Universitas Padjajaran Bandung dan WIR Group Berkolaborasi Kembangkan Eduverse Universitas Padjajaran Bandung dan WIR Group Berkolaborasi Kembangkan Eduverse ~ Teknogav.com

Universitas Padjajaran Bandung dan WIR Group Berkolaborasi Kembangkan Eduverse


Teknogav.com – PT WIR Asia Tbk. (WIR Group) menjalin kerja sama dengan Universitas Padjajaran Bandung (Unpad) untuk mengembangkan platform edukasi di metaverse. Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pada Rabu, 22 Juni 2022 di Bandung. Berdasakan nota kesepahaman, Institut Pembangunan Jawa Barat (Injabar) Unpad akan berperan sebagai pelaksana pegembangan platform eduverse tersebut. Pengembangan ini dimulai dengan program-program strategis Injabar dalam edukasi.Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh pihak Unpad, Injabar dan WIR Group, yaitu:

  • Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, M.IR., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Universitas Padjadjaran
  • Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Direktur Injabar
  • Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group

Visi Unpad menjadi universitas bereputasi dunia dan berdampak pada masyarakat berlandaskan pola ilmiah pokok bina mulia hukum dan lingkungan hidup. Unpad berhasil meraih peringkat ketujuh universitas terbaik di Indonesia dengan mengusung visi tersebut. Peringkat ini tercantum dalam hasil penelitian The World University Rankings 2021 yang diterbitkan 2 September 2020.

Gupta Sitorus (Chief Marketing Officer WIR Group), Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt. (Direktur Injabar) dan Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, M.IR., Ph.D. (Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Universitas Padjadjaran)

 Baca juga: Unika Atma Jaya dan WIR Berkolaborasi Hadirkan Perkuliahan di Metaverse

“Kami melihat transformasi digital global melalui metaverse sudah sedemikian tinggi dengan tingkat kompetisi yang kian ketat. Hal ini menuntut banyak lembaga pendidikan untuk ambil bagian dalam implementasi teknologi digital metaverse agar tetap berada pada jalur kompetisi," ucap Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, M.IR., Ph.D.

Injabar adalah lembaga publik yang dibentuk sebagai Lembaga Kepakaran dan perpanjangan tangan Unpad. Pendirian Injabar di Unpad dilakukan atas kerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Barat, serta pemangku kepentingan lainnya. Tujuan pendirian dengan berbagai kolaborasi ini adalah untuk memfasilitasi penerapan hasil penelitian sebagai dasar pengambilan kebijakan. Lembaga ini juga merupakan salah satu unit usaha di Unpad yang menjalin kerja sama strategis dengan WIR Group. 

Baca juga: Universitas Multimedia Nusantara dan WIR Group Berkolaborasi Bangun Metaverse

Transformasi digital Injabar untuk meningkatkan kapabilitasnya melalui metaverse ini pun disambut optimis oleh Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt. Menurutnya transformasi digital ini menjadikan Injabar sebagai pendamping utama dan wadah pengetahuan bagi Jawa Barat dalam menyusun dan mengambil kebijakan. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. Menurut Keri, Injabar Unpad membutuhkan mitra dan dukungan untuk menyelaraskan diri dengan kemajuan teknologi digital dengan percepatan dan dinamika tinggi.

“Untuk menghadirkan teknologi digital, selain pengetahuan dibutuhan juga sarana aplikasi pendukung, Kebutuhan ini untuk dapat memanfaatkan  dan memperoleh benefit optimal dari teknologi yang diharapkan akan  berdampak positif bagi masyarakat banyak,” ucap Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt.

Baca juga: Dirjen Diktiristek dan Huawei Berkolaborasi Gelar Program MSIB

Apresiasi terhadap Unpad dan Injabar yang memilih WIR Group sebagai mitra dalam mengembangkan Eduverse pun disampaikan Gupta Sitorus. Kolaborasi ini merupakan salah satu fase dari serangkaian kolaborasi pengembangan ekosistem untuk mendukung Metaverse Indonesia di sektor pendidikan dan penelitian. WIR Group sebelumnya telah bekerja sama dengan institusi pendidikan lain, demikian juga dengan sektor industri dan bisnis. Jalinan kerja sama ini ditujukan untuk mendorong partisipasi pelajar dan mahasiswa dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi metaverse.

“Masuknya Injabar Unpad dalam dunia metaverse menambah daftar panjang sektor pendidikan, riset dan penelitian yang memanfaatkan teknologi metaverse untuk pengembangan berbagai lini dalam sistem pendidikan di kampus, serta kemampuan sumber daya manusia,” ucap Gupta.  

WIR Group optimistis teknologi yang dikembangkan dapat meningkatkan kompetensi, baik lembaga maupun sumber daya manusia. Teknologi yang mereka usung dapat digunakan untuk mencapai standar yang ingin dicapai di semua lini industri. WIR Group mengemban tugas untuk mengantarkan para mitra memasuki dunia metaverse. Keahlian mengembangkan teknologi dan pengalaman WIR Group dapat memberikan solusi digital terbaik bagi mitra, baik nasional maupun internasional. Hal ini juga turut berperan dalam mengembangkan ekonomi digital di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini