Zenbook 14X OLED Space Edition, Perayaan Kiprah ASUS di Luar Angkasa Zenbook 14X OLED Space Edition, Perayaan Kiprah ASUS di Luar Angkasa ~ Teknogav.com

Zenbook 14X OLED Space Edition, Perayaan Kiprah ASUS di Luar Angkasa


Teknogav.com – ASUS akan segera meluncurkan Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) di Indonesia, tepatnya pada 15 September 2022. Laptop edisi khusus ini merupakan peringatan 25 tahun sejak laptop ASUS mengikuti misi perjalanan ke luar angkasa. Sesuai namanya, Zenbook 14X OLED Space Edition mengusung tema luar angkasa yang unik. Ketangguhan laptop ini pun sudah lolos uji ketahanan tingkat ruang angkasa US Space System Command Standard (SMC-S-016A).

“Zenbook 14X OLED SPACE EDITION merupakan salah satu laptop paling penting bagi kami di tahun 2022. Laptop ini merupakan simbol yang melambangkan konsistensi ASUS terhadap inovasi dan kualitas di setiap produknya. Zenbook 14X OLED Space Edition tak hanya dibekali hardware terkini dan desain yang unik. Laptop ini  juga dibekali fitur yang tidak dimiliki laptop lainnya, termasuk space-grade durability. Ini adalah tonggak sejarah baru bagi industri laptop modern,” ucap Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia. 

Baca juga: The Pinnacle of Performance Tampilkan Serangkaian Laptop ASUS Zenbook Terkini

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Misi Antariksa ASUS P6300

ASUS P6300 diluncurkan pertama kali pada tahun 1997, kemudian laptop tersebut terpilih dalam misi ke luar angkasa pada tahun 1998. Laptop tersebut mendukung misi di stasiun luar angkasa MIR dan menjadi tonggak sejarah bagi ASUS. Dalam misi tersebut, ASUS P6300 dapat bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh radiasi kosmik selama 600 hari tanpa masalah.

perbandingan ASUS P6300 dan ASUS ZenBook

Rekam Jejak ASUS Zenbook

Pada tahun 2011, ASUS memperkenalkan Zenbook pertama kalinya, yaitu ZenBook UX31 yang mengusung desain ‘Zen Garden’ dengan guratan melingkar. Laptop ini berhasil memenangkan dua penghargaan, yaitu iF Design Award dan Good Design Award. Perjalanan Zenbook pun dilanjutkan dengan ZenBook UX301 yang diluncurkan pada tahun 2013. Laptop tersebut menjadi laptop pertama yang dibekali layar Gorilla Glass 3. Kemudian ZenBook Pro pertama pun diperkenalkan dengan layar 15,6 inci beresolusi 4K UHD dan GPU NVIDIA GeForce GTX. Di tahun 2015, ASUS kembali menggebrak dengan ZenBook UX305, laptop Zenbook yang meraih jumlah penghargaan terbanyak.

Desain convertible pertama kali diusung Zenbook pada tahun 2016, yaitu ZenBook UX360. Sejak saat itu desain convertible di Zenbook terus diperbarui. Pada tahun yang sama, ASUS pun meluncurkan ZenBook 3 (UX390) dengan bodi yang menggunakan bahan ‘6013’ aerospace-grade aluminium. Zenbook pun terus hadir sebagai lini produk premium laptop ASUS.

Di tahun 2017, ASUS meluncurkan ZenBook Flip S (UX370) untuk mendukung tren mobile computing. Sampai kini, ZenBook Flip S (UX370) masih menjadi laptop convertible tertipis di dunia dan yang pertama kali mengadopsi fitur Ergolift. ASUS pun meluncurkan ZenBook 13 (UX331UAL) pada tahun 2018 yang merupakan seri Zenbook paling ringan dengan bobot 985 gram. Laptop ini memiliki sasis yang sangat kokoh dan merupakan seri Zenbook pertama yang menyandang sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810G).

Baca juga: Sensasi Futuristik Dua Layar Asus ZenBook Duo dan Pro Duo

Jelang tahun 2020, laptop dituntut untuk mendukung produktivitas pengguna dalam berbagai hal, sehingga kebutuhan laptop portabel yang tangguh pun meningkat. ASUS memenuhi kebutuhan produktivitas dengan menghadirkan ZenBook Pro 15 (UX580) yang merupakan seri ZenBook pertama yang mengadopsi ScreenPad. ScreenPad merupakan layar kedua yang dapat berfungsi sebagai touchpad. Fitur ini dilengkapi dengan berbagai fungsi tambahan, seperti dapat terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office dan Spotify.

ASUS pun kembali berinovasi dengan menghadirkan ScreenPad Plus yang memiliki ukuran layar lebih besar dari ScreenPad. Posisi ScreenPad Plus tepat di bawah layar utama dan sejajar dengan keyboard, sehingga dapat menyajikan ruang kerja lebih luas. Fitur ScreenPad Plus ini pertama kali hadir di ZenBook Pro Duo 15 (UX581) dan ZenBook Duo 14 (UX481). ScreenPad Plus sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi fitur yang mendukung produktivitas pengguna. 

Baca juga: Review ASUS ZenBook Duo (UX482), Optimalkan Produktivitas dengan Dua Layar

Panel untuk ScreenPad Plus pun diperkenalkan tahun 2021. ScreenPad Plus dapat diubah menjadi kontrol virtual yang bisa dikustomisasi menggunakan fitur yang terintegrasi langsung dengan aplikasi kreatif dari Adobe. Antarmuka pada ScreenPad Plus juga tampil lebih modern, simpel dan mudah digunakan berkat pembaruan pada fitur Screen Xpert.

Sekilas Fitur-fitur Zenbook 14X OLED Space Edition

Zenbook 14X OLED Space Edition merupakan laptop edisi khusus dengan tema luar angkasa yang unik dengan balutan warna Zero-G Titanium. Warna tersebut biasa digunakan di berbagai wahana antariksa. Laptop ini pun dirancang secara khusus sehingga hadir dengan durabilitas tingkat ruang angkasa. Sertifikasi dengan uji ketahanan US Space Systems Command Standard (SMC-S-016A) telah disandang laptop ini. Salah satu pengujian untuk mendapatkan sertifikat tersebut adalah uji operasional pada suhu 61⁰C dan -24⁰C.

ZenVision pada ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

Fitur istimewa yang hadir pada Zenbook 14X OLED SPACE EDITION adalah ZenVision yang merupakan layar berukuran 3,5-inci. Posisi ZenVision ada di belakang layar utama, sehingga tampak seperti jendela wahana antariksa di stasiun luar angkasa. ZenVision ini dapat dikustomisasi melalui preset dan mode animasi yang tersedia. Kinerja laptop ini pun sudah didukung prosesor canggih Intel Core H-series generasi ke-12. Prosesor tersebut pun sudah didukung RAM LPDDR5 yang berkinerja tinggi. Media penyimpanannya pun sudah menggunakan SSD PCIe Gen4 dan teknologi konektivitas terkini.


Sesuai namanya, tentu saja Zenbook 14X OLED Space Edition menggunakan layar ASUS OLED. Layar ASUS OLED memiliki berbagai keandalan, termasuk warna yang kaya dan akurat, teknologi HDR dan waktu respons yang tinggi. Fitur low-blue light dan anti-flicker pada layar dapat melindungi kesehatan mata dalam jangka waktu panjang, sehingga pengguna dapat lebih produktif. Peluncuran Zenbook 14X OLED Space Edition akan dilangsungkan pada 15 September 2022 di YouTube dan media sosial ASUS Indonesia.

Share:

Artikel Terkini