MediaTek T830 Siap Dukung Perangkat 5G CPE di Sub-6 GHz MediaTek T830 Siap Dukung Perangkat 5G CPE di Sub-6 GHz ~ Teknogav.com

MediaTek T830 Siap Dukung Perangkat 5G CPE di Sub-6 GHz

 
Teknogav.com - Portofolio teknologi 5G MediaTek memiliki tambahan terkini, yaitu platform T830 yang dibangun dengan modem M80 MediaTek. Modem tersebut mendukung kemampuan release 16 tingkat lanjut untuk operasional pada pita sub-6 GHz. Kemampuan tersebut membuat platform ini ideal untuk jaringan 5G di seluruh dunia. Platform T830 akan mendukung router fixed wireless access (FWA) 5G dan peralatan terminal pelanggan (customer-premise equipment/CPE) hotspot seluler.

Desain T830 ringkas dan sangat terintegrasi berkat proses produksi menggunakan metode 4 nm sehingga hemat daya. Produsen dapat menghemat biaya dan waktu pengembangan menggunakan platform ini. Operator seluler juga bisa menyediakan kecepatan 5G sampai 7 Gbps langsung memanfaatkan infrastruktur seluler pada sub-6 GHz dengan platform T830. Kemampuan ini tentunya akan menghemat biaya pemakaian teknologi kabel seperti serat optik. Layanan internet super cepat pun bisa digunakan pada perangkat kecil yang bisa dipasang sendiri. Perangkat ini bisa menjadi solusi dalam mengatasi waktu pemasangan yang lama pada broadband saluran tetap (fixed line broadband).

Baca juga: MediaTek M80, Chip Modem 5G Ultra Cepat Sampai 7,67 Gbps

“MediaTek bekerja sama dengan operator Tier-1 di seluruh dunia untuk menghadirkan konektivitas yang cepat dan andal bagi konsumen dan bisnis. Platform yang sangat terintegrasi ini mewakili kemajuan terkini dari konektivitas 5G dan Wi-Fi. Selain itu juga memungkinkan pelanggan kami membangun produk 5G CPE multi-gigabit berkinerja tingkat tinggi dalam ukuran sekecil mungkin,” ucap JC Hsu, Corporate Vice President and General Manager MediaTek pada unit bisnis komunikasi nirkabel. 

Platform T830 menggunakan CPU empat inti Arm Cortex-A55, sub-6 GHz RF transceiver, GNSS receiver dan PMIC (power management integrated circuit). Komponen-komponen tersebut terintegrasi dengan SoC utama dan modem seluler 3GPP release-16 5G. Pada SoC utama terdapat Network Processing Unit (NPU) built-in dan mesin offload Wi-Fi untuk mendukung kecepatan multi gigabit. Perutean antara seluler 5G ke ethernet atau WiFi pun dapat dilakukan tanpa melibatkan CPU. Hal ini tentunya memberikan kecepatan lebih tinggi dan juga lebih efisien.

Baca juga: Chipset MediaTek Seri Filogic Terkini Tawarkan Konektivitas Cepat dan Andal

Berbagai pilihan solusi pemenang penghargaan konketivitas Wi-Fi Flogic pun dapat dipasangka pada platform T830 ini. Filogic 680 (tri-band 4x4 Wi-Fi 7 dapat dipasangkan pada router 5G FWA. Sedangkan Filogic 380 (dual-band 2x2 Wi-Fi 7) dapat dipasang pada hotspot reguler 5G. Semua solusi tersebut memiliki kemampuan terbaik untuk fitur Wi-Fi 7 terkini. Beberapa kemampuan tersebut termasuk MLO (Multi-Link Operation) dan dukungan untuk saluran lebar 320 MHz.

Fitut-fitur T830

Berikut ini adalah beberapa fitur lain yang terdapat pada T830, yaitu sebagai berikut

  • Jaminan efisiensi energi saat terhubung jaringan 5G dengan mengintegrasikan teknologi 5G UltraSave MediaTek
  • Dukungan 5G NSA/SA yang tercakup pada kemampuan seluler modem M80. Kemampuan ini menggunakan koneksi sub-6 GHz sampai 4CC-CA ditambah dukungan campuran duplex FDD/TDD.
  • Dukungan dual 5G SIM (DSDS) yang tergantung pada persyaratan produsen perangkat seluler
  • Konektivitas periferal yang mencakup pengendali kompleks root PCI -Express 3x, USB 3.2, dua antarmuka 10GbE USXGMII. Pada penggunaan port RJ11 juga ditambah berbagai antarmuka PCM/SPI
  • Kartu grafis 3D yang terintegrasi dengan driver layar
  • Dukungan untuk RDK-B, prplOS, dan OpenSync untuk memenuhi beragam spesifikasi framework sistem operasi terbuka dari operator seluler Tier-1
Baca juga: MediaTek Hadirkan Chipset 5G T750 untuk Router FWA dan Hotspot Mobile

Informasi lebih lanjut mengenai portofolio 5G MediaTek dapat dilihat pada situs resmi MediaTek.

Share:

Artikel Terkini