Review Canon MP250, Proyektor Nirkabel Mungil Nan Praktis Review Canon MP250, Proyektor Nirkabel Mungil Nan Praktis ~ Teknogav.com

Review Canon MP250, Proyektor Nirkabel Mungil Nan Praktis

Teknogav.com – Canon MP250 merupakan proyektor berukuran mini yang serba bisa. Proyektor ini bisa digunakan untuk nonton film favorit atau presentasi. Presentasi dapat dilakukan dengan sumber file dari media penyimpanan internal, micro SD, atau flash disk. Bisa juga menayangkan tampilan dari laptop ke proyektor melalui koneksi port HDMI. Selain itu tersedia juga fitur mirroring untuk menampilkan layar dari smartphone menggunakan koneksi Wi-Fi. Serunya, proyektor ini sudah dinekali speaker internal 2,5 W dan bisa dihubungkan ke speaker eksternal melalui bluetooth atau jack audio.

Keistimewaan proyektor ini tentu saja terletak pada bodi yang ringkas, fitur nirkabel dan kemudahan pengoperasian menggunakan trackpad. Kinerja proyektor mengandalkan prosesor Quad Core dengan kecepatan clock 1,5 GHz yang didukung SDRAM 2 GB. Perangkat ini juga mendukung kelancaran pemutaran video. Saat memutar video dengan format 4 K, tampilan pun tetap mulus. Kelengkapan paket proyektor ini terdiri dari unit proyektor, kabel HDMI ke HDMI, adaptor daya beserta dengan kabelnya.

kelengkapan isi paket Canon MP250

Baca juga: Canon MP250, Proyektor Portabel Nirkabel Mungil untuk Nonton dan Bekerja

Desain Canon MP250

Dimensi Canon MP250 begitu ringkas, hanya 12 x 12 x 3,3 cm dan bobotnya hanya 407 gram. Jauh lebih ringan dari laptop, sehingga jika malas terbebani, bisa hanya membawa proyektor ini tanpa laptop. Pengoperasian Canon MP250 mudah dilakukan dengan mengandalkan trackpad yang terdapat di permukaan atas perangkat. Trackpad ini memiliki tombol beranda, tombol menu dan tombol batal yang terintegrasi. Pengendali volume pun dapat dengan mudah dilakukan dari trackpad ini.

trackpad pada sisi atas Canon MP250

Di sisi kanan proyektor ini terdapat saklar untuk menyalakan perangkat dengan baterai dan tombol daya. Selain itu tersedia juga slot micro SD dan cincin putar untuk menyesuaikan fokus. Sementara itu di sisi kiri terdapat lubang ventilasi yang membantu sirkulasi udara agar perangkat tetap dingin. Beralih ke depan, terdapat lensa proyektor dan ventilator untuk menjaga kestabilan suhu proyektor. Ukuran tampilan proyeksi gambar antara 16,1 inci sampai 9,3 inci dengan jarak ke layar sekitar 3 meter. Resolusi tampilan proyeksi Canon MP250 845 x 480 piksel.

sisi kanan Canon MP250
sisi kiri Canon M250

Bagian belakang proyektor Canon MP250 dijejali dengan berbagai port yang lengkap. Dari kiri ke kanan, terdapat dua port USB 2.0, audio, HDMI, dan port pengisian daya. Port USB paling kiri tersebut bisa digunakan untuk mengisi daya. 

bagian belakang Canon MP250
Beralih ke bawah, lubang pada proyektor mendukung ventilasi. Selain itu terdapat juga kaki karet, dudukan dasar untuk menyesuaikan sudut perangkat, dan port koneksi tripod. Dudukan dasar internal tersebut memungkinkan tampilian gambar sampai sudut 40˚ di atas permukaan datar. Port koneksi tripod ¼ inci built-in yang tersedia berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas proyektor. Fleksibilitas ini mencakup pengaturan ketinggian untuk mendapatkan gambar yang presisi. Pengoperasian proyektor mudah dan cepat berkat fitur penyesuaian keystone secara vertikal dan rotasi gambar otomatis, serta koreksi keystone vertikal otomatis.

Baca juga: Review BenQ W1700M, Proyektor 4K untuk Bioskop Pribadi

Pengoperasian Canon MP250

Serunya perangkat ini memungkinkan untuk mendukung presentasi tanpa harus menghubungkannya ke laptop. Cukup siapkan materi yang akan dipresentasikan di media penyimpanan yang berkapasitas 4 GB ini. Cara menyalakan proyektor ini dengan menggeser saklar ke arah ON, dan menekan tombol daya. Kemudian atur posisi proyektor dan fokus dengan memutar cincin fokus di sisi kanan. Tampilan proyeksi bisa diputar, termasuk menentukan penyorotan dari depan atau belakang layar.

tampilan beranda pada antarmuka Canon MP250
menu pengaturan pada Canon MP250

proyektor saat dihubungkan ke laptop dengan kabel HDMI

Jika menggunakan sumber materi dari file presentasi yang tersimpan di proyektor atau dari media eksternal, maka gunakan menu file explorer. Sistem operasi Android 7.12 pada proyektor ini memungkinkan untuk menampilkan file presentasi atau memutar film tanpa harus terhubung ke komputer. Built-in web browser dan koneksi Wi-Fi pada proyektor memungkinkan pemutaran video dari internet secara mirroring dari smartphone atau tablet Android. Sedangkan jika ingin menghubungkan laptop, pilih menu HDMI. 

Pengendalian bisa menggunakan trackpad, baik itu scrolling, maupun menyalin atau menghapus file. Jika ingin menggulirkan menu layar, maka gunakan dua jari sambil menggesernya ke atas atau ke bawah. Ketuk trackpad dua kali, dengan durasi agak lama saat ketukan kedua untuk menampilkan menu menyalin, mengganti nama atau menghapus file

contoh proyeksi tampilan menggunakan Canon MP250

Canon MP250 dibekali dengan media penyimpanan internal berkapasitas 4 GB. Kapasitas tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyimpan video, foto dan dokumen kantor seperti Word, PowerPoint dan PDF yang sering digunakan. Presentasi pun mudah dilakukan membawa proyektor saja tanpa laptop. Pengguna juga bisa berbagi foto, video dan konten multimedia lain langsung dari media penyimpanan seperti Google Drive.

Baterai Awet

Kehadiran baterai berkapasitas 3.100 mAh memungkinkan Canon MP250 dapat digunakan secara wireless tanpa harus terhubung ke power outlet. Baterai tersebut dapat bertahan selama dua jam untuk penggunaan proyektor dengan tingkat kecerahan 250 lumens. Jika butuh waktu lebih lama,  cukup hubungkan proyektor ke outlet daya menggunakan adaptor AC. Pengisian daya baterai proyektor ini juga bisa dilakukan melalui fitur USB charging menggunakan power bank.

Baca juga: BenQ Hadirkan Mini-Projector LED Portabel Nirkabel GV1

Harga dan Ketersediaan

Proyektor Canon MP250 ini dipasarkan PT Datascrip selaku distributor Canon di Indonesia dengan harga resmi Rp6.960.000. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Canon MP250 di Blibli
Klik untuk membeli Canon MP250 di Shopee
Klik untuk membeli Canon MP250 di Tokopedia
Klik untuk membeli Canon MP250 di Lazada

Kelebihan

Proyektor Canon MP250 ini memiliki dimensi yang mungil sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Pengoperasiannya pun mudah dilakukan dengan trackpad yang tersedia di permukaan atas bodi proyektor. File explorer pada perangkat dapat membuka file di media penyimpanan internal, kartu micro SD maupun USB. Berbagai format file, seperti video, foto maupun dokumen dapat dengan mudah dibuka langsung dari media penyimpanan tersebut. 

Jika jauh dari sumber daya, maka bisa mengandalkan baterai internal yang kuat untuk menayangkan konten sekitar dua jam. Jadi tak perlu khawatir repot mencari outlet daya saat ingin presentasi atau menonton film di mana saja.

Kekurangan

Awalnya agak membingungkan dalam mengoperasikan touchpad, sebaiknya baca buku panduan. Saat tim Teknogav.com menjajal perangkat ini, masih kesulitan untuk menampilkan keyboard virtual. Proyektor ini bisa dihubungkan dengan koneksi bluetooth ke laptop atau smartphone, tetapi sayangnya bukan untuk menampilkan konten. Saat melakukan eksperimen untuk menghubungkan proyektor dengan keyboard bluetooth masih belum berhasil. Rasio Aspek 16:9 dan tidak bisa diubah komposisi vertikal dan horisontal tampilan di hasil proyeksi.

Spesifikasi Canon MP250

Metode Tampilan

DLP DMD

Kecerahan

250 lumens (berdasarkan sumber cahaya, kecerahan 100%

Sumber Cahaya

RGB LED

Rasio Aspek

16:9

Resolusi

854 x 480 piksel

Kontras

400:1

Fokus

Manual

Ukuran tampilan

16,1 inci sampai 93 inci (32,3 inci pada jarak 1 meter)

Rentang masa pakai

Sekitar 20.000 jam

Keystone

Automatic keystone (Vertikal: Sekitar 40˚

Suhu operasi

0˚ ~ 35˚C

Rasio proyeksi ke atas

100%

CPU

Quad-core (Cortega A-53 sampai 1,5 GHz)

Media penyimpanan internal

8 GB (eMMC)

RAM

DDR3 SDRAM 2 GB

Dimensi

120 x 120 x 33 mm

Wi-Fi

Built-in Wi-Fi, 2,4 GHz, 5 GHz, 1 TX, 1 RX, 30-50 m, IEEE 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Mirroring

HDMI

HDMI 1,4

Bluetooth

Bluetooth 4.2

Waktu pengisian daya penuh

Sekitar 3 jam (jika perangkat dalam kondisi mati)

Waktu Operasi

Video: sekitar 120 menit (jika disesuaikan ke tingkat volume sedang dan kecerahan 50%

Rentang masa pakai

Lebih dari 300 pengisian/pengurasan (jika fungsi pengisian daya digunakan terpisah)

Port eksternal

USB OTG/HOST & FW, jack audio 3,5 mm, HDMI, slot micro SD

Speaker

Speaker built-in 2,5 W, 4 ohm, mono

Indikator Pengisian Daya

LED Ganda (merah/hijau)

Daya input

DC 12 V, 3A

Keluaran Adaptor

DC 12 V, 3A

 
Share:

Artikel Terkini