TikTok dan Kemendikbudristek Berkolaborasi Gelar Kampanye SerunyaBelajar Terkini TikTok dan Kemendikbudristek Berkolaborasi Gelar Kampanye SerunyaBelajar Terkini ~ Teknogav.com

TikTok dan Kemendikbudristek Berkolaborasi Gelar Kampanye SerunyaBelajar Terkini



Teknogav.com – TikTok kembali meluncurkan kampanye edukasi #SerunyaBelajar edisi terbaru bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kolaborasi antara TikTok dan Kemendukbudristek ini dikukuhkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman. Kampanye tersebut mengusung semangat Sumpah Pemuda yang kental dengan persatuan untuk melakukan perubahan positif. Harapannya kampanye ini akan memperkuat semangat belajar mengenai berbagai topik dari mana pun.

Kampanye #SerunyaBelajar ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seru dan bermanfaat, termasuk pelatihan bootcamp untuk mengembangkan kecakapan. Upaya ini dilakukan untuk membuat belajar menjadi lebih menyenangkan. Kegiatan ini pun diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu, khususnya kaum muda dan komunitas TikTok.

Kolaborasi dengan Kemendikbudristek merupakan aksi nyata TikTok dalam mewujudkan proses belajar yang seru. Kampanye ini ini diharapkan dapat menginspirasi komunitas TikTok dalam meningkatkan transformasi pendidikan di Indonesia, khususnya di sektor digital. Hal ini sejalan dengan salah satu visi Pendidikan Indonesia tahun 2035, yaitu membangun rakyat Indonesia untuk menjadi pembelajar seumur hidup.

Baca juga: Kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok” Ajak Pengguna Ciptakan Konten Edukasi

Anang Ristanto. Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal Kemendikbud Ristek menyampaikan harapan dari program #SerunyaBelajar tersebut. Beliau menyampaikan bahwa Kemendikbudristek berharap kampanye ini dapat menjadi wadah bagi egenerasi muda untuk menggali potensi diri. Potensi tersebut tak hanya di bidang akademis, tetapi juga kemampuan literasi digital yang baik.

Anang Ristanto. Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal Kemendikbud Ristek RI

"Generasi muda membutuhkan wadah melalui sistem pembelajaran yang dapat mendukung potensi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis. Program Merdeka Belajar dapat mendukung semua transformasi di sektor pendidikan yang didukung dengan pemanfaatan teknologi digital. Semoga kampanye #SerunyaBelajar dapat menjadikan generasi muda sebagai agen perubahan dan penggerak ekonomi kreatif dalam kegiatan bootcamp,” ucap Anang.

Kategori konten edukasi dengan tagar #SerunyaBelajar di TikTok terus bertambah dan berhasil meraih lebih dari 13 miliar views. Pencapaian ini menunjukkan adanya semangat belajar yang terus tumbuh di antara komunitas TikTok.

Baca juga: Kemdikbudristek dan TikTok Berkolaborasi Gelar Kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar

Faris Mufid, Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia

"Di TikTok, kami melihat bahwa belajar merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara menyenangkan. Belajar tersebut mulai hal-hal akademik maupun non-akademik, sehingga generasi muda dapat terus menjadi agen perubahan dan penggerak sektor kreatif Indonesia. Di kampanye #SerunyaBelajar kali ini, kami pun fokus untuk mengajak komunitas untuk mendukung hal tersebut. Ajakan ini khususnya bagi generasi muda, untuk terus berkembang bersama," ucap Faris Mufid, Public Policy & Government Relations, TikTok Indonesia.

Serangkaian kegiatan seru akan digelar di kampanye #SerunyaBelajar untuk mendukung dan memberdayakan komunitas dalam berkarya kreatif dan positif. Berikut ini adalah beberapa kegiatan tersebut:

  • Kompetisi #SerunyaBelajar yang merupakakn tantangan tagar untuk berbagi konten edukasi bagi pengguna TikTok berusia minimal 18 tahun. Konten tersebut termasuk edukasi terkait game, kecantikan dan fesyen, makanan, olahraga dan lain-lain.
  • Bootcamp #SerunyaBelajar berupa pelatihan intensif untuk 100 kreator terbaik pemenang kompetisi #SerunyaBelajar yang dibawakan sejumlah profesional. Pelatihan ini akan digelar pada 19 November 2022. Harapannya pelatihan tersebut dapat membantu para kreator memaksimalkan platform digital untuk memberikan konten edukasi  yang kreatif dan bermanfaat bagi Indonesia.
  • TikTok LIVE yang menayangkan sesi diskusi bersama para pakar, acara memasak, hingga diskusi terkait fesyen dan kecantikan dari kreator TikTok.
  • Festival #SerunyaBelajar dengan berbagai kegiatan seru yang akan diselenggarakan secara offline pada 19 November 2022 untuk umum. Kegiatan tersebut mencakup eksperimen sains dan DIY, sesi sharing dan diskusi bersama top kreator TikTok, hingga pertunjukan musik berbagai musisi.

TikTok juga mengajak Mikha Tambayong, platform Sekolah.mu dan kreator Putih Abu-abu untuk meluncurkan lagu berjudul ‘Serunya Belajar’. Lagu tersebut merupakan jingle resmi kampanye #SerunyaBelajar yang diharapkan dapat menyebarkan semangat belajar para kaum muda dan semangat Sumpah Pemuda.

Baca juga:  Bangkitkan Semangat Membaca, TikTok dan Gramedia Kembali Gelar Kampanye #SerunyaMembaca

Mikha Tambayong, penyanyi, pemeran, penggiat edukasi, dan duta dari kampanye #SerunyaBelajar

Mikha Tambayong merupakan penyanyi, pemeran, penggiat edukasi, dan duta dari kampanye #SerunyaBelajar. Transformasi digital saat ini disadarinya telah membantu untuk belajar dan memperluas cakrawalanya sebagai generasi muda. 

"Selaras dengan momentum Sumpah Pemuda, kita sebagai generasi muda dapat membawa perubahan positif. Misalnya dengan meningkatkan pendidikan dan literasi digital, serta mendorong semua orang untuk selalu belajar karena belajar tidak selalu harus terkait dengan bidang akademik, tetapi kita dapat belajar dari apa saja dan di mana saja, termasuk di TikTok. Oleh karena itu, hadirnya kampanye #SerunyaBelajar ini saya harap dapat menjadikan generasi penerus bangsa Indonesia lebih berkualitas dan berdaya saing dalam menghadapi globalisasi, ucap Mikha.

Sementara itu, Sekolah.mu merupakan platform yang didirikan praktisi pendidikan Najeela Shihab. Kolaborasi antara TikTok dengan Sekolah.mu untuk berinovasi melalui transformasi digital ini pun disambut baik oleh Sekolah.mu. Hal ini disampaikan oleh Radinka Qiera, Chief Operating Officer, Sekolah.mu. Menurutnya, teknologi telah menjadi alat bantu untuk mempercepat pendidikan di Indonesia sejak pandemi COVID-19 melanda.

Radinka Qiera, Chief Operating Officer, Sekolah.mu

"Sekolah.mu menyambut baik kolaborasi bersama TikTok untuk berinovasi melalui transformasi digital melalui pembelajaran yang seru dengan cara yang kreatif. Melalui kampanye #SerunyaBelajar, kami berharap bisa mendorong semangat anak muda untuk membawa perubahan ke arah digital di bidang pendidikan bersifat jangka panjang,” ucap Radinka.

Share:

Artikel Terkini