ESB Digital Resto Beri Pengalaman Bisnis Kuliner Gunakan ERP ESB Digital Resto Beri Pengalaman Bisnis Kuliner Gunakan ERP ~ Teknogav.com

ESB Digital Resto Beri Pengalaman Bisnis Kuliner Gunakan ERP

Teknogav.com – PT Esensi Solusi Buana (ESB) resmi meluncurkan ESB Digital Resto pertamanya di Pantai Indah Kapuk, Jakarta pada 19 Oktober 2022. Inovasi ini akan memfasilitasi industri food & beverage (F&B) atau bisnis kuliner dalam menggunakan perangkat lunak ERP untuk menjalankan bisnisnya. Para pelaku bisnis kuliner dapat menjajal langsung solusi-solusi yang ditawarkan ESB untuk mendukung bisnis kuliner berbagai skala.

ESB adalah perusahaan perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) asal Indonesia yang mendukung manajemen restoran terintegrasi. Kehadiran ESB Digital Resto sebagai experience center betujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman secara imersif dan in-depth melalui inovasi produk-produk ESB. Pemilihan lokasi ESB Digital Resto di PIK karena bisnis F&B dari berbagai skala di area ini sangat berkembang pesat.

Baca juga: Qasir Manfaatkan AWS untuk Hadirkan Solusi POS dan Toko Online

Platform teknologi ESB menghadirkan solusi F&B dari hulu ke hilir yang unik dan berbasis cloud. Berbagai produk ESB tersinkronisasi dan bekerja sebagai ekosistem, sehingga memudahkan pelanggan dalam menggunakannya. Solusi-solusi ESB dapat membantu restoran mengurangi biaya, mengelola operasi dan meningkatkan pengiriman online bagi para pemilik bisnis. ESB Digital Resto menyajikan pengalaman menggunakan perangkat lunak ESB POS (Point of Sale) sehingga memungkinkna pelaku bisnis mendapatkan gambaran. Solusi-solusi ESB memungkinkan pelaku bisnis kuliner untuk menentukan operasi bisnis lebih efisien, mulai dari UMKM sampai menengah ke atas. 

Goenawan Woen, Chief Executive Officer ESB

“Misi ESB adalah membantu bisnis F&B meningkatkan profitabilitas mereka menggunakan teknologi untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan efisiensi operasional. Kami terus melakukan strategi digitalisasi untuk mendorong pertumbuhan bisnis dengan meningkatkan customer experience seperti di Digital Resto ini. Selama ini masalah yang sering dihadapi para pelaku industri bisnis F&B ada 3. Pertama adalah food cost, jadi kalau misalnya kita bisa atur inventori kita, pemakaiannya harus kita jaga. Kedua adalah employee cost, kita bisa efisiensikan jumlah employee dengan banyaknya toko. Ketiga adalah, location cost, dengan pembayaran sewa tiap bulan, kita masih bisa manfaatkan apa yang dibayarkan secara maksimal. Jika fokus pada ketiga hal itu saja, maka profit bisa naik 2- 3 kali lipat,” ucap Goenawan Woen, Chief Executive Officer ESB.

Selain memberikan pengalaman touch and feel, ESB Digital Resto juga menampilkan proses dan teknologi ESB melalui tablet secara runut. Proses tersebut mulai dari pemesanan, integrasi dengan jumlah stok, order masuk dapus, sampai berakhir di kasir untuk transaksi pembayaran. Aplikasi ini bahkan dapat melibatkan pihak ketiga untuk pasokan harga, pengiriman makanan dan pembayaran.

Baca juga: ShopeePay Gandeng Xendit untuk Jangkau Lebih Banyak Merchant   

Solusi yang disediakan ESB juga dapat mencegah fraud, karena bisa memantau bahan makanan yang dipasok dan jumlah penjualan. Jika terjadi selisih maka dapat langsung terdeteksi, sehingga pelaku bisnis kuliner bisa terhindar dari kecurangan karyawan. ESB juga menawarkan kustomisasi pada solusi yang tersedia, misalnya menambah data kedaluwarsa bahan makanan agar termasuk dalam pemantauan stok.

“ESB Digital Resto juga bertujuan untuk menginspirasi setiap pengusaha untuk mendapatkan kemudahan dalam menjalankan bisnisnya dan memaksimalkan keuntungan melalui produk kami yang customized sesuai kebutuhan para pelaku usaha, khususnya untuk operasi bisnis makanan dan minuman, termasuk restoran, cloud kitchen, warung makan, dan hotel.” ucap Eka Prasetya, Chief Operational Officer ESB.

Eka Prasetya, Chief Operational Officer ESB memperagakan kerja ESB Kitchen

Baca juga: Pojok Usaha Dukung Digitalisasi UMKM dengan Teknologi AWS dan Midtrans 

Penerapan fitur-fitur ESB POS terbukti meningkatkan omzet pelaku bisnis F&B karena terintegrasi dengan berbagai perangkat lunak lain. Varian-varian perangkat lunak ESB mencakup ESB Kitchen, ESB Resto, ESB Kiosk, ESB Loop, ESB Core, dan ESB Goods. ESB Kitchen menawarkan Kitchen Display System (KDS) yang memudahkan proses pengaturan, pembuatan pesanan dan membantu memantau pesanan pelanggan. Sistem ESB Kitchen ini membuat operasinal pada dapur restoran lebih efisien.

ESB Kiosk merupakan perangkat lunak interaktif yang dioperasikan melalui monitor untuk memudahkan transaksi dari hulu ke hilir bagi pelanggan restoran. Solusi ini mulai dari pemenasanan menu mandiri sampai pembayaran digital. Sementara itu, fungsi ESB Loop adalah untuk menyediakan sistem loyalti bagi pelanggan restoran. ESB Goods adalah marketplace B2B untuk pengadaan bahan baku restoran secara transparan dan efisien yang bisa diakses di berbagai perangkat. Solusi ini juga terintegrasi dengan ESB Core untuk memudahkan proses pemantauan stok dan pemesanan bahan baku.

Selain itu juga tersedia ESB POS Lite, yaitu aplikasi pintar untuk memudahkan operasional UMKM. Solusi ini dilengkapi dengan laporan penjualan rinci dan bisa dioperasikan pada tablet dan smartphone secara online maupun offline

ESB juga menawarkan perangkat lunak pendukung, yaitu ESB Order yang membantu pelaku usaha memudahkan pelanggan memesan menu tanpa menginstal aplikasi. Perangkat lunak tersebut menyediakan pilihan mode dine-in atau makan di tempat, mode pick-up atau pengambilan dan mode delivery atau pengantaran. Informasi lebih lanjut mengenai ESB Digital Resto dapat dilihat pada situs resmi ESB atau melalui akun LinkedIn ESB.

Sampai saat ini, sudah ada sekitar 8.000 merchant yang telah menggunakan solusi dari ESB. Berbagai solusi ESB telah terbukti berhasil meningkatkan efisiensi biaya operasional mereka sebesar 30%. Pelanggan pun dapat meningkatkan pendapatan mereka sampai dua kali lipas. Selain itu solusi ESB juga terbukti dapat membantu menambah jumlah pesanan yang datang sampai 13,5%.

Share:

Artikel Terkini