ASUS ROG Flow Z13 (GZ301) Andalkan Intel Core Gen ke-12 ASUS ROG Flow Z13 (GZ301) Andalkan Intel Core Gen ke-12 ~ Teknogav.com

ASUS ROG Flow Z13 (GZ301) Andalkan Intel Core Gen ke-12


Teknogav.com – ASUS ROG Flow Z13 (GZ301) merupakan laptop gaming yang unik karena mengusung desain detachable atau dapat dilepas keyboardnya. Desain ini menjadikan ASUS ROG Flow Z13 (GZ301) dapat digunakan sebagai tablet saat keyboard dilepas. Istimewanya lagi, pilihan prosesor yang ditawarkan sudah sampai Intel Core Generasi ke-12. Kinerja si laptop mungil ini tentu saja lebih tangguh dengan opsi Intel Core i7 maupun Intel Core i9 generasi ke-12.

Desain detachable memang tidak sepopuler desain clamshell tradisional dan desain convertible (layar yang dapat diputar 360˚). Kendati demikian, desain detachable ini masih digemari, karena saat digunakan pada mode tablet terasa lebih ringkas dibandingkan desain convertible

Baca juga: Review ASUS ROG Flow X16 (GV601), Laptop Gaming Convertible Layar Besar

Laptop dengan desain detachable menampung komponen utama pada bagian layar, sehingga tetap dapat dioperasikan tanpa keyboard. Hal ini memiliki kelemahan, yaitu ruang terbatas untuk menampung komponen yang kompleks, sehingga laptop detachable biasanya dibekali spesifikasi yang standar. Laptop dengan desain detachable biasanya dirancang hanya untuk mendukung kebutuhan komputasi kantoran atau setara dengan ultrabook. Port I/O pada laptop detachable biasanya juga terbatas karena ruang yang minim.

Namun tak demikian dengan ROG Flow Z13 (GZ301), laptop gaming detachable ini ringkas, tetapi kinerja gaming yang dihadirkan sangat tangguh. Kegigihan tim penelitian dan pengambangan ASUS ROG berhasil menghadirkan ROG Flow Z13 (GZ301) melalui proses penelitian dan pengembangan yang panjang. Desain detachable laptop gaming ini bahkan berhasil menyandang gelar tablet gaming paling tangguh di dunia.

ROG Flow Z13 (GZ201), laptop detachable dengan keyboard terpisah

ROG Flow Z13 (GZ301) memiliki desain yang ringkas layaknya laptop detachable pada umumnya. Bodi utama laptop gaming ini terdiri dari komponen utama yang mencakup motherboard, CPU, GPU, SSD, RAM dan layar. Keyboard laptop ini dirancang terpisah layaknya aksesori tambahan. Tak heran jika ROG Flow Z13 (GZ301) dapat menyandang gelar sebagai tablet gaming paling tangguh. Ini karena pada dasarnya ROG Flow Z13 (GZ301) memang masuk kategori tablet.

Desain ROG Flow Z13 (GZ301)

Jika dibandingkan dengan laptop detachable lain, ketebalan dan bobot ROG Flow Z13 (GZ301) memang lebih tebal dan berat. Laptop gaming dengan layar berukuran 13 inci ini memiliki ketebalan 12 mm dan bobot 1,1 kg. Namun perlu diingat bahwa ROG Flow Z13 (GZ301) mengusung CPU dan GPU berkinerja tinggi yang tak dimiliki laptop detachable sebelumnya. Dimensi ROG Flow Z13 (GZ301) tergolong ringkas karena memiliki bezel layar yang tipis dan tidak memiliki engsel layar. Ruang yang biasanya digunakan untuk layar dialihkan untuk menampung komponen lain. Motherboard pun dirancang ringkas dan dilengkapi sistem pendingin khusus.

ASUS ROG Flow Z13 (GZ301)

Tampilan laptop gaming ini mengusung ciri khas gaming ROG dengan warna hitam. Pada bagian belakang, terdapat jendela untuk mengintip sebagian koponen di dalam bodi utama. Jendela tersebut dilengkapi dengan lampu RGB LED yang dapat dikustomisasi melalui aplikasi Armoury Crate.

Layaknya laptop detachable pada umumnya, ROG Flow Z13 (GZ301) juga dibekali kickstand pada bagian belakang bodi utama agar dapat berdiri. Pemasangan keyboard di bagian bawah bodi pun mudah dilakukan kaerna menggunakan sistem magnetik dengan koneksi pogo pin yang sangat durable.

koneksi pogo pin di sisi bawah ROG Flow Z13 (GZ301)

Kinerja Prosesor Intel Core Generasi ke-12

ROG Flow Z13 (GZ301) mendukung gamer untuk dapat bermain game setiap saat di mana saja. Hal ini disajikan dengan mengandalkan perangkat keras yang tangguh, termasuk CPU dan GPU generasi terkini. Kinerja ROG Flow Z13 (GZ301) mengandalkan prosesor Intel Core generasi ke-12 High Performance Intel Core i9-12900H. Prosesor tersebut memiliki konfigurasi 12 inti dan 20 thread yang terdiri dari 8 Ecore dan 4 P-Core. Konfigurasi ini memungkinkan eksekusi perintah lebih efisien dengan membagi proses yang diatur Intel Thread Director. Kerja konfigurasi tersebut juga lebih baik pada sistem operasi Windows 11 yang digunakan pada perangkat ini.

Baca juga: Jajaran Laptop ROG Bertenaga Intel Core Generasi ke-12 Segera Hadir

Intel Core Generasi ke-12 High Performance merupakan lini prosesor terkini dengan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor ini menawarkan kinerja tinggi di berbagai skenario penggunaan. Jika dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya, peningkatan kinerja sampai 28% untuk gaming dan 43% untuk pembuatan konten. Kinerja tersebut didukung RAM LPDDR5 yang mendukung kinerja yang cepat dan lebih hemat daya.

Kinerja Intel Core Generasi ke-12 pada ROG Flow Z13 (GZ301) sangat cepat. Hasil pengujian menunjukkan skor yang lebih tinggi dibandingkan laptop dengan bodi dan ruang pendingin lebih besar dengan prosesor generasi sebelumnya. Hal ini cukup mengesankan karena ROG Flow Z13 (GZ301) memiliki dimensi bodi seperti tablet yang lebih ringkas dan tak memiliki ruang pendinginan yang besar.

Berikut ini adalah hasil pengujian kinerja prosesor Intel® Core™ i7-12800H di ROG Flow Z13 (GZ301) menggunakan Cinebench R15 dan R23:

Cinebench R15

Cinebench R23

Kendati berdimensi ringkas, ternyata ROG Flow Z13 (GZ301) sudah dibekali kartu grafis diskret, yaitu NVIDIA® GeForce RTX™ 3050. Kartu grafis ini memang bukan yang paling tangguh, tetapi mengesankan bisa hadir dalam bodi ROG Flow Z13 (GZ301) yang ringkas. Biasanya, laptop yang menggunakan kartu grafis diskret RTX™ 3050 memiliki ukuran bodi lebih besar dari ROG Flow Z13 (GZ301).

Pengujian ROG Flow Z13 (GZ301) dengan Intel® Core™ i7-12800H dan GeForce RTX™ 3050 dilakukan dengan 3Dmark dan berbagai game modern. Hasil pengujian menunjukka kinerja baik saat memainkan game modern, walau pengaturan grafis tak dapat maksimal. Berikut ini adalah hasil pengujian kinerja grafis dengan 3D Mark dan pengujian dengan berbagai game modern:

Pengujian grafis dengan 3DMark

Game Benchmark

Bagi yang masih membutuhkan kinerja lebih, maka bisa menyambungkan ROG Flow Z13 (GZ301) dengan solusi GPU eksternal ROG XG Mobile. Solusi ini sanggup mendukung ROG Flow Z13 (GZ301) menjadi sistem gaming yang sangat tangguh. Kini game modern dapat berjalan lancar tanpa harus menurunkan pengaturan grafis, bahkan dengan pengaturan grafis dan resolusi maksimal. Fitur seperti NVIDIA DLSS 2.0 dan RTX Real-Time Ray-Tracing juga dapat berjalan sangat baik menggunakan ROG XG Mobile.

ROG Flow Z13 (GZ301) dihubungkan dengan ROG XG Mobile

Hasil benchmark pada ROG Flow Z13 (GZ301) dengan ROG XG Mobile adalah sebagai berikut:

Game Benchmark dengan ROG XG Mobile RTX 3080 (1080p)

Sayangnya opsi upgrade ROG Flow Z13 (GZ301) tak sebanyak laptop gaming pada umumnya. Namun masih tersedia opsi untuk meningkatkan media penyimpanan melalui ‘pintu khusus’ di belakang kickstand untuk mengakses SSD. Selain itu, tersedia juga slot Micro SD untuk menambah ruang penyimpanan.

Media penyimpanan pada ROG Flow Z13 (GZ301) menggunakan teknologi SSD 2230 PCIe 4.0 x4 NVMe M.2. Ukuran media penyimpanan ini lebih pendek jika dibandingkan dengan SSD PCIe yang disematkan pada laptop gaming pada umumnya. Hasil pengujian SSD tersebut dengan Crystal Disk Mark 7 Storage Test menunjukkan hasil yang cukup kencang.

Crystal Disk Mark 7 Storage Test

Kinerja prosesor pada ROG Flow Z13 (GZ301) didukung RAM LPDDR5 berkapasitas 16 GB. Kapasitas memori tersebut sangat memadai untuk memenuhi berbagai kebutuhan komputasi harian, bahkan sampai kebutuhan gaming. Hasil pengujian komputasi sehari-hari dengan PCMark 10 memperlihatkan skor yang terbukti sangat andal untuk gaming bekerja dan membuat konten.

PCMark Performance Test

Sistem Pendingin Inovatif

Kestabilan kinerja ROG Flow Z13 (GZ301) didukung sistem pendingin yang inovatif untuk menjaga suhu tidak panas saat menjalankan beban berat. Posisi motherboard pada laptop selalu berdiri sesuai posisi layar, sehingga kipas dapat mengalirkan udara lebih leluasa ketimbang laptop trandisional. Sistem pendingin juga menggunakan vapor chamber khusus yang memiliki fungsi tambahan untuk melepas panas secara langsung. Metode ini berbeda dengan pengguna heatpipe yang hanya dapat mengantar panas dari komponen utama ke heatsink. Proses pendinginan komponen utama ROG Flow Z13 (GZ301) bisa dilakukan secara aktif dan pasid dengan vapor chamber.

Sistem pendingin pada ROG Flow Z13 (GZ301) juga menggunakan kipas Arc Flow Fan terbaru yang memiliki 84 bilah khusus. Ketebalan setiap bilah kipas pun bervariasi sesuai rancangan Variable Blade Thicknes yang mengurangi turbulensi. Desain ini mampu mengalirkan udara lebih baik dan mengoptimalkan pendinginan. Pengujian juga dilakukan dengan 3DMark Stress Test tanpa menggunakan ROG XG Mobile. Hasilnya, ROG Flow Z13 (GZ301) dapat menahan suhu operasional GPU pada suhu rata-rata 71,44⁰C. Sementara itu, suhu operasional CPU berada di rata-rata 64,97⁰C atau termasuk sangat rendah untuk laptop detachable berlayar 13-inci yang ringkas.

3DMark Stress Test

Kipas pada ROG Flow Z13 (GZ301) dapat berputar lebih hening berkat desain anti resonansi pada sistem pendingin. Modul kipas ROG Flow Z13 (GZ301) dilengkapi sistem Self Cleaning 2.0. Teknologi ini membuang debu dan partikel ke luar, serta tak tersangkut dalam sistem pendingin. Sistem pendingin juga dapat terus bekerja optimal berkat Self Cleaning 2.0 yang mengoptimalkan kerja tanpa terganggu debu dan partikel kecil.

Kinerja tangguh dan stabil untuk main game jangka panjang pada ROG Flow Z13 (GZ301) berkat sistem pendingin khusus dan inovatif. Sistem pendingin tersebut juga memungkinkan ROG Flow Z13 (GZ301) hadir sebagai mesin konsol portabel.

Konsol Portabel Merangkap Tablet Tangguh

Fungsi dan komponen pada ASUS ROG Flow Z13 (GZ301) menjadikan perangkat ini bukan sekadar laptop gaming biasa. Perangkat ini dapat berfungsi sebagai tablet dan juga konsol portabel. Kinerja yang tinggi dari laptop gaming detachable ini memungkinkan untuk memainkan berbagai game modern dengan baik. Di beberapa skenario, bahkan kinerjanya dapat mengalahkan laptop dengan bodi yang lebih besar. Keandalan kinerja ini berkat perpaduan sistem pendingin yang tangguh dengan keseluruhan rancang bangun ROG Flow Z13 (GZ301) yang inovatif.

pengujian dengan PCMark 10 Battery

Keterbatasan ruang membuat ROG Flow Z13 (GZ301) tidak dapat mengusung baterai dengan kapasitas sebesar laptop gaming lain. Namun ternyata daya baterai pada laptop gaming ini dapat bertahan lebih dari 5 jam 30 menit. Hasil tersebut berdasarkan pengujian dengan PCMark 10 Battery pada mode modern office. Pengisian daya pun dapat dilakukan melalui port USB tipe-C yang sudah didukung fitur Power Delivery sampai 100 W. Fitur tersebut memungkinkan pengisian daya ROG Flow Z13 (GZ301) menggunakan power bank.

Konektivitas Lengkap

Port yang tersedia pada ROG Flow Z13 (GZ301) termasuk lengkap jika dibandingkan laptop ultra tipis atau laptop detachable lain. Laptop gaming ini masih memiliki port USB tipe-A di sisi kanan sehingga mudah dihubungkan dengan keyboard atau mouse tambahan tanpa dongle. Pada sisi kanan terdapat juga terdapat jack audio kombo 3,5 mm, tombol daya, dan tombol volume. Port USB tipe-C di sisi kiri pun sudah didukung teknologi Thunderbolt 4 dan PowerDelivery. Selain itu, port tersebut juga dapat berperan sebagai display output untuk menghubungkan ke monitor eksternal.

port di sisi kanan ROG Flow Z13 (GZ301)

port di sisi kiri ROG Flow Z13 (GZ310)

Jika port tersebut masih kurang, maka bisa menghubungkan ke perangkat ROG XG Mobile melalui port di sisi kiri. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan berbagai port yang mencakup slot SD card, HDMI dan DisplayPort. Sayangnya penutup port untuk menghubungkan ROG Flow Z13 (GZ301) ke ROG XG Mobile menggunakan penutup karet yang harus dilepas sepenuhnya. Hal ini berisiko penutup port tersebut mudah hilang.
port pada ROG XG Mobile

Konektivitas nirkabel pada ROG Flow Z13 (GZ301) juga sudah didukung teknologi terkini, yaitu Wi-Fi 6E. Teknologi ini memungkinkan koneksi ke jaringan Wi-Fi yang lbeih cepat dan stabil. Prosesor Intel Core generasi ke-12 juga sudah mendukung penggunaan port dengan teknologi Thunderbolt 4 yang serba guna dan berkinerja tinggi.

Harga dan Ketersediaan

ROG Flow Z13 (GZ301) dibanderol dengan harga mulai dari Rp24 jutaan. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Flow Z13 (GZ301) di Blibli
Klik untuk membeli ROG Flow Z13 (GZ301) di Bhinneka
Klik untuk membeli ROG Flow Z13 (GZ301) di Tokopedia
Klik untuk membeli ROG Flow Z13 (GZ301) di Lazada

Klik untuk membeli ROG Flow Z13 (GZ301) di Shopee



Spesifikasi ASUS ROG Flow Z13 (GZ301)

CPU

Sampai prosesor  Intel® Core™ Generasi ke-12 i9-12900H 2,5 GHz (24M Cache, sampai 5,0 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores)

Sistem Operasi

Windows 11 Home

Memori

LPDDR5 2 x 8 GB

Media penyimpanan

SSD PCIe®4.0 NVMe™ M.2 2230 sampai 1TB

Layar

13.4”, sampai WQUXGA (3840 x 2400) 16:10, Touchscreen, 85% DCI-P3, 60Hz 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, Stylus-compatible, Dolby Vision, PANTONE Validated

Grafis

Sampai NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x ROG XG Mobile Interface, 1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / power delivery, 1x card reader (microSD)

Kamera

8MP camera (rear) and 720P HD camera (front)

Konektivitas

Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in array microphone qith AI noise-cancelling, harman/kardon certified audio

Baterai

56WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

30.2 x 20.4 x 1.20 ~ 1.20 cm

Bobot

1,18 kg

Warna

Black

Harga

Rp 24 jutaan

Garansi

2 tahun garansi global

Share:

Artikel Terkini