Trend Micro One Sajikan Keamanan Siber dan Manajemen Attack Terpadu Trend Micro One Sajikan Keamanan Siber dan Manajemen Attack Terpadu ~ Teknogav.com

Trend Micro One Sajikan Keamanan Siber dan Manajemen Attack Terpadu

Teknogav.com - Penyedia layanan keamanan siber Trend Micro baru-baru ini meluncurkan platform terkininya, yaitu Trend Micro One. Platform ini menyediakan layanan keamanan siber dan manajemen attack surface terpadu. Peluncuran platform tersebut siap membantu pelanggan untuk memahanmi, mengkomunikasikan dan melakukan mitigasi risiko siber secara lebih baik dengan platform tunggal.

Studi global terkini dari Trend Micro mengungkapkan bahwa organisasi di Indonesia menghadapi kendala dalam mengendalikan risiko siber. Kendala ini dialami seiring makin tingginya digital attack surface. Digital Attack Surface adalah seluruh titik masuk yang memungkinkan akses yang tidak diotorisasi ke dalam segala sistem. Biasanya Digital Attack Surface ini kompleks dan masif, serta berkembang secara konstan.

Baca juga: Trend Micro Prediksi Munculnya Tantangan Keamanan Siber Akibat Pesatnya Digitalisasi

Data studi tersebut menunjukkan bahwa 83% responden di Indonesia terlihat kompleks tetapi masih terkendali. Kendati demikian, 85% responden khawatir akan meningkatnya attack surface di perusahaan mereka. Sebanyak 25% responden menyebut bahwa attack surface mulai tak terkendali secara digital. 

Seiring percepatan ekonomi digital yang kian pesat, maka risiko keamanan terhadap bisnis pun berpotensi imengalami kenaikan. Visibilitas juga menjadi tantangan bagi organisasi dalam mengelola dan memahami risiko siber. Sebanyak 53% responden mengaku memiliki blind spot yang menjadi hambatan dalam keamanan mereka. Rata-rata 62% responden mengatakan memiliki visibilitas terhadap attack surface mereka.

Trend Micro berusaha mengatasi tantangan tersebut dengan menawarkan platform keamanan yang mengintegrasikan berbagai produk dan fitur keamanan dalam platform tunggal. Solusi berbasis cloud ini memungkinkan organisasi mempersiapkan diri dalam menghadapi ancaman siber dan cepat memulihkan dampaknya jika terjadi insiden. 

Baca juga: Serangan Phishing Semester I 2022 di Asia Tenggara Meningkat Pesat

Laksana Budiwiyono, Country Manager Indonesia, Trend Micro

“Pendekatan platform Trend Micro merupakan hasil dari pengalaman dan inovasi dalam keamanan siber selama 30 tahun. Kami selalu berkomitmen untuk menghadirkan solusi inovatif untuk memperkuat tim keamanan, salah satunya dengan meluncurkan Trend Micro One. Platform ini dikembangkan profesional keamanan siber untuk profesional keamanan siber, sehingga Trend Micro One membantu organisasi menjadi lebih tangguh. Teknologi canggih yang dimiliki platform ini membantu bisnis untuk mendeteksi attack surface yang kerap berubah, mengevaluasi serta mengidentifikasi risiko dan kerentanan yang paling mengancam, kemudian memitigasi hal tersebut. Solusi ini memungkinkan pemimpin bisnis di Indonesia fokus menjalankan bisnis ke depan, tanpa kekhawatiran akan keamanan dan menjadi benar-benar tangguh,” ucap Laksana Budiwiyono, Country Manager Indonesia, Trend Micro.

Layanan pada solusi berbaasis cloud Trend Micro One mencakup siklus penilaian risiko dan ancaman yang lengkap dan berkelanjutan. Proses yang dilakukan mencakup deteksi serangan, analisis risiko siber, serta mitigasi dan respon terhadap ancaman. Visibilitas lebih baik pun disajikan oleh layanan ahli seperti Managed Extended Detection & Response (XDR) pada solusi tersebut. Selain itu disediakan juga pemantauan selama 24 x 7, serta peningkatan deteksi dan respon terhadap ancaman.

“Trend Micro Vision One merupakan Security Operation Control as a service (SOCaaS). Layanan-layanannya mencakup endpoint, threat intel, network, Mitre Att&ck, Cloud, Automasi, Case Management dan Dashboards. Solusi ini bekerja sebagai perpanjangan tim dan memanfaatkan telemeti atau log dari perusahaan. Penggunaan kecerdasan buatan (AI) mampu memberikan respons yang Playbook Driven sehingga memaksimalkan nilai keamanan data perusahaan. Pemantauan pun dilakukan oleh para ahli selama 24/7,” ucap Jessie Chong, Marketing Director Trend Micro Asia Tenggara.

Jessie Chong, Marketing Director Trend Micro Asia Tenggara

Lebih dari 250 miliar sinyal data dari berbagai lingkungan cloud dan hybrid cloud dikumpulkan Trend Micro One. Pengumpulan sinyal data tersebut dilakukan dengan sensor native di sejumlah ekosistem mitra teknologi. Beberapa mitra tersebut adalah Bit Discovery, Microsoft, Okta, Palo Alto Networks, Qualys, Rapid7, ServiceNow, Slack, Splunk, dan Tenable.

Baca juga: Palo Alto Networks Ungkap Pentingnya Keamanan Siber bagi Organisasi di ASEAN

Kemampuan mitra ekosistem yang dipadukan dengan platform Trend Micro memperluas platform Trend Micro sehingga termasuk yang terlengkap di industri. Kemampuan tersebut mencakup penarikan sinyal data di seluruh endpoints, layanan cloud, perangkat IoT dan email. Hal ini sangat membantu pelanggan untuk mendapat wawasan dan penilaian terbaik mengenai bahaya siber yang mengintai. 

Pemasaran produk Trend Micro One ini didukung oleh PT Mitra Integrasi Informatika (MII) sebagai sistem integrator yang memberikan solusi pada pelanggan enterprise. Penawaran  terdiri dari delapan pilar yang mencakup cloud services, business application, digital business & platform, big data & analitycs, security, hybrid IT infrastructure, consulting & advisory, dan managed services.

Herryanti Herman, Director, Mitra Integrasi Informatika (MII)

“Kami senang dapat menjadi bagian dari perjalanan Trend Micro dalam membantu organisasi di Indonesia mengendalikan dan menavigasi risiko kompleks dari transformasi digital. Melalui integrasi beragam sumber aset dan visibilitas risiko, khususnya menggunakan Trend Micro Vision One SOC-as-a-service dengan platform Trend Micro One. Kami memberikan dukungan kepada tim keamanan yang menghadapi kesulitan dalam mengutamakan, mengelola dan merespons ancaman,” ucap Herryanti Herman, Director, Mitra Integrasi Informatika (MII).

Kemampuan Trend Micro One

Trend Micro One dapat menyediakan layanan-layanan berikut ini hanya melalui satu platform tunggal:

  • Menemukan attack surface: Mengidentifikasi, memantau, dan membuat profil aset siber dalam lingkungan pelanggan
  • Memahami dan mengevaluasi risiko secara berkelanjutan: Menganalisis paparan risiko, status kerentanan, konfigurasi kendali keamanan, dan jenis aktivitas ancaman
  • Mitigasi risiko secara efektif: Memastikan kendali preventif yang tepat dan mengambil tindakan cepat untuk memitigasi risiko serta memulihkan serangan di seluruh perusahaan dengan memanfaatkan kecerdasan ancaman dan risiko (threat and risk intelligence) Trend Micro.

Pendekatan terpadu Trend Micro fokus pada industri. Bersama para mitra, Trend Micro berkomitmen untuk menyediakan layanan dari hulu ke hilir khusus bagi bisnis di Indonesia. Komitmen tersebut demi memastikan keberhasilan pengimplementasian dan penerapan Trend Micro One. Layanan yang disajikan Trend Micro dan para mitra mencakup beberapa hal berikut ini:

  • identifikasi masalah perusahaan
  • pengembangan strategi yang tepat untuk meningkatkan ketahanan siber
  • mendukung perusahaan dalam menavigasi kepatuhan dan regulasi perlindungan data

Layanan-layanan tersebut bertujuan untuk memastikan tim keamanan memaksimalkan potensi mereka dengan mengoptimalkan potensi Trend Micro One.

Share:

Artikel Terkini