Kemendikbud Ristek dan TikTok Berkolaborasi Gelar Kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar Kemendikbud Ristek dan TikTok Berkolaborasi Gelar Kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar ~ Teknogav.com

Kemendikbud Ristek dan TikTok Berkolaborasi Gelar Kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar


Teknogav.com - Tiktok meluncurkan program #SamaSamaBelajar sejak Mei 2020. Program tersebut pun disambut positif oleh masyarakat, sehingga TikTok pun kembali menggiatkan program #SamaSamaBelajar 2021. Fokus progam ini adalah menyajikan konten edukasi di platform digital. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia pun turut mendukung program tersebut. Sejak tahun 2020, Kemendikbud Ristek pun telah mengusung program Merdeka  Belajar.

"TikTok terus berkomitmen untuk menjadi platform di mana siapa pun dapat bersenang-senang dan menciptakan konten yang menghibur, positif dan bermanfaat. Setahun terakhir, kami telah melihat bagaimana berbagi pengetahuan sederhana di TikTok ternyata dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. Kegiatan tersebut dapat menjadi inspirasi, menciptakan peluang karir hingga membuka berbagai kesempatan baru. Kami senang program #SamaSamaBelajar dapat membuktikan bahwa siapa pun berkesempatan sama untuk belajar dan menginspirasi orang lain," ucap Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia.

Baca juga: TikTok Buka Peluang Bisnis dan Dukung Pengembangan Karir Para Kreator

Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia

Tujuan program #SamaSamaBelajar adalah untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama bagi semua orang untuk belajar dan berbagi inspirasi. Akses dan sarana berbagi tersebut disediakan melalui konten edukasi di TikTok. Saat ini teknologi dan platform digital menjadi inovasi dan solusi untuk mendukung kesuksesan kegiatan belajar mengajar jarak jauh. 

Baca juga: Sambut Hari Guru Nasional, TikTok Gandeng IGI Dukung Pendidikan Indonesia

Sejak pemberlakuan kebijakan pembelajaran jarak jauh demi mencegah penularan COVID-19, pemanfaatan internet dan platform digital untuk edukasi memang makin meningkat. Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 menunjukkan peningkatan pemakaian internet untuk kegiatan belajar tingkat SMA dan perguruan tinggi.  Peningkatan tersebut hampir 100% dibandingkan tahun 2016.

Berdasarkan data tersebut, pemerintah melalui Kemendikbud Ristek pun fokus meningkatkan teknololgi dan infrastruktur untuk mendukung program Merdeka Belajar. Program tersebut menyajikan kemerdekaan bagi setiap unit untuk melakukan inovasi. Seiring pemberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan metode hybrid learning, pengembangan teknologi ini pun makin signifikan.

Rachmadi Widdiharto, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

"Peran berbagai elemen masyarakat dibutuhkan untuk memanfaatkan teknologi yang ada, termasuk oleh peserta didik dan tenaga pengajar. Inovasi pun dapat memberikan kesempatan yang lebih luas dan mudah bagi siapa pun untuk belajar. Hal ini seperti yang digaungkan oleh program Merdeka Belajar," ucap Rachmadi Widdiharto, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kegiatan Program #SamaSamaBelajar 2021

Fokus program #SamaSamaBelajar tahun 2021 adalah membuka akses bagi semua orang untuk belajar dan berbagi inspirasi. Serangkaian kegiatan pun disiapkan TikTok sepanjang tahun ini, yaitu:

  • Kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar yang merupakan hasil kolaborasi TikTok dan Kemendikbud Ristek. Program tersebut ditujukan untuk mengapresiasi para kreator yang telah memberikan kesempatan dan akses belajar dan berbagi inspirasi bagi semua orang. Kompetisi ini memberi kesempatan bagi para pembuat konten untuk berbagi konten informatif selama periode 15-25 Mei 2021. Total hadiah kompetisi ini senilai ratusan juta rupiah. Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi dan program #SamaSamaBelajar terkini dapat diakses melalui tautan ini.
  • TikTok Class untuk membuka kesempatan menjadi kreator edukasi dengan sesi pelatihan bersama tim TikTok Indonesia.
  • TikTok University Week berupa kegiatan webinar di delapan kota di Indonesia. Webinar ini menyajika cara membuat konten edukasi yang menyenangkan dan engaging. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun semangat berbagi dan belajar bagi generasi muda.

Baca juga: TikTok Tawarkan Hadiah Rp700 Juta dengan Membuat Video Berbagi Ilmu  

Berbagai konten edukasi lain bisa ditemukan melalui tagar #SamaSamaBelajar di aplikasi TikTok. Saat ini konten edukasi dengan tagar tersebut menduduki konten teratas di TikTok. Total jumlah views program #SamaSamaBelajar sudah mencapai lebih dari 59 miliar dan total konten lebih dari 1,5 juta.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email