Review Headphones Adidas RPT-02 SOL, Minimalis Ramah Lingkungan Review Headphones Adidas RPT-02 SOL, Minimalis Ramah Lingkungan ~ Teknogav.com

Review Headphones Adidas RPT-02 SOL, Minimalis Ramah Lingkungan


Teknogav.com – Adidas merupakan jenama asal Jerman yang identik dengan pakaian dan perlengkapan olahraga. Namun, ternyata Adidas juga telah meluncurkan berbagai seri headphones, tentu saja headphones yang cocok untuk berolahraga. Ada begitu banyak pilihan headphone sport Adidas, dan tim Teknogav.comberkesempatan mereview salah satu produk terkininya, yaitu Adidas RPT-02 SO. Ini adalah headphones terkini Adidas yang diboyong Erajaya ke Indonesia. Keistimewaan dari headphone ini tentu saja, ramah lingkungan!

Baterai pada Adidas RPT-02 SOL ini dapat diisi daya menggunakan paparan sinar matahari, sehingga tidak perlu keluar biaya listrik. Ini berkat penggunaan sel Exeger Powerfoyle pada headphone yang dapat mengonversi sinar alami dan sinar buatan menjadi daya listrik baterai. Posisi terbaik untuk mengisi daya baterai dengan sinar matahari pun bisa dikendalikan dengan jog kontrol. Cukup atur posisi dan perhatikan indikator cahaya yang inovatif mengenai proses pengisian daya.

Daya tersebut pun awet, sanggup untuk memutar musik sampai 80 jam ketika baterai dalam kondisi penuh dan cuaca gelap. Jadi tetap bisa terus berolahraga sambil mendengarkan musik. Namun jangan khawatir, karena headphone ini tak hanya mengandalkan teknologi pengisian daya dengan tenaga matahari. Adidas tetap menyediakan port USB tipe-C untuk mendukung pengisian daya menggunakan kabel.

Baca juga: Erajaya Hadirkan Headphone Tenaga Surya, Adidas RPT-02 SOL

Desain Adidas RPT-02

Tak hanya ramah lingungan dalam pengisian daya, Adidas RPT-02 SOL pun dibuat menggunakan plastik daur ulang. Persentase plastik pada produk ini mencapai 51%.  Sebesar 87% dari jumlah tersebut merupakan plastik PC-ABS hasil daur ulang dan nilon daur ulang. Namun, persentase tersebut tidak termasuk plastik dalam komponen-komponen elektronik. Headphone ini menyandang peringkat IPX4 yang menjamin tahan air, sehingga tahan terhadap percikan air dan keringat.

Desain headphone ini begitu minimalis, bagian-bagian dari headphone ini bisa dipreteli dan dicuci, termasuk headband bagian dalam dan bantalan telinga. Posisi bantalan telinga pun bisa diatur panjangnya dalam menjangkau telinga agar lebih nyaman dikenakan. Isi kotak kemasan kemasan Adidas RPT-02 SOL pun minimalis. Ketika kemasan dibuka, di dalamnya hanya terdapat unit headphones dan buku panduan. Adidas tidak menyertakan charger dan kabelnya untuk pengisian daya.

tombol jog kontrol di bagian kanan dan lampu indikator di bawahnya

Pada bagian kanan headphone terdapat indikator LED yang menunjukkan status headphones. Berikut ini adalah keterangan dari masing-masing perilaku lampu:

  • Biru berkedip artinya mode pairing Bluetooth, headphones telah siap untuk dipairing
  • Putih berkedip artinya perangkat menyala, terkoneksi dengan perangkat Bluetooth dan audio sedang dijeda
  • Merah ke Kuning ke Hijau artinya terhubung dengan sumber daya dan baterai masih mengisi. Jika merah, maka baterai 0%, sedangkan hijau menunjukkan baterai 100% penuh
  • Merah: artinya mematikan headphone dan memutuskan diri dari menerima perangkat Bluetooth.

indikator intensitas paparan matahari di sisi dalam bagian kiri headphone

Sementara itu di bagian kiri terdapat tombol yang saat ditekan sekali akan menampilkan intensitas sinar pengisian daya menggunakan teknologi Powerfoyle. Berikut ini adalah informasi tampilan lampu tersebut:

  • Tidak menyala: gelap
  • lingkaran paling dalam yang menyala: paparan sinar lampu
  • lingkaran paling dalam dan kedua yang menyala: sinar dalam kondisi berawan
  • seluruh lingkaran menyala: sinar matahari cerah

tampilan aplikasi adidas Headphones

Informasi pengisian daya lebih dan penggunaan daya bisa dilihat lebih jelas menggunakan aplikasi adidas Headphones besutan Zound Industries International AB. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal di smartphone dari Google Play Store dan App Store. Pada aplikasi ini juga bisa mengatur ekualiser, baik kustom maupun profil audio yang sudah tersedia. Beberapa profil yang sudah tersedia adalah Adidas, Rock, Pop, Hip Hop, Electronic, dan Vocal Boost.

tombol pintasan di bagian kiri headphone Adidas RPT-02 SOL

Tombol di sisi kiri ini juga bisa dikustomisasi untuk melakukan instruksi khusus untuk penekanan ganda atau tiga kali. Pilihan yang tersedia adalah untuk mengendalikan Spotify, Adidas Running dan mengaktifkan Voice Assistant. Misalnya memilih Adidas Running saat menekan tombol dua kali, tindakan bisa dipilih untuk memulai/menghentikan lari atau untuk menjeda/meneruskan lari. Sementara itu jika penekanan tombol tiga kali untuk mengaktifkan Spotify, maka bisa digunakan untuk langsung memutar playlist atau album. Aplikasi Adidas Headphones ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengkinian firmware pada headphone.

Baca juga: Review HyperX Cloud Core Wireless, Headset Gaming Nirkabel yang Simpel

Konektivitas dan Pengendalian

Sebagai headphone wireless, koneksi Adidas RPT-02 SOL mengandalkan teknologi nirkabel Bluetooth. Sayangnya koneksi Bluetooth headphone ini dengan perangkat sumber suara agak rumit di awal, tetapi setelahnya mudah dan lancar. Pengendali pada headphone ini mengandalkan tombol daya dan jog pengendali. 

Pairing antara Adidas RPT-02 SOL dengan perangkat sumber suara dimulai pada kondisi headphone mati. Tekan jog kontrol selama empat detik sampai LED berkedip warna biru. Saat pairing dengan laptop, koneksi berjalan dengan muda, sementara pada beberapa smartphone ada yang cukup sulit. Pada perangkat sumber suara, buka menu pilihan Bluetooth, lalu pilih Adidas RPT-02, maka perangkat pun akan saling terhubung.  Jangkauan Bluetooth headphone cukup lumayan, sampai 10 meter, suara tetap terdengar jelas ketika berada di ruangan yang beda 1 lantai. Praktis kan, tidak perlu pasang dongle khusus untuk bisa terhubung ke headphone secara wireless, cukup gunakan Bluetooth!

Cara mematikan headphone ini dengan menekan tombol jog selama dua detik sampai lampu indikator mati.Tombol jog juga dapat digunakan untuk memutar lagu berikutnya atau sebelumnya dengan mengarahkan ke kiri atau kanan. Sementara untuk meningkatkan volume suara, arahkan ke atas, dan menurunkan volume dengan mengarahkan ke bawah.

Kualitas Suara

Headphone Adidas RPT-02 SOL ini memberikan suara yang jernih dan bass yang empuk. Ketika bantalan telinga ditempatkan tepat di telinga, suara terdengar begitu jelas dan tidak dapat mendengar suara dari luar sama sekali. Bass yang dihasilkan begitu bertenaga sehingga dapat menghasilkan suara penuh power dan jernih. Kemampuan ini cocok mendampingi kegiatan olahraga berat sehingga menjadi nyaman dan menyenangkan.

Baca juga: Review Headphone 1MORE Stylish BT Pro, Nyaman Dikenakan, Baterai Awet

Harga 

Adidas RPT-02 SOL dibanderol dengan harga Rp3 jutaan. Pembelian dapat dilakukan di seluruh gerai Urban Republic, Eraspace.com, dan Urban Republic Official Store di Blibli, Tokopedia dan Shopee. Klik marketplace favorit berikut ini untuk melakukan pembelian.

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Adidas headphone RPT-02 SOL di Blibli

Klik untuk membeli Adidas headphone RPT-02 SOL di Tokopedia

Klik untuk membeli Adidas headphone RPT-02 SOL di Shopee

Spesifikasi

Driver:     Dynamic, 40 mm
Form factor:     Over ear
Tanggapan frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
Impedansi:     32 Ω+/-15%
Sensitivitas:     105±3 dB @ 1 kHz 179 mV 10 mm
Bobot:     256 gram
Warna: Night grey/Solar yellow
Peringkat tahan air: IPX4

Baterai

Masa pakai baterai:80 jam tanpa tambahan cahaya, jika terkena paparan sinar matahari maka tak terbatas
Waktu pengisian daya: 2 jam
Tidak mendukung pengisian daya cepat

Pengendali dan Konektivitas

Koneksi nirkabel:     Bluetooth 5.2
Rentang koneksi nirkabel:     Sampai 10 meter
Port: USB tipe-C
Pengendali: kenop 5 arah: nyala/mati, putar/jeda, trek berikutnya/trek sebelumnya, pairing dengan perangkat
Mikrofon: ada (bisa untuk melakukan panggilan telepon)
Layanan pengendali suara: asisten suara bawaan
Aplikasi: adidas headphones

Isi kotak: unit headphone RPT-02 SOL, panduan cepat penggunaan, legal dan keamanan

Share:

Artikel Terkini