Smartphone Gaming ROG Phone 6 Series Sajikan Kinerja Buas Smartphone Gaming ROG Phone 6 Series Sajikan Kinerja Buas ~ Teknogav.com

Smartphone Gaming ROG Phone 6 Series Sajikan Kinerja Buas


Teknogav.com – ASUS Republic of Gamers (ROG) telah resmi meluncurkan smartphone ROG Phone 6 Series di Indonesia. Harga yang dibanderol pada smartphone tersebut mulai dari Rp10 jutaan dan pre-order dibuka selama 21-25 September 2022. Demi memeriahkan kehadiran smartphone gaming ini, maka berbagai hadiah pun ditawarkan pada consumer launch. Smartphone gaming yang dihadirkan ASUS ROG ini adalah ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro. 

Pengalaman gaming dengan kinerja tinggi, visual imersif, baterai yang dahsyat dan ekosistem aksesori yang lengkap disajikan ROG Phone 6 Series. Seluruh keandalan fitur-fiturnya tersebut dikemas dalam desain smartphone yang futuristik. ROG Phone 6 Series ini juga merupakan smartphone gaming yang tangguh, karena sudah menyandang sertifikasi IPX4. Sertifikasi tersebut menjamin tahan terhadap cipratan air. 

Smartphone ini nyaman digenggam berkat desain bagian tepi yang membulat. Semangat petulangan pada smartphone ini digambarkan pada garis-garis geometris yang simpel membentuk desain futuristik layaknya pesawat luar angkasa yang meluncur berkecepatan tinggi. Pada sisi samping ROG Phone 6 Series ini terdapat keluaran HDMI yang mendukung pengisian daya. Desain ini memungkinkan pengisian daya tanpa mengganggu kegiatan main game.

Baca juga: ASUS ROG Phone 6 Series Siap Meluncur 21 September 2022

“ASUS ROG Phone 6 Series adalah inkarnasi sang legenda smartphone gaming yang tak tertandingi di dunia. Kinerja yang diusung smartphone kali ini jauh lebih ‘buas’ dibandingkan pendahulunya. Semua dimungkinkan oleh ‘ramuan jitu’ antara performa Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang luar biasa. ROG Phone 6 Series menghadirkan sistem pendinginan terbaru untuk permainan tanpa batas, layar 165 Hz untuk visualisasi yang revolusioner. Selain itu gameplay yang lebih lama dan setiap saat pun dapat dilakukan melalui baterai berkapasitas 6.000 mAh,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia

Kinerja Tinggi ROG Phone 6 Series

Keistimewaan smartphone gaming ini tentu saja pada penggunaan prosesor terkini, yaitu Snapdragon® 8+ Gen 1. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, maka kecepatan clock CPU pada chipset ini jauh lebih cepat, yaitu 3,2 GHz. Efisiensi daya CPU pun meningkat 30%. CPU pada chipset tersebut didampingi oleh prosesor grafis Adreno 730. Perpaduan CPU dan GPU tersebut meningkatkan kinerja CPU dan GPU 10% lebih tinggi. Gunakan mode X yang eksklusif ada di ROG Phone untuk mengoptimalkan kinerja prosesor. Kinerja prosesor pun sudah didukung RAM LPDDR5 sampai 16 GB. Media penyimpanannya pun sudah menggunakan teknologi SSD UFS 3.1 dengan kapasitas sampai 512 GB.

ROG Phone 6 Pro dan ROG Phone 6

Hasil pengujian kinerja smartpone ini dengan Antutu 9.3.8 mearih skor 1.123.010 saat berada di X-Mode.  Ketika dilakukan pengujian dengan Geekbench 5 dalam mode yang sama, skor yang diperoleh adalah 1.322 untuk single core dan 4.264 untuk multi-core. Sedangkan hasil pengujian dengan 3D Mark menunjukkan skor total 10.525 dalam uji Wild Life secara keseluruhan.

Sistem Pendingin Mumpuni

Kestabilan kinerja pada ROG Phone 6 Series ini dijaga dengan teknologi pendinginan GameCool 6 Cooling System generasi kelima. Pembaruan pada sistem GameCool ini sangat besar, sehingga tetap konsisten berkinerja luar biasa saat memainkan game yang menuntut kinerja tinggi. Jika dibandingkan sistem sebelumnya, maka pembuangan panas lebih efisien berkat peningkatan struktur internal di sistem pendinginan ini.

Sistem pendingin CPU 360° yang baru sudah dirancang ulang dan fokus pada tata letak dual-PCB yang ditempatkan di tengah. Metode yang eksklusif ini mengisi celah udara antara dua PCB dengan senyawa termal khusus, sehingga kinerja pendinginan meningkat sampai 10°C. Lembaran grafit untuk pendinginan yang mengapit baterai ganda pun lebih lapang, demikian juga dengan vapor chamber yang diperbesar.

Solusi pengoptimalan pendinginan pun dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan durasi waktu memainkan game. Pembagian tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pendinginan saat main game dengan durasi pendek sekitar 1-15 menit dilakukan mnggunakan thermal compound berupa boron nitride
  • Pendinginan saat main game dengan durasi menengah sekitar 15-30 menit dilakukan oleh lembaran grafit yang lebih lapang dan juga vapor chamber. Posisi SoC yang di tengah pun turut berperan dalam pendinginan untuk efisiensi pada suhu yang lebih tinggi
  • Pendinginan saat main game dengan durasi lama yang lebih dari satu jam dilakukan oleh sistem pendinginan AI thermoelectric

Peningkatan kinerja ROG Phone 6 Series juga bisa didukung aksesori AeroActive Cooler 6 untuk pembuangan panas. Aksesori ini menggunakan Thermoelectric AI Cooling System terintegrasi berbasis chip pendingin Peltier yang mengoptimalkan pembuangan panas sesuai suhu CPU. Mekanisme ini dilakukan ketika memilih moder pendinginan optimal yang tergantung pada suhu CPU. Misalnya saat memainkan game berat, maka Cooler akan menyalakan chip pendingin untuk meningkatkan pendinginan. Pendinginan dengan Aeroactive Cooler 6 ini dilakukan dengan tiga mode, yaitu cooling, frosty dan frozen.

Komunikasi antara aksesori dan smartphone dihubungkan dengan koneksi USB tipe-C untuk menurunkan suhu permukaan dekat CPU sampai 25°C. Saat memainkan game yang menuntut kinerja tinggi, maka tetap nyaman dan mendukung mobilitas tanpa panas berlebihan di bodi smartphone. Sumber daya aksesori opsional ini memanfaatkan baterai smartphone

Baca juga: ROG Phone 3 Manjakan Gamer dengan Snapdragon 865 Plus 5G

Layar Revolusioner

Baik ROG Phone 6 maupun ROG Phone 6 Pro dibekali dengan layar AMOLED HDR10+ berukuran 6,78 inci dari Samsung. Layar tersebut dilindungi dan diperkuat dengan Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang sangat kuat. Kesehatan mata pun dilindungi dengan teknologi Eye Care Display pada layar. Layar smartphone memiliki refresh rate maksimum 165 Hz dan merupakan yang tercepat dan tertajam di pasaran. Touch-sampling rate layar sampai 720 Hz dan latensi sentuh 23 milidetik, sehingga sangat mendukung gamer saat bertarung.

tampilan layar ROG Phone 6 Series

ROG Phone 6 Pro memiliki layar tambahan AMOLED ROG Vision yang mengesankan di bagian belakang. Layar OLED berukuran 2 inci ini dapat menampilkan animasi yang dapat disesuaikan untuk beberapa skenario. Beberapa skenario tersebut termasuk panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, memasuki mode X dan lain-lain. Layar AMOLED ini dapat diaktifkan, dimatikan atau disesuaikan tampilannya sesuai selera dan kepribadian pengguna. 

Tersedia animasi khusus untuk menggambarkan skenario tertentu. Contohnya mode X, layar aktif, panggilan masuk dan lain-lain. ASUS juga sudah menambah 60 animasi baru pada ROG Phone 6 Pro. Selain itu jika butuh lebih banya, bisa juga mengunduhnya atau membuat animasi sendiri di editor ROG Vision.

Baca juga: Review ASUS ROG Phone II, Smartphone Tangguh Juaranya Gaming

Baterai Gahar

ROG Phone 6 Series dirancang dengan dua baterai 3000 mAh dengan desain MMT yang unik. Desain ini memungkinkan untuk menurunkan suhu saat mengisi daya dan mendukung pengisian daya 65 W. Ketika memainkan game yang berat, desain tersebut membuat panas tak berlebih. Desain baterai dua sel tersebut juga memungkinkan untuk menempatkan motherboard di tengah frame, sehingga keseimbangan berat dapat sempurna. ASUS juga bisa menyematkan solusi pendingnan andalan pada smartphone tersebut.

Desain termal pada ROG Phone 6 ini juga memungkinkan pengisian daya lebih cepat dari kondisi kosong sampai penuh. Jika dibandingkan dengan ROG Phone 5, maka pengisian daya lebih cepat 10 menit, yaitu hanya dalam 42 menit saja.

Suara Memukau dengan GameFX Audio

Peningkatan pengalaman menikmati suara pun disajikan oleh pengaturan speaker yang pas dan penyetelan luar biasa oleh Dirac. Sistem ini bertumpu pada dua Speaker Super Linear 5-magnet 12 x 16 simetris yang didukung amplifier mono Cirrus Logic CS35L45.  Dirac mampu memproses sinyal digital sangat baik. Kemampuan tersebut memungkinkan ROG Phone 6 Series menyajikan pengalaman sound lebih lebar, jernih dan suara lebih mendalam dibandingkan smartphone lain.

Pengendalian dengan Air Trigger 6 dan Ultrasonic Buttons

Teknologi AirTrigger 6 menawarkan kepekaan lebih baik, pemosisian lebih baik dan lebih banyak pengendalian gerak, sehingga pengendalian game lebih baik. Ketika tidak bermain game, teknologi tersebut dapat digunakan untuk mengaktifkan tindakan atau aplikasi yang berguna. Caranya cukup lakukan gerakan meremas sederhana saat berada di mode portrait. Kemampuan ini berkat adanaya 18 titik sentuh khusus yang dipetakan pada layar.

Fitur AirTrigger terkini memungkinkan pengguna untuk memetakan tindakan berbeda saat menekan tombol pengaktif ultrasonik dan saat mengangkat jari dari tombol. Selain itu, kini giroskop dapat digunakan untuk membidik atau mengendalikan sudut pandang. Cukup tekan dan tahan tombol ultrasonik, lalu area tampilan dapat dikendalikan dengan menggerakkan atau memiringkan smartphone.

Fotografi dan Videografi

ROG Phone 6 Series menggunakan konfigurasi tiga kamera yang disematkan di punggung smartphone. Kamera utama pada konfigurasi tersebut menggunakan sensor SONY IMX766 50 MP. Mode utama 12,5 MP dengan filter warna Quad Bayer atau mode asli 50 MP ditawarkan kamera tersebut. Perbesaran 2x lossless dapat dilakukan kamera dalam kondisi pencahayaan yang terang. Ketika pencahayaan rendah, maka kamera akan beralih ke zoom digital 2x berdasarkan mode 12,5 MP demi menangkap cahaya yang memadai.

Kamera kedua adalah lensa sudut ultra lebar 13 MP yang bisa merekam sampai sudut 125˚. Kerennya kamera tersebut bisa memperbaiki distorsi secara real-time. Kamera ketiga adalah lensa makro 5 MP, sesuai namanya, kamera ini berguna saat memotret jarak dekat. Beralih ke depan, terdapat kamera depan dengan resolusi 12 MP yang bisa untuk group selfie dan video streaming secara live.

Harga dan Ketersediaan

Kini ROG Phone 6 Series sudah bisa dipesan secara pre-order selamat periode 21 September sampai 31 Oktober 2022. ROG Phone 6 standar tersedia dalam pilihan warna Storm White dan Phantom Black. Berikut ini adalah harga yang dibanderol pada ROG Phone 6 berdasarkan konfigurasi memori:

  • Rp10.999.000 untuk konfigurasi RAM 8 GB dan media penyimpanan 256 GB
  • Rp13.999.000 untuk konfigurasi RAM 12 GB dan media penyimpanan 256 GB

ROG Phone 6 akan tersedia di pasaran mulai pertengahan Oktober 2022. Sementara ROG Phone 6 Pro tersedia dalam warna Storm White saja dan akan tersedia mulai akhir Oktober 2022. Harga yang dibanderol pada ROG Phone 6 dengan varian RAM 18 GB dan media penyimpanan 512 GB adalah Rp18.899.000. Bagi pembeli yang membeli secara pre-order, tersedia kesempatan mendapatkan Aero Active Cooler 6 secara gratis selama persediaan masih ada. Selain itu tersedia juga garansi tambahan 6 bulan. Pre-order dapat dilakukan di Erafone, Eraspace, Urban Republic, ROG Store, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealers, dan JD.ID.

Kolaborasi dengan Garena

Selama periode Consumer Launch yang belangsung 21-25 September 2022 di Central Park, banyak serangkaian kegiatan menarik. ROG berkolaborasi dengan Garena dalam menyelenggarakan serangkaian kegiatan tersebut. Di antaranya adalah turnamen ROG X Call of Duty Mobile dan Free Fire Community Tournament. Tersedia juga Garena Free Fire gaming experience booth, dan 360 photobooth di lokasi. 

Kegiatan menarik lain adalah Talk Show dan Gaming Coach bersama ONIC Esports Team, dan Meet and Greet dengan ROG Goddess. Selain itu ada juga RRQ Hide Esports team dan Gaming Battle. Bagi yang melakukan pre-order di kegiatan consumer launch, maka akan mendapat merchandise eksklusif tambahan hasil kolaborasi ROG dan ONIC Esports.

Share:

Artikel Terkini