senada pun disampaikan Widodo, Project Manager Taman Bacaan Pelangi. Menurutnya semangat membuka akses literasi menjadi penggerak utama Taman Bacaan Pelangi untuk berpartisipasi di kampanye #SerunyaMembaca. Taman Bacaan Pelangi merupakan organisasi yang fokus pada peningkatan literasi dan minat baca anak-anak sekolah dasar, khususnya Indonesia Timur. Peningkatan akses buku yang menjadi cakrawala hidup masyarakat merupakan tujuan Taman Bacaan Pelangi sesuai perannya tersebut.

Baca juga: Kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok” Ajak Pengguna Ciptakan Konten Edukasi

"Kami sangat mengapresiasi upaya TikTok dan Gramedia lewat kampanye #SerunyaMembaca ini untuk meningkatkan minat baca, juga meningkatkan akses bacaan lebih luas, lewat donasi buku yang dipercayakan kepada kami untuk disalurkan kepada masyarakat Indonesia lebih luas," ucap Widodo, Project Manager, Taman Bacaan Pelangi. 

Kampanye #SerunyaMembaca dapat diakses melalui tagar #SerunyaMembaca di aplikasi TikTok. Berbagai konten edukasi yang seru dan menghibur lainnya juga dapat diakses melalui tagar #SerunyaBelajar diluncurkan baru-baru ini.

Share:

Artikel Terkini