Huawei dan IT Del Tandatangani MoU Penguatan Kerja Sama Huawei dan IT Del Tandatangani MoU Penguatan Kerja Sama ~ Teknogav.com

Huawei dan IT Del Tandatangani MoU Penguatan Kerja Sama


Teknogav.com – Huawei Indonesia memperkuat kerja sama dengan Institut Teknologi DEL (IT Del) dengan pembaruan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU). MoU ini menegaskan komitmen Huawei Indonesia untuk mendukung alih pengetahuan. Kerja sama mencakup pengembangan talenta digital, AI dan literasi keamanan siber melalui berbagai inisiatif penyiapan talenta digital dan penelitian bersama.

MoU ditandatangani oleh Arnaldo M. Sinaga, Rektor IT Del dan Yenty Joman, Director of Government Affairs, Huawei Indonesia. Penandatanganan dilakukan di kampus IT Del di Toba, Sumatra Utara. Prosesi penandatanganan ini dihadiri juga oleh pejabat pemerintah dan Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia. Berikut ini adalah para pejabat pemerintah yang turut hadir:

  • Letjen TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves)
  • Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

Kerja sama antara Huawei dan IT Del diapresiasi oleh Luhut. Menurutnya kerja sama tersebut penting untuk menggalang kekuatan bersama dalam menjaga momentum percepatan pemulihan ekonomi pasca-pandemi dan transformasi digital.

Baca juga: Huawei Dukung Percepatan Transformasi Digital IT Del Sumatera Utara

“Di era digital saat ini, pengembangan talenta digital, AI serta penguatan keamanan siber menjadi domain strategis yang menjadi tanggung jawab bersama dan harus melibatkan sinergi erat seluruh pemangku kepentingan. Saya ingin mengapresiasi Huawei atas dukungan terus menerus bagi Indonesia utamanya dalam pengembangan talenta digital dan juga keamanan siber. Dan diharapkan kerjasama yang lebih luas lagi bidang-bidang teknologi lainnya,” ucap Luhut.

Hal senada pun diungkapkan oleh Hinsa yang memuji kontribusi Huawei sebagai penyedia solusi TIK global. Huawei memiliki inisiatif peningkatan kapabilitas bagi ekosistem secara khusus dalam penguatan keamanan siber. Keamanan siber merupakan salah satu pilar penting bagi ekosistem digital suatu negara sehingga menjamin keberhasilan transformasi digital. Dalam menjaga ketahanan dan kedaulatan data nasional, perlu dukungan penuh komitmen dari semua pihak.

Baca juga: Program ‘Kolaborasi Del’ Ajak Perusahaan Berkontribusi Ciptakan Generasi Emas 2045

“Apresiasi kami atas konsistensi Huawei untuk mendukung penguatan sinergi khususnya dalam inisiatif kerjasama dengan IT Del. Semoga langkah baik ini dapat diikuti pemangku kepentingan lain untuk terus secara luas mengedukasi ekosistem terhadap isu-isu keamanan siber,” ucap Hinsa. 

Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia menegaskan bahwa keamanan selalu menjadi prioritas utama Huawei. Huawei telah hadir lebih dari 30 tahun dan melayani lebih dari 3 miliar poppulasi di seluruh dunia. Layanan Huawei memastikan kestabilan operasi 1500 jaringan operator di 170 negara dan wilayah dengan rekam jejak keamanan siber yang tangguh. 

“Sebagai bagian dari komitmen “I Do” Collaborate untuk bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan demi penguatan ekosistem digital di Indonesia, Huawei ingin membagikan pengalaman dan keahlian dalam berbagai teknologi TIK mutakhir kepada lebih banyak kalangan untuk memastikan Indonesia tetap berjalan di jalur yang aman dalam percepatan digitalisasi yang tengah terjadi di berbagai aspek kehidupan. Penguatan ekosistem digital utamanya dilakukan Huawei melalui program penyiapan 100 ribu talenta digital Indonesia dalam kurun 5 tahun dan sekarang ini telah mencapai lebih dari 64 ribu penerima manfaat,” ucap Jacky.   

Arnaldo M. Sinaga, Rektor IT Del berharap dapat membangun dunia siber lebih maju, berkelanjutan, aman dan kondusif bagi percepatan transformasi digital Indonesia. IT Del mendapat kehormatan untuk dapat menjadi bagian dari tonggak penting dari seluruh inisiatif persiapan talenta digital, pengembangan AI dan penguatan keamanan siber di Indonesia. Menurut Arnaldo pembaruan MoU bertujuan untuk memperkuat dan memperluas kerangka sinergi antara kedua institusi. Sinergi tersebut dalam melaksanakan dan menerapkan teknologi pembelajaran online, serta pengembangan transformasi di bidang pendidikan.

“Harapannya, dihasilkan peningkatan keahlian, pengurangan kesenjangan kebutuhan industri dalam menghadapi era transformasi digital, peningkatan sumber daya lokal bersertifikat, pengembangan ekosistem dalam meningkatkan daya saing secara global, serta pembangunan platform untuk kecerdasan buatan (AI),” ucap Arnaldo.

Baca juga: Pemerintah Gandeng DANA dan IT Del Dukung UMKM di Sumatera

Kerja sama antara Huawei, IT Del dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga telah dilakukan pada tahun 2021. Kolaborasi tersebut dituangkan dengan MoU tripartit yang bertujuan untuk kerja sama membangun kapasitas dan meyediakan pembelajaran tingkat lanjut. Kerja sama tersebut juga termasuk melakukan sertifikasi profesional dan peningkatan kompetensi di bidang keamanan siber. Pada kolaborasi tersebut IT Del berperan sebagai collaboration hub bagi universitas di seluruh Indonesia.

Pada acara penandatanganan MoU, Huawei bersama BSSN dan IT Del juga mengkampanyekan podcast literasi keamanan siber bertajuk #JagaRuangSiber Kenali Kompetensi Lindungi Privasi! (Recognize the Cybersecurity Competency, Protect Your Privacy). Ajakan untuk membekali diri dengan informasi, wawasan dan pengetahuan menengai keamanan siber disampaikan Yenty Joman dalam bincang podcast tersebut. Tujuannya tentu saja untuk mengurangi risiko berhadapan dengan kejahatan di dunia siber.

“Perlu diingat bahwa menjaga ruang siber adalah kepentingan seluruh ekosistem, tidak hanya kepentingan masing-masing pihak. Karena itu, semua pemangku kepentingan harus memiliki tanggung jawab dan komitmen untuk berpartisipasi aktif dan berkontribusi dalam membangun ketahanan siber,” ucap Yenty.

Share:

Artikel Terkini