Review ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS), Tampil Futuristik Review ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS), Tampil Futuristik ~ Teknogav.com

Review ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS), Tampil Futuristik


Teknogav.com – ASUS ZenBook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) merupakan laptop dengan desain bernuansa luar angkasa dan prosesor berkinerja tinggi. Laptop edisi luar angkasa ini diluncurkan ASUS dalam rangka memperingati 25 tahun laptop ASUS mengikuti misi luar angkasa. Ada begitu banyak kejutan tersembunyi untuk itemukan pada laptop Zenbook 14X OLED Space Edition ini, baik berupa kode morse maupun grafis di seluruh laptop.

Kinerja Zenbook 14X OLED Space Edition mengandalkan prosesor Intel Core generasi ke-12 seri H. Prosesor ini tersedia dalam dua konfigurasi, yaitu Intel Core i7-12700H dan i9-12900H. Pada review ini, kami menggunakan laptop yang ditenagai prosesor Intel Core i9-12900H. Audio pada laptop ini pun sudah didukung fitur AI noise cancelation yang memberikan pengalaman bebas kebisingan.

Baca juga: Zenbook 14X OLED Space Edition, Perayaan Kiprah ASUS di Luar Angkasa

Ketangguhan laptop ini sudah teruji standar ketahanan luar angkasa dan militer Amerika Serikat sehingga tangguh untuk digunakan di luar angkasa. Laptop ini telah lolos protokol pengujian SMC-S-016A yang merupakan standar pengujian sistem luar angkasa Ameriksa Serikat.
Pengujian dengan kondisi begitu keras tingkat luar angkasa dilakukan untuk melihat ketahanan terhadap getaran ekstrem dan suhu operasional tinggi atau rendah. Selain itu, laptop ini juga menyandang sertifikasi uji militer Amerika Serikat, MIL-STD 810H.

Desain ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Dimensi laptop ini begitu tipis, hanya 15,9 mm saja dan bobotnya pun ringan, hanya 1,4 kg. Tema dan motif ruang angkasa disematkan dalam pola, warna dan teknologi baru yang diusung laptop Zenbook ini. Desain laptop ini dibalut dengan warna Zero-G Titanium yang biasa digunakan pada wahana-wahana luar angkasa. 

Sisi bawah ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS)

Di bodi laptop juga terdapat kode morse Ad Astra Per Aspera yang artinya jerih payah menuju bintang-bintang. Fitur ZenVision berupa layar mungil di balik layar utama pun menghiasi laptop dengan animasi luar angkasa yang dapat dipersonalisasi melalui MyASUS. ZenVision menggunakan layar monokrom OLED berukuran 3,5 inci. Kustomisasi layar mungil ini bisa berupa animasi tema luar angkasa, teks, identitas pribadi dengan QRcode, atau indikator waktu dan baterai.


Port pada sisi kiri mencakup HDMI 2.0, dan dua Thunderbolt 4 USB C. Sedangkan di sisi kanan terdapat USB 3.2 Gen 2 tipe-A, jack audio combo dan slot MicroSD card reader. Teknologi Thunderbolt 4 pada port USB tipe-C sangat cepat dengan kecepatan transfer data sampai 40 Gbps saat menggunakan periferal berkinerja tinggi. Port USB tipe-C pada laptop ini juga mendukung pengisian daya dengan USB-C Easy Charge sehingga bisa diisi dayanya dengan charger USB 5-20 V standar. Charger dengan sertifikasi Power Delivery pun juga bisa digunakan.

sisi kiri ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS)
sisi kanan ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS)

Layar laptop ini dapat diputar sampai sudut kemiringan 150˚. Engsel layar pun dibekali dengan teknologi ErgoLift sehingga dapat mengangkat bagian belakang laptop dengan kemiringan 3˚ saat layar dibuka. Posisi tersebut menyajikan kemiringan yang optimal untuk mengetik dan juga mengoptimalkan sistem pendingin.

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS)

Zenbook 14X OLED Space Edition ini menggunakan ASUS ErgoSense Keyboard dan ErgoSense Touchpad untuk meningkatkan pengalaman mengetik. Desain ini menyeleraskan pengguna saat bergerak, merasakan dan menyentuh. Keyboard ini berukuran penuh 19,05 mm dengan dished key cap 0,2 mm. Jarak travel antar tombol pun membuat nyaman mengetik, yaitu 1,4 mm. Tombol daya disisipkan pada susunan tombol di keyboard dan sudah terintegrasi dengan sensor sidik jari.

keyboard ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS)

 
Di bawahnya terdapat touchpad yang dibekali dengan fitur Numpad 2.0 sehingga memudahkan untuk memasukkan angka lebih efisien. Touchpad ini juga dibekali dengan anti sidik jari dan sangat mulus digunakan.

touchpad ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) dan aksen luar angkasa

Kemasan Zenbook 14X OLED Space Edition pun dirancang unik, sehingga memberikan petualangan tersendiri saat membukanya. Di dalam kemasan terdapat kartu sambutan, panduan pengguna, dan stiker. Kemasan laptop ini pun dapat dimanfaatkan sebagai penyangga laptop yang dapat mengangkat laptop sampai membentuk kemiringan tepat 23˚. Sudut tersebut sempurna untuk mengetik dengan nyaman. Desain inovatif ini dapat mengurangi limbah kemasan.

Layar ASUS OLED

Sesuai namanya, tentu saja laptop ini sudah menggunakan teknologi ASUS OLED. Resolusi layar ASUS OLED ini sudah 2,8K atau sampai 3.840 x 2400 piksel dengan warna yang sangat jelas. Akurasi warna layar ini sangat tinggi yaitu 100% pada clor space DCI-P3 yang akurasinya dijamin dengan validasi dari PANTONE Validated. Teknologi HDR yang ditingkatkan pada layar ini pun sudah menyandang sertifikasi VESA HDR True Black sehingga menjamin standar global.

Layar sentuh ini mengadopsi desain NanoEdge di keempat sisi layar, sehingga bezel di sekitar layar begitu tipis. Rasio layar-ke-bodi pun bisa sampai 92%. Sedangkan rasio aspek layar 16:10 sehingga tampilan web dan dokumen terasa lebih lapang ketimbang rasio 16:9. Di tepi atas layar terdapat webcam yang dapat dijaga privasinya dengan shutter yang dapat ditutup secara elektronik.
Kecerahan layar pun cukup tinggi sampai 550 nits. Kenyamanan bagi mata pun dijamin dengan sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland yang disandang layar tersebut.

Kinerja ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Prosesor pada laptop ini telah menggunakan Intel Core Generasi ke-12 seri H yang berkinerja tinggi. Pada review ini, prosesor yang digunakan adalah Intel Core i9-12900H. Prosesor ini dibangun dengan arsitektur Alder Lake dan memiliki 14 inti dengan 6 P-Core dan 8 E-core. Pemrosesan grafisnya didukung oleh prosesor grafis Intel Iris Xᵉ Graphics yang terintegrasi. 

Kecepatan clock prosesor ini 2,5 GHz dan bisa di-boost sampai 5 GHz. Kinerja prosesor didukung juga oleh RAM LPDDR5 yang hemat daya dengan kapasitas 32 GB. Media penyimpanan pun sudah menggunakan teknologi SSD PCIe Gen4 x 4 dengan kapasitas 1 TB. Teknologi SSD ini mendukung kecepatan saat memuat aplikasi dan booting. Konektivitas pada laptop ini pun sudah didukung teknologi Wi-Fi 6E yang merupakan teknologi Wi-Fi terkini. Agar dapat terus bekerja dengan lancar, laptop ini pun dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas 63 WHr. 

TDP prosesor ini 45 W, demi menunjang kestabilan kinerjanya, maka Zenbook 14X OLED Space Edition dibekali sistem pendingin dengan teknologi ASUS IceCool. Pembuangan panas pada laptop ini menggunakan heat pipe yang 6 mm dan 8 mm yang ditingkatkan. Sistem pendingin ini menggunakan teknologi dua kipas yang masing-masing memiliki 87 bilah kipas sehingga efisien mempercepat aliran panas. Kerja kipas ini pun tetap hening kurang dari 35 dB.

Audio

Ketika sedang melakukan meeting menggunakan aplikasi konferensi video, tak perlu khawatir suasana lingkungan sekitar yang bising. Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) ini sudah dibekali fitur AI Noise-Cancelling yang dapat meniadakan suara kebisingan latar. Fitur-fitur ini mencakup ClearVoice Mic untuk meningkatkan pidato, AI-trained dan ClearVoice Speaker. Posisi kamera yang terletak di bagian bezel bagian atas layar pun menunjang komunikasi dengan video chat berjalan lancar.

Benchmark

Pengujian ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition dilakukan dengan beberapa aplikasi Benchmark. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, Zenbook 14X OLED Space Edition memperoleh nilai total 5.034.Nilai terpaut sedikir dengan nilai yang diperoleh ASUS Zenbook 14 (UX425E) yang meraih skor 5.033.

Nilai Essential dari Zenbook 14X OLED Space Edition sangat tinggi, yaitu 10.140 yang menunjukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan skor yang diperoleh ZenBook 13 (UX325) yaitu 9.400. Keduanya masih cukup tinggi dibandingkan nilai batas kinerja baik, yaitu 4100. Jika dilihat dari kategori jenis kerja, berikut ini adalah rincian skornya.

PC Mark 10 ASUS ZenBook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS)

Pada pengujian benchmarking menggunakan Pass Mark, nilai yang diperoleh sangat tinggi yaitu 4.983. Jauh di atas skor rata-rata 2.814. Sementara hasil benchmarking CPU sangat tinggi, yaitu 15.307. Nilai tersebut melebihi dua kali nilai rata-rata di 7.267.

skor uji kinerja dengan PassMark

Baca juga: Review ROG Strix SCAR 17 (G733Z), Tangguh dengan Intel® Core™ i9-12900H 

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel® Core™ i9-12900H berada di posisi teratas. Posisinya bahkan di atas Apple M1 Max 10 Core dan Apple M1 Pro 10 Core.

peringkat prosesor yang disusun PassMark


Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari Zenbook 14X OLED Space Edition ini adalah 650. Nilai ini sedikit di atas rata-rata dunia, yaitu 604. Sedangkan untuk 3D Mark nilai yang diperoleh adalah 2.512. Sayangnya, nilai ini masih di bawah rata-rata dunia yaitu 3.858.

uji grafis 2D
uji grafis 3D

Beralih ke pengujian memori, nilai yang diperoleh adalah 3.208, nilai ini jauh di atas rata-rata 1.781. Sedangkan untuk hasil pengujian Disk Mark, nilai yang diperoleh 29.719, nilai ini jauh lebih tinggi dari rata-rata 3.668.

uji memori
uji diskmark

Baca juga: Review ASUS ZenBook 14 (UX435E), Laptop Ringkas dengan Dua Layar

Ketika melakukan uji coba CPUdengan GeekBench, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 7.853 dan multi core 27.763. Pengujian Open CL pun dilakukan pada Intel Iris Xᵉ Graphics dengan skor 114.079.

Benchmarking ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) dengan Geekbench 4
Uji Open CL Intel Iris Xᵉ Graphics Geekbench 4

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS)

Harga dan Ketersediaan

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition dengan konfigurasi prosesor Intel Core i7-12700H dibanderol dengan harga Rp25 jutaan. Sedangkan untuk konfigurasi Intel Core i9-12900H, harga yang dibanderol adalah Rp29 jutaan. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) di Blibli
Klik untuk membeli ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) Bhinneka
Klik untuk membeli ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) di Tokopedia
Klik untuk membeli ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) di Lazada

Klik untuk membeli ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX 5401ZAS) di Shopee

Kelebihan

Keistimewaan Zenbook 14X OLED Space Edition ini tentu saja pada desain keren luar angkasa. Kinerjanya pun tinggi karena didukung prosesor Intel Core generasi ke-12 seri H. Memori yang digunakan pun cukup hemat daya dengan LPDDR5 berkapasitas tinggi. Serunya lagi, laptop pun terlihat canggih dengan fitur ZenVision yang bisa dipersonalisasi. Dimensi laptop ini pun cukup tipis dan ringan sehingga mendukung untuk dibawa bepergian.

Media penyimpanan pun sudah menggunakan teknologi terkini, yaitu SSD PCIe NVMe dengan kapasitas 1 TB. Semua aplikasi yang dibuka dan kerjaan terasa berjalan mulus. Tampilan pada layar terlihat jernih dan tajam dengan teknologi ASUS OLED. Ketangguhan laptop ini pun tak hanya didukung standar militer Amerika Serikat, tetapi juga standar penggunaan di luar angkasa.

Kekurangan

Saat ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna saja.

Spesifikasi ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS)

CPU

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Sistem Operasi

Windows 11

Memori

LPDDR5X 16 GB/32 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 1 TB

Layar

Layar Utama

14 inci (16:10) OLED 4K (3840 x 2400), color gamut 100% DCI-P3 dengan pandangan lebar, slim Bezel NanoEdge cover glass touch, Touchscreen, Four-sided frameless NanoEdge design dengan rasion layar-ke-bodi 92%

ZenVision

3,5 inci PMOLED (256 x 64 piksel), Flat 150 nits,

 

Grafis

Intel® Iris® X Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.0, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Tipe-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, Micro SD card reader

Stylus

Support 4096

Kamera

3DNR HD Camera dengan Electric Webcam Shield

Konektivitas

Intel Wi-Fi 6E(Gig+) + Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

Baterai

63WHrs

Dimensi

311,22 x 221,18 x 15,9 mm

Bobot

1.4 kg

Warna

Zero-G Titanium

Harga

Rp25.999.000 (Intel Core i7/16 GB)

Rp29.999.000 (Intel Core i9/32 GB)

Garansi

2 tahun garansi global

Share:

Artikel Terkini