JAGAT Sajikan Dunia Virtual yang Terhubung dengan IKN JAGAT Sajikan Dunia Virtual yang Terhubung dengan IKN ~ Teknogav.com

JAGAT Sajikan Dunia Virtual yang Terhubung dengan IKN


Teknogav.com – Bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemudah, PT Avatara Jagat Nusantara resmi menyajikan dunia virtual Jagat.io. Setelah melalui pengujian awal sejak Agustus 2022, dunia virtual ini dapat diakses oleh umum melalui play.jagat.io dan aplikasi smartphone. Platform dunia virtual Jagat.io ini terhubung langsung dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sebenarnya.

Peluncuran Jagat.io ini dihadiri juga oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Selain itu turut hadir pula jajaran menteri, mitra bisnis dan komunitas dalam Jagat dan di Ballroom Djakarta Thater, Jakarta Pusat.

“Hadirnya Nusantara ke dalam Metaverse dapat memupuk rasa kepemilikan serta kebangsaan terhadap Nusantara. Terlebih anak-anak muda dari Sabang sampai Merauke dapat berpartisipasi aktif untuk membentuk kota masa depan Indonesia sesuai aspirasi secara virtual,” ucap Jokowi.

Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia dalam acara peluncuran Jagat.io

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

Jagat memiliki komitmen untuk menghadirkan ekosistem teknologi yang terbuka dan inklusif bagi semua komunitas di Indonesia. Ekosistem tersebut adalah yang mudah digunakan berbagai kalangan dan perangkat teknologi. Jagat dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan rapat, pertemuan, nonton bareng, konser virtual, pertunjukan, pameran karya digital dan interaksi lain secara imersif. Hal tersebut dapat dilakukan baik melalui aplikasi maupun web.

Pengembangan Jagat akan dilakukan secara bertahap dengan mengumpulkan berbagai masukan dan mengalisis perilaku in-app pengguna. Upaya tersebut dilakukan agar dapat menghasilkan lebih banyak inovasi sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain terhubung langsung dengan IKN, para kreator dan startup dapat hadir juga di dunia virtual Jagat.

“Di Jagat, semua orang bebas mengekspresikan diri. Kehadiran avatar, memungkinkan masyarakat mewujudkan kepribadian yang sesuai dengan aspirasi mereka, ataupun persona suka-suka. Fitur-fitur yang tersedia di Jagat terinspirasi dari interaksi sehari-hari. Pengguna dapat bercakap-cakap dengan menyalakan mikrofon atau melakukan tatap muka langsung secara online. Kendati hadir sebagai Avatar, pengguna dapat berinteraksi dengan menyalakan mikrofon atau melalui kamera,” ucap Barry Beagen, Co-Founder dan CEO Jagat.

Baca juga: Huawei Proaktif Dukung Percepatan Pengembangan Smart City di Indonesia

Jagat menyajikan pengalaman autentik untuk memanfaatkan peluang globalisasi dengan interaksi sosial yang memungkinkan generasi muda di seluruh dunia makin dekat. Interaksi sosial dari perasaan senang saat berkumpul bersama teman dan kebersamaan menjadi prioritas Jagat, karena sosialisasi tak lepas dari hiburan. 

“Kami melihat Nusantara sebagai aspirasi masa depan bangsa Indonesia, sama seperti Jagat yang membangun user-generated city. Jagat ingin menjadi sarana kreativitas masyarakat untuk menuangkan ekspresi serta harapan mereka untuk masa depan,” lanjut Barry. 

Peta pengembangan yang disiapkan Jagat tak sebatas IKN, tetapi juga brand dan kreator lokal untuk berkreasi dan berkegiatan secara nyata. Menurut Barry, Jagat akan menjadi media sosial generasi mendatang bagi kaum muda. Jagat adalah platform berekspresi baru bagi semua orang, termasuk kreator, komunitas dan brand.

Niken Sasmaya, Chief Business Officer Noice dan Barry Beagen, Co-Founder dan CEO JAGAT

Baca juga: SALT Dukung Industri Retail Garap Metaverse

Berbagai mitra Jagat yang sudah terjun ke dunia virtual Jagat hadir pada peluncuran ini dengan konsep unik masing-masing. Para mitra tersebut adalah Noice, Sociolla, Bumilangit, Hepmil Media Group, ROH Project, Indozone, Jakarta Intercultural School, Pijar Foundation, dan Play3.  Noice merupakan platform audio Indonesia yang hadir di dunia metaverse untuk memajukan industri kreatif Indonesia.

“Kami ingin mengajak dan memfasilitasi kreator kami untuk bisa berinteraksi langsung dengan penggemar setianya dengan wadah Noice Space di metaverse. Wadah ini akan memberi pengalaman virtual yang spesial melalui avatar mereka di Jagat. Jangan lupa mengunjungi Noice Space di Jagat ya!” ucap Niken Sasmaya, Chief Business Officer (CBO), Noice.

Share:

Artikel Terkini