Peningkatan Portofolio VMware Telco Cloud Siap Modernisasi Jaringan Penyedia Jasa Telekomunikasi Peningkatan Portofolio VMware Telco Cloud Siap Modernisasi Jaringan Penyedia Jasa Telekomunikasi ~ Teknogav.com

Peningkatan Portofolio VMware Telco Cloud Siap Modernisasi Jaringan Penyedia Jasa Telekomunikasi


Teknogav.com – VMware meluncurkan sejumlah inovasi produk terkini pada ajang Mobile World Congress Las Vegas 2022. Selain itu diumumkan juga kemitraan-kemitraan baru yang akan mendukung penyedia jasa telekomunikasi memoderisasi jaringannya dengan hemat biaya dan energi. Dukungan tersebut juga untuk penyelenggaraan 5G core, RAN, edge sampai pengelolaan lifecycle.

Saat ini banyak penyedia jasa telekomunikasi yang mempercepat penyelenggaraan 5G dan Open RAN mereka. Upaya tersebut merupakan bentuk kesiapan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan enterprise, seiring meningkatnya kebutuhan jaringan berkecepatan tinggi dan latensi rendah. Kebutuhan tersebut untuk mewujudkan transformasi digital. Sayangnya hal ini tak mudah dilakukan karena kompleksitas dalam operasional dan pengelolaan lifecycle jaringan. Selain itu juga ada kendala yang berkaitan dengan interoperabilitas vendor dan kualitas layanan jaringan.

Baca juga: VMware 5G Telco Cloud Platform Siap Fasilitasi Aplikasi-Aplikasi Teknologi Canggih

“Bagi penyedia jasa telekomunikasi, ini adalah saat yang istimewa terkait dengan posisi mereka di rantai nilai yang dihadirkan teknologi edge. Mereka bisa berperan sebagai prinsipal sekaligus bisa menyusun langkah menuju terwujudnya transformasi di edge secara hemat biaya dan energi. Penyedia jasa telekomunikasi juga perlu segera melakukan modernisasi jaringan dan menggelar layanan agar dapat memonetisasi investasi mereka dengan cepat,” ucap Sanjay Uppal, senior vice president and general manager, Service Provider and Edge, VMware. 

VMware menawarkan pendekatan multi-cloud yang fleksibel dan konsisten. Solusi tersebut dapat mengatasi tantangan yang dihadapi oleh para pelanggan penyedia jasa telekomunikasi.

Dukungan Lebih dari 275 VNF dan CNF pada Ekosistem Platform VMware Telco Cloud

Kini ekosistem platform VMware Telco Cloud makin luas.VMware Telco Cloud Platform 2.5 dan VMware Telco Cloud Automation 2.1 mendukung provider dalam mempercepat siklus inovasi layanan jaringan canggih. Solusi tersebut menyederhanakan kompleksitas operasional dalam proses onboarding bagi VNF dan CNF, proses pemasangan sampai pengelolaan lifecycle. Ini merupakan kunci untuk menurunkan biaya TCO secara substansial.

Kini VMware Telco Cloud terkini memiliki sejumlah kapabilitas baru, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan control plane dan worker node pools yang terpisah untuk pengelolaan kegagalan klaster
  • Melindungi dan mengamankan jaringan 5G dari serangan keamanan canggih dengan sistem deteksi dan pencegahan intrusi atau intrusion detection and prevention systems (IDPS) untuk lalu lintas jaringan east-west
  • Mempercepat penerapan layanan jaringan dengan ekosistem mitra yang berkembang lebih dari 275 virtualized network functions (VNF) dan containerized network functions (CNF) seperti Mavenir Converged Packet Core.

“Keberhasilan penyelenggaraan 5G bergantung pada kemampuan dalam melakukan disagregasi jaringan dan menghadirkan layanan-layanan baru dengan cepat dan skala lebih luas. Berkat Mavenir 5G Converged Packet Core yang tesertifikasikan melalui program ‘VMware Ready for Telco Cloud,’ kami bisa melakukan validasi kelaikan atas paket CSAR dengan cepat, termasuk kemudahan dalam mengambil langkah-langkah selama proses onboarding dan dalam melakukan pengelolaan lifecycle pada fungsi-fungsi jaringan,” ucap Ashok Khuntia, Mavenir’s President, Core Networks. 

Harapannya VMware dan Mavenir dapat mendukung penyedia jasa telekomunikasi melakukan proses onboarding dengan cepat. Para penyedia jasa telekomunikasi tersebut pun bisa menyediakan fungsi-fungsi jaringan dengan cepat, sehingga lebih hemat biaya dan waktu. Mereka pun bisa menyediakan kemudahan-kemudahan dalam proses integrasi.

Baca juga: VMware Dukung Operator Telekomunikasi Cepat Migrasi ke Multi-Cloud

Kini VMware Telco Cloud Automation 2.1 makin luas dengan kapabilitas yang mencakup operasi multi-cloud dan automasi. Solusi ini juga menyediakan dukungan terkini untuk AWS dan Amazon Elastic Kubernets Service (EKS). Segala kemampuan ini diharapkan dapat mendukung penyedia jasa telekomunikasi untuk melakukan provisi CNF secara langsung pada Amazon EKS secara native.

“Dalam rangka membangun hyper-distributed cloud pertama di dunia, hingga kini, DISH Wireless sudah menggelar ribuan edge nodes. Jumlah ini pun akan terus bertambah dengan cepat. Jaringan 5G dan Open RAN kami menjadi aplikasi pertama yang digelar dan didukung VMware Telco Cloud Automation,” ucap Marc Rouanne, EVP and Chief Network Officer, DISH Wireless. 

Proses penyelenggaraan dan pengelolaan infrastruktur dan aplikasi secara fisik dan virtual dalam jumlah tertentu dapat diautomasii DISH dengan dukungan VMware Telco Cloud Automation. VMware memungkinkan DISH untuk menyediakan platform baru bagi para pengembang agar dapat mengoptimalkan cloud ke perangkat akhir. VMware juga dapat menjembatani setiap hyper-scale cloud yang dikembangkan DISH.

Perluasan Kapablitas Baru pada Operasi Loop Tertutup pada Jaringan Mobile Berskala Besar

VMware Telco Cloud Service Assurance 2.0 terkini mendukung use cases yang menjamin layanan mobile menyeluruh. Contoh layanan tersebut mencakup 4G dan 5 G mobile cores, CaaS, network slicing sampai RAN.

Cakupan kerja sama dengan DISH Wireless diperluas VMware untuk memudahkan proses pengujian dari proof of concept (PoC) perangkat lunak ini. DISH Wireless menguji perangkat lunak VMware untuk memantau infrastruktur cloud terdistribusi miliknya. Selain itu dilakukan juga pengambilan metrikulasi dan log untuk dimanfaatkan sebagai actionable insights. Proses provisi dan manajemen terautomasi pun difasilitasi dalam loop tertutup.

Baca juga: VMware dan Samsung Bekolaborasi Dukung Operator Telekomunikasi Sediakan Layanan 5G

“Bagi DISH Wireless, data merupakan produk yang paling bernilai tinggi yang dihasilkan oleh cloud nirkabel milik kami. Kami saat ini sedang menguji coba penggunaan VMware Telco Cloud Service Assurance. Pengujian ini untuk meningkatkan kemampuan kami menjaring data dari edge, mengantisipasi munculnya kendala-kendala, menjaga tingkat keandalan sistem tetap tinggi, serta mampu memetik nilai yang luar biasa bagi komunitas pengembang enterprise kami,” ucap Brian Mengwasser, Vice President of MarketPlace & Apps Design, DISH Wireless.   

Dukungan Penyelenggaraan Infrastruktur RAN Disagregasi

VMware Telco Cloud Platform RAN™ 2.0 mempercepat sekaligus menghadirkan proses penggelaran yang simpel di seluruh lingkungan RAN yang terdistribusi. Penyelenggaraan tersebut dapat dilakukan dengan cepat, hemat biaya dan energi. Solusi terbaru ini tampil dengan kinerja, tingkat operatibilitas, dan skalabilitas yang lebih tinggi, sehingga dapat mempercepat proses pengadopsian dan time-to-launch.

  • Kehadiran VMware Bare Metal Automation mendukung penyedia jasa telekomunikasi dalam melakukan provisi nirsentuh dan pengelolaan lifecycle, dari provisi bare metal ke infrastruktur telco cloud serta pada fungsi-fungsi jaringan.
  • Peningkatan-peningkatan pada VMware ESXi menyajikan kinerja performa latensi yang setara pada bare metal, namun dengan tingkat fleksibilitas, agilitas, dan keamanan yang tinggi seperti melekat pada jenis platform virtualisasi.

Demikianlah berbagai peningkatan pada portofolio Telco Cloud milik VMware yang diumumkan pada ajang Mobile World Congress Las Vegas 2022.

Share:

Artikel Terkini