WIR Group Pamerkan Pemanfaatan Teknologi di Indonesia Retail Summit 2022 WIR Group Pamerkan Pemanfaatan Teknologi di Indonesia Retail Summit 2022 ~ Teknogav.com

WIR Group Pamerkan Pemanfaatan Teknologi di Indonesia Retail Summit 2022


Teknogav.com – PT WIR Asia Tbk (WIR Group) memiliki komitmen dalam membantu pemulihan perekonomian nasional, termasuk industri retail dan ekonomi kreatif. Salah satu wujud komitmen tersebut dilakukan dengan turut berpartisipasi dalam Indonesia Retail Summit 2022 yang berlangsung pada 15-16 Agustus 2022. Pada ajang yang digelar di gedung Sarinah, Jakarta ini, WIR Group memamerkan pemanfaatan teknologi canggih untuk bisnis retail. Teknologi yang digunakan tersebut mencakup augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Indonesia Retail Summit 2022 merupakan ajang yang diinisiasi Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia bersama dua kementerian RI. Tujuan ajang ini adalah untuk membangkitkan kembali sektor retail yang terdampak pandemi COVID-19. Dua kementerian yang diajak bekerja sama adalah Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga: WIR Group Gandeng HIPPINDO untuk Perkaya Ekosistem Retail di Metaverse

“Industri retail terutama offline retailer termasuk sektor yang sangat merasakan dampak pandemi. Untuk itu, kami berkomitmen mendukung segala upaya pemulihan sektor retail mengingat kontribusinya terhadap perekonomian nasional selama ini. WIR Group akan mendukung melalui pengembangan metaverse dan tekologi AR, VR dan AI. Kami akan memberikan pengalaman metaverse dan ekosistem O2O (online to offline) yang komprehensif. Kami meyakini, upaya pemulihan hanya bisa berjalan baik melalui upaya kolaboratif dengan melibatkan beragam pihak, termasuk industri digital,” ucap Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group.

Menurut Gupta, sejumlah pelaku usaha retail telah mengadopsi teknologi digital untuk beradaptasi saat pandemi. Usaha retail tersebut terusama yang bergerak di bidang food & beverage dan kebutuhan pokok. Kendati demikian tatangan ke depan makin berat, karena tuntutan transformasi digital tak hanya sekadar adopsi teknologi. Pelaku usaha juga ditantang menghadirkan peluang-peluang dan pengalaman baru bagi masyarakat.

 “Sebagai perusahaan yang sejak awal fokus pada pengembangan teknologi AR, VR dan AI, WIR Group melalui partisipasinya di Indonesia Retail Summit ingin membagikan pengalaman dan pengetahuan serta menunjukkan bagaimana teknologi tersebut berhasil membantu klien-klien kami di sektor ritel,” lanjut Gupta.

Penyelenggaraan Indonesia Retail Summit 2022 bertepatan dengan ulang tahun Sarinah. Kegiatan ini akan diisi pameran retail dan kegiatan konferensi yang mendatangkan sejumlah tokoh bisnis. Selain itu digelar juga Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) ke-6 dan peresmian Hari Retail Modern Indonesia (Harmoni). 

Salah satu pembicara dalam konferensi adalah Stephen Ng, Chief Metaverse WIR Group yang membahas visi WIR Group untuk masa depan. Beliau mengusung tema “Digital generation is developing fast; AR and VR is preparing everybody for the future”. WIR Group dan beberapa anak perusahaanya yakni antaranya AR&CO, DAV, Minar dan Mindstore juga hadir di booth pameran. Pada booth tersebut dipamerkan teknologi terkini berbasis AR/VR dan AI yang sudah digunakan sejumlah perusahaan di Indonesia dan mancanegara.

Baca juga: Kini Cek Kesehatan dengan Prixa Bisa di Alfamart Pakai DAV

Ribuan gerai minimarket telah memanfaatkan solusi DAV untuk periklanan dan pelayanan yang efektif dan efisien. Solusi DAV ini memadukan media interaktif dalam ruang dengan teknologi AR. Sementara itu solusi AR&co merupakan teknologi AR yang banyak digunakan perusahaan untuk kebutuhan pelatihan, edukasi dan komersial. Masyarakat awam pun dapat membuka cabang retailer ternama dengan solusi layanan komersial Mindstore. Para mitra Mindstore saat ini mencakup Alfamart dan Kimia Farma.

Indonesia Retail Summit 2022 memiliki fokus  membangkitkan kembali retail offline melalui kolaborasi dengan produk lokal dan global. Budiharjo Iduansjah, Ketua Umum Hippindo menjelaskan bahwa kegiatan tersebut berupaya membantu pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Alfamart Perluas Jangkauan Bisnis dan Layanan Retail di Metaverse

“Program Indonesia Retail Summit ini akan digelar setiap tahun dan semoga bisa menjadi sarana bagi industri ritel di Indonesia untuk berkembang, meningkatkan daya saing dan meraih peluang  tidak hanya pada tingkat nasional, tetapi juga kancah internasional,” ucap Budihardjo.

Share:

Artikel Terkini