Toko Virtual Alfamart Dukung Ibu Rumah Tangga Berbisnis Retail Toko Virtual Alfamart Dukung Ibu Rumah Tangga Berbisnis Retail ~ Teknogav.com

Toko Virtual Alfamart Dukung Ibu Rumah Tangga Berbisnis Retail

Teknogav.com – PT WIR Asia Tbk (WIR Group) menyediakan platform toko virtual bagi masyarakat umum melalui unit bisnis Mindstores. Platform toko virtual ini merupakan solusi bisnis yang efektif bagi masyarakat yang ingin memiliki usaha sendiri dan mendapat penghasilan tambahan. Toko virtual ini memungkinkan masyarakat umum menjadi mitra untuk menjalankan toko retail dan menjual berbagai produk secara digital. Teknologi pada toko virtual ini mencakup 3D augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) dengan model bisnis B2B2C.

Alfamind merupakan jaringan toko virtual hasil kolaborasi Mindstores dengan Alfamart. Toko virtual ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki toko sendiri dengan modal yang minim. Istimewanya, pelaku usaha bisa berjualan setiap saat dari mana saja tanpa harus direpoti dengan menjalankan operasional toko.

Baca juga: Alfamart Perluas Jangkauan Bisnis dan Layanan Retail di Metaverse

peaku usaha Alfamind

"Kami berharap platform teknologi yang diperkenalkan oleh Mindstores ini, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama ibu rumah tangga, sehingga di tengah kesibukan mengurus keluarga mereka masih dapat berbisnis dengan menjual produk atau layanan melalui saluran digital lintas platform. Teknologi Virtual Reality yang dikembangkan WIR Group mendukung pengguna mendapatkan pengalaman berjualan dan berbelanja yang imersif dan inovatif,” ucap Adian Adhitama Bachtiar, CEO Mindstores.
Pada proyek kolaborasi ini, Mindstores berperan sebagai developer yang menggarap sistem toko virtual.

Baca juga: WIR Group Sebar Ribuan Mesin IoT DAV 2.0 di Berbagai Lokasi

Alfamind secara keseluruhan. Proses perekrutan Store Owner atau pemiliki toko Alfamind, termasuk proses pendaftaran dan persetujuan dipegang sepenuhnya oleh Alfamind. Wewenang Alfamind termasuk dalam hal kurasi produk, kegiatan pemasaran seperti pelatihan, peminaan, promo dan roadshow. Kini sekitar 100.000 pemilik toko virtual telah bergabung dengan Alfamind, dengan hampir 25 ribu produk baru. Dalam sebulan terdapat 7.000 transaksi di lebih dari 400 kota di seluruh Indonesia.

pemilik toko virtual bersama dagangannya

 Berdasarkan data perkembangan pasar e-commerce di Indonesia, terlihat adanya pertumbuhan lebih dari USD20 miliar pendapatan retail baru selama tahun 2022. Pertumbuhan tersebut dipicu oleh 26 juta unit usaha yang sebagian besar berada di sektor UMKM. Nilai transaksi e-commerce ini meningkat sebesar 23% menjadi Rp108,54 triliun jika dibandingkan periode yang sama tahun 2021

Baca juga: WIR Group Gandeng HIPPINDO untuk Perkaya Ekosistem Retail di Metaverse

“Sejauh ini, dengan pengembangan teknologi yang dihadirkannya, Mindstores telah bermitra dengan sejumlah brand seperti Mili, Toko Awadah, dan MEDIV yang merupakan hasil kolaborasi dengan Kimia Farma. Kami berharap, berbagai inovasi dan kolaborasi Mindstores ini dapat menjadi inspirasi dan peluang usaha atau bisnis bagi masyarakat serta mampu menggerakkan berbagai potensi ekonomi guna mewujudkan visi perekonomian digital yang ingin dicapai pemerintah pada tahun 2023,” ucap Gupta Sitorus, Chief Sales & Marketing Officer WIR Group.

Share:

Artikel Terkini