ASUS Zenfone 9 Tawarkan Kinerja Andal dengan Desain Ringkas ASUS Zenfone 9 Tawarkan Kinerja Andal dengan Desain Ringkas ~ Teknogav.com

ASUS Zenfone 9 Tawarkan Kinerja Andal dengan Desain Ringkas

Teknogav.com – Smartphone Zenfone 9 resmi diluncurkan ASUS di Indonesia pada 17 November 2022. Desain smartphone ini ringkas dan keren dengan empat pilihan warna, yaitu Midnight Black, Moonlight White, Starry Blue, dan Sunset Red. Kekokohan desain pun diperkuat dengan penggunaan high-grip texture dan sertifikasi IP68. Kinerja smartphone ini pun cepat mengandalkan prosesor premium Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform. Smartphone ini pun dapat digunakan berlama-lama berkat baterainya berkapasitas 4.300 mAh yang cukup awet untuk penggunaan seharian.

Zenfone 9 tergolong mungil dengan layar berukuran 5,9 inci, sehingga pas dengan ukuran tangan dan saku pakaian. Sistem operasi Android 12 dikemas secara apik oleh antarmuka ASUS ZenUI 9 yang dioptimalkan untuk pengoperasian dengan satu tangan. Smartphone ini juga dibekali dengan tombol daya multifungsi ASUS ZenTouch yang memadukan sensor sidik jari untuk membuka penguncian layar. Selain itu, tersedia juga gesture control untuk mendukung kenyamanan pengoperasian.

Baca juga: Zenfone 9 Siap Hadir 17 November 2022 dengan Desain Ringkas

ASUS Zenfone 9

“Sederet upgrade yang signifikan menjadikan Zenfone 9 sebagai smartphone Zenfone paling powerful yang pernah diciptakan. Smartphone ini benar-benar memenuhi kebutuhan konsumen terkini, yakni smartphone dengan fitur yang lengkap dalam bodi ringkas. Zenfone 9 hadir dalam tampilan lebih menarik, serta dilengkapi sertifikasi perlindungan dari debu dan air. Fitur fotografi ditingkatkan kamera 50 MP IMX766 dan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer sehingga menghasilkan foto lebih tajam dan bebas guncangan,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Kinerja Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform

Zenfone 9 menggunakan chipset flagship Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform untuk menyajikan kinerja mulus dan responsif. Kestabilan kinerja dijaga olh sistem pendingin yang diperbarui dengan vapor chamber berteknologi tinggi dan fitur penyebaran panas. Sistem pendingin tersebut akan menjaga kinerja smartphone tetap tinggi tanpa kenaikan suhu berlebih.

Jika dibandingkan chipset generasi sebelumnya, Snapdragon 8+ Gen 1 Mobile Platform memiliki kecepatan clock sampai 3,2 GHz. CPU dan GPU memiliki kinerja 10% lebih tinggi, dengan CPU lebih efisien 30% dibandinkan Snapdragon 8 Gen 1. Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM LPDDR5 dengan kapasitas sampai 16 GB dan media penyimpanannya menggunakan teknologi UFS 3.1.

Konektivitas pada smartphone ini sudah didukung teknologi terkini, yaitu Wi-Fi 6E yang lebih stabil dan cepat. Teknologi HyperFusion pada pengaturan banyak antena pun sudah ditingkatkan demi menyajikan konektivitas simultan antara Wi-Fi dan seluler. Koneksi pun diarahkan ke sinyal yang terbaik.

Sumber daya smartphone mengandalkan baterai 4.300 mAh dengan teknologi Specific Tab Process (STP) sehingga dapat memakai adaptor HyperCharger 30 W. Teknologi ini memungkinkan pengisian daya dari middle and out sehingga menurunkan impedansi dan kenaikan suhu selama pengosongan dan pengisian daya. Kemampuan tersebut membuat daya baterai dapat bertahan lebih lama dan pengisian daya lebih cepat.

Pengalaman gaming dengan smartphone ini pun ditingkatkan dengan aplikasi Game Genie. Tampilan dashboard Game Genie versi terbaru di ZenUI 9 menyajikan pengalaman gaming layaknya smartphone gaming ROG Phone 6.

Baca juga: Smartphone Gaming ROG Phone 6 Series Sajikan Kinerja Buas

Desain Ringkas dan Ergonomis

Zenfone 9 dirancang dengan desain ringkas dan kemampuan untuk dikendalikan secara cepat dan mudah, bahkan hanya dengan satu tangan. Panjang smartphone ini kurang dari 14,8 cm dan lebar kurang dari 7 cm sehingga mudah digenggam dengan satu tangan. Desain smartphone ini sleek dan clean yang diperkuat mid-frame dengan material matte aluminium.

ASUS Zenfone 9

Dimensi X-Y Zenfone 9 ini lebih kecil dibanginkan pendahulunya. Namun dapat memuat komponen lebih besar berkat penempatan pada sudut yang tepat dan back cover unik untuk memaksimalkan volume internahl. Tekstur permukaan smartpone terlihat indah dan mendukung smartphone untuk lebih kokoh dalam genggaman. Di sisi samping juga terdapat tombol multifungsi ZenTouch untuk gesture control yang lebih lengkap.

sisi kanan ASUS Zenfone 9

sisi bawah ASUS Zenfone 9

Layar berukuran 5,9 inci pada smartphone ini pun sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass Victus. Lapisan tersebut membuat layar empat kali lebih antigores dibanding brand lain dan kuat saat jatuh dari ketinggian sampai 2 meter. Bodi smartphone juga sudah menyandang sertifikasi IP68 sehingga tahan air dan debu. 

ZenUI 9 pada smartphone ini menyajikan kinerja lebih cepat dan smooth, juga lebih pintar. Antarmuka tersebut sudah disesuaikan untuk pengendalian dengan satu tangan, sehingga lebih mudah dinavigasi. Selain itu, terdapat juga tool Edge yang memudahkan menemukan palikasi favorit lebih cepat.

Kamera Kualitas Profesional

Pada bagian depan dan belakang Zenfone 9 terdapat kamera berkualitas pro dari SONY. Pada punggung smartphone terdapat kamera utama 50 MP dengan sudut ultra-lebar dari SONY IMX766. Kamera tersebut didukung teknologi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer dan Autofokus untuk pengambilan gambar lebih stabil dan bebas guncangan.

Fitur OIS/EIS pada kamera ini mampu mendukung perekaman video 8K/24 fps dengan stabil. Kamera ini dapat memotret foto 16 MP dengan kepekaan cahaya lebih tinggi menggunakan filter warna Quad Bayer. Selain itu juga bisa memotret dengan resolusi sampai 50 MP di kondisi terang.
Kamera kedua smartphone ini menggunakan sensor SONY IMX363 dengan resolusi 12 MP ultra-lebar yang mendukung fotografi makro dan autofokus. Perekaman video 4K/60 fps dapat dilakukan kamera ini dengan fitur EIS dan koreksi distorsi yang real-time. Kamera tersebut dapat melakukan pengambilan foto makro dengan fokus sampai jarak 4 cm.

Beralih ke depan, terdapat sensor SONY IMX663 yang dapat melakukan autofokus dengan cepat menggunakan PDAF ganda. Kamera ini dapat memotret dengan resolusi sampai 12 MP dan merekam video 4K/30 fps atau FHD/60 fps dengan EIS. Pemotretan bisa menggunakan zoom dan tingkat kedalaman yang lebih tinggi dan tajam. 

hasil foto dengan kamera ASUS Zenfone 9

Berbagai fitur tersebut memungkinkan untuk memotret dan merekam video dengan mode pro, serta lebih banyak opsi kustomisasi. Berbagai pilihan tersebut mencakup manual setting untuk fokus, ISO, kecepatan shutter, EV, white balance dan perekaman dalam RAW. Fitur Light-trail mode (BETA) juga mendukung manual shutter atau preset shutter untuk merekam objek bergerak dan menghasilkan efek cahaya menarik. Penggunaan fitur tersebut dapat digunakan untuk memotret lalu lintas malam hari, light graffiti, air terjun dan lain-lain.

Audio Mengesankan

Sistem audio pada Zenfone 9 didukung oleh dua speaker linier dan smart amps Qualcomm Aqstic™. Pengalaman audio yang impresif disajikan bersama dengan sound tuning dari Dirac. Kedalaman suara yang lebih disajikan oleh speaker ganda yang dilapisi Dbass foam ball. Setiap speaker diperkuat Qualcomm Aqstic SWA8835 yang tangguh sehingga dapat menghasilkan bass 50% lebih dalam dibanding brand lain. Jack audio 3,5 mm pada smartphone didukung DAC Qualcomm Aqstic WCD9385 terkini yang menghasilkan rentang dinamis dan distorsi rendah mengesankan. 

jack audio 3,5 mm sisi atas ASUS Zenfone 9

Smartphone ini mampu menyajikan keluaran audio Hi-Res berkat kolaborasi dengan Dirac Research, pakar audio asal Dwedia. Sebelumnya ASUS telah berkolaborasi dengan Dirac Research saat pengerjaan ROG Phone 3. Koreksi pada impulse dan tanggapan frekuensi, peningkatan bass dan volume dilakukan menggunakan Dirac HD Sound Technologies. Hasilnya adalah audio lebih kuat, bass lebih dalam dan bebas distorsi. ASUS berhasil memaksimalkan audio keluaran speaker dari bodi smartphone yang ramping.

Baca juga: ROG Phone 3 Manjakan Gamer dengan Snapdragon 865 Plus 5G

Speaker bawan dan headset ASUS ROG sudah diatur untuk mendukung game mode ketika Zenfone 9 digunakan untuk main game. Mode ini menerapkan penyetelan audio khusus game dalam frekuensi tertentu, sehingga memudahkan mendengar suara yang detail dalam game. Smartphone ini juga sudah dilengkapi aplikasi AudioWizard dengan pengaturan cepat di quick setting untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas audio. Tampilannya mencakup 10-band equalizer dan opsi audio style: Dynamic, Music, Cinema, dan Game.

Layar Mungil dengan Waktu Response Cepat

Akurasi warna pada layar AMOLED smartpone ini sangat tinggi, rasio aspeknya 20:9 untuk kenyamanan menonton video, gaming dan browsing. Kecerahan layar ini sampai 800 nits (100% APL) dan kecerahan maksimum puncak 1.100 nits untuk mempertahankan akurasi warna yang tinggi. Kecepatan respon pun sangat cepat, hanya 1 milidetik untuk menikmati berbagai konten  dengan visual yang lancar dan mulus. Refresh rate 120 Hz layar menyajikan tampilan yang sangat mulus, touch-sampling rate pun mencapai 240 Hz. 

Resolusi FHD+ (2400 x 1080 piksel) dengan densitas piksel sampai 445 ppi menyajikan tampilan mengesankan untuk multimedia dan main game. Tampilan tersebut dapat disajikan oleh diamond PenTile subpixel matrix. Tak perlu khawatir mata lelah saat nonton terus menerus, karena layar Zenfone 9 sudah menyandang sertifikasi SGS Eye Care Display. Sertifikasi ini menjamin rendahnya emisi blue-light sehingga lebih nyaman di mata. Selain itu juga ada dukungan DC Dimming, Always-on Display, dan empat pilihan refresh rate, yaitu 120Hz, 90Hz, 60Hz, dan Auto.

Harga dan Ketersediaan

Zenfone 9 hadir dengan tiga pilihan konfigurasi memori, berikut ini adalah harga dari masing-masing konfigurasi tersebut:

  • Konfigurasi 6 GB/128 GB dengan empat pilihan warna dibanderol Rp7.999.000 dan sudah tersedia sejak 17 November 2022. Tersedia cashback mulai dari Rp300 ribu untuk pembelian selama periode 17-30 November 2022. Tambahan cashback senilai Rp350 ribu juga bisa diperoleh dengan pembayaran menggunakan bank tertentu. Pada pembelian di Erafone, tersedia juga promo trade-in. Sedangkan untuk pembelian di Tokopedia, tersedia tambahan cashback dari bank atau Gopay Coins atau Trade-in mulai dari Rp350 ribu.
  • Konfigurasi 8 GB/256 GB dengan dua pilihan warna, Midnight Black dan Moonlight White dibanderol Rp9.999.000 dan akan tersedia Desember 2022
  • Konfigurasi 16 GB/256 GB dengan warna Midnight Black saja dibanderol Rp11.999.000 dan sudah tersedia sejak 17 November 2022. Tersedia cashback senilai Rp500 ribu dan hadiah tas Smart Backpack Mount Casing senilai Rp1 juta. Pada pembelian di Eragone, tersedia juga promo trade-in. Sedangkan untuk pembelian di Tokopedia tersedia tambahan cashback dari bank atau Gopay Coins mulai dari Rp500 ribu.

Pembelian dapat dilakuakan di ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store, Erafone dan beberapa marketplace berikut ini:


https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Zenfone 9 di Blibli

Klik untuk membeli Zenfone 9 di Tokopedia


Spesifikasi ASUS Zenfone 9

Layar

5.9" 1080x2400 (20:9), 445 ppi

Samsung AMOLED 120 Hz display

112% DCI-P3, 151% sRGB, Delta E<1, HDR10+

Chipset

Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform

CPU clock speed sampai 3.2 GHz dengan Qualcomm® Adreno 730 GPU

Memori
Media Penyimpanan

RAM LPDDR5: 6 / 8 / 16 GB

UFS 3.1: 128 / 256 GB

Baterai

4300 mAh high-capacity battery dengan 30W HyperCharge adapter

Teknologi Nirkabel

Wi-Fi 6E Qualcomm® WCN6856 (802.11a/b/g/n/ac/ax, 2x2 MIMO)

Bluetooth® 5.2 dengan dukungan untuk Snapdragon Sound™ dan Qualcomm® aptX Adaptive, aptX Lossless

Wi-Fi Direct

NFC

Kamera

Kamera belakang

50 MP Sony® IMX766 sensor dengan Gimbal OIS, 2x2 OCL, PDAF

12 MP Sony® IMX363 sensor, Dual PDAF

Kamera depan

12 MP Sony® IMX663 Sensor, Dual PDAF

Fitur-fitur

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer

Light Trail Mode (Beta)

Mendukung 8K/4K video recording

Audio HDR recording

Audio

Dual stereo speaker dengan Qualcomm® amplifiers

3.5 mm headphone jack dengan Qualcomm Aqstic WCD9380

Audio optimization by Dirac

Perekaman Video

8K UHD (7680 x 4320) video pada 24 fps + EIS

4K UHD (3840 x 2160) video pada 30 / 60 fps + EIS

1080p FHD video recording pada 30 / 60 fps + HyperSteady

Sensor

Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, fingerprint sensor, Gyro (support ARCore), Hall Sensor

Slot SIM card

NANO SIM/NANO SIM 2 choose 2, support DSDV 5G+5G (sim1, sim2 support LTE exchangeable)

Navigasi

GNSS support GPS (L1/L5), Glonass (L1), Galileo (E1/E5a), BeiDou (B1/B2a), QZSS (L1/L5) and NavIC (L5)

Sistem Operasi

Android 12 with ASUS ZenUI 9

Dimensi

146.5 x 68.1 x 9.1 mm

Bobot

169 g

Share:

Artikel Terkini