Matrix Data Center (MDC) JK3 Adopsi Teknologi Ramah Lingkungan Huawei Matrix Data Center (MDC) JK3 Adopsi Teknologi Ramah Lingkungan Huawei ~ Teknogav.com

Matrix Data Center (MDC) JK3 Adopsi Teknologi Ramah Lingkungan Huawei

Teknogav.com – PT Matrix NAP Info Lintas Nusa (Matrix) menghadirkan fasilitas kolokasi jaringan ramah lingkungan Phase II Matrix Data Center (MDC) JK3. Fasilitas yang terletak di Plaza Kuningan, Jakarta ini sudah resmi beroperasi dan siap melayani pasar. Acara peluncuran Phase II MDC-JK3 ini dihadiri oleh para perwakilan pelanggan dan mitra NAP Info.

Jumlah rak server Phase II ini terdiri dari 60 rak. MDC JK3 dipilih Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sebagai mitra strategis penyelenggaraan APJII Super MMR & IIX Super Node. Hal ini merupakan kehormatan bagi Matrix NAP Info yang mendapat kepercayaan dari APJII tersebut. Matrix NAP Info dapat memfasilitasi lebih dari 780 anggota APJII melalui MDC-JKT3. Layanan yang disajikan MDC-JK3 lebih stabil, lebih kuat dan lebih dapat diandalkan.

Baca juga: WIR Group Gandeng Matrix NAP Info Siapkan Koneksi Pengguna Metaverse

“Kami dengan bangga mempersembahkan Matrix Data Center (MDC) JK3 yang mengadopsi teknologi ramah lingkungan Huawei. Adopsi ini memungkinkan kami untuk membangun Data Center yang ramah lingkungan dan minim emisi karbon. Upaya ini dilakukan sembari terus mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia,” ucap Thomas Dragono, Managing Director Matrix NAP Info.

Saat ini Indonesia sedang mengalami lompatan besar dalam perkembangan ekonomi digital, yang mendorong pembangunan dan kemajuan masyarakat Indonesia. Hasil survei APJII tahun 2022, menujukkan peningkatan tingkat literasi digital Indonesia yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan melonjaknya angka penetrasi internet ke 77% dari 270 juta populasi nasional di tahun 2021. Matrix NAP Info berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas internet di Indonesia dengan memenuhi kebutuhan infrastruktur TI. Komitmen ini merupakan bagian dari Peta Jalan Digital Indonesia untuk tahun 2021-2024.

Baca juga: Green Data Center Day Dorong Pembangunan Data Center Ramah Lingkungan

“Ada sejumlah tantangan dalam konstruksi pusat data tradisional, dengan lebih dari 2,0 efisiensi penggunaan daya tinggi (PUE), efisiensi penggunaan ruang yang rendah, waktu konstruksi yang lama, dan O&M yang kompleks. Sebagai penyedia solusi TIK dan pusat data, kami bangga dapat menjadi bagian dari pembangunan pusat data ini. Kami menggabungkan teknologi kami bersama Matrix NAP Info. Upaya ini dilakukan untuk membantu Indonesia membangun data center lebih hijau, cepat dan cerdas sebagai landasan dukungan Green Digital Indonesia,” ucap Andy Liu, CEO Digital Power, Huawei Indonesia.

Baca juga: Data Center AREA31 Siap Beroperasi di Kuartal I 2022

Pusat Data yang Lebih Berkelanjutan, Andal, Cerdas, dan Sederhana diwujudkan dengan mengadopsi Smart Modular Data Center Solution dari Huawei. Berikut ini adalah penjelasan dari predikat yang disandang pusat data atau data center tersebut:

  • Berkelanjutan: Desain lorong terkurung (confined) dengan catu daya dan sistem pendingin yang efisien. Jika dibandingkan dengan solusi tradisional teknologi ini mengurangi konsumsi energi lebih dari 25%.
  • Andal: Desain Uptime Tier III, UPS redundant 2N, dan sistem pendingin redundant N+1. Baterai litium sel pengaman LFP dan sistem pemadam kebakaran baterai tingkat kabinet dapat menjaga keamanan baterai. Perlindungan ini tanpa risiko kebakaran baterai, dengan tingkat keandalan sampai 99,999%.
  • Cerdas: Deteksi real-time suhu dan kelembapan, kebocoran air, UPS, baterai, dan parameter operasional sistem pengatur suhu udara (air-conditioning). Pengunggahan alarm secara real-time, serta pelaporan dan penanganan kesalahan urutan kerja secara real-time siap memastikan keamanan peralatan penyewa.
  • Lebih Sederhana: teknologi UPS Modular dan DC Modular, yang dapat diinstal dengan cepat dalam waktu 3 bulan. Sementara itu pemeliharaan dan penggantian bagian rusak hanya membutuhkan waktu 10 menit di tempat.
Share:

Artikel Terkini