ASUS Resmi Luncurkan ExpertBook B3000, Laptop Detachable Mungil Bertenaga Snapdragon ASUS Resmi Luncurkan ExpertBook B3000, Laptop Detachable Mungil Bertenaga Snapdragon ~ Teknogav.com

ASUS Resmi Luncurkan ExpertBook B3000, Laptop Detachable Mungil Bertenaga Snapdragon

Teknogav.com – ASUS resmi memperkenalkan laptop detachable mungil pertamanya yang bertenagakan Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform, yaitu ExpertBook B3000. Keistimewaan dari laptop mungil ini adalah daya pada baterai yang awet. Selain itu tentu saja dimensinya yang mungil dan bobotnya yang ringan sehingga mudah dibawa bepergian tanpa terbebani.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia mengungkapkan bahwa ASUS memahami saat ini perangkat komputasi dengan mobilitas tinggi makin dibutuhkan. Menurutnya, ASUS ExpertBook B3000 merupakan jawaban ASUS atas kebutuhan tersebut.

“ExpertBook B3000 tidak hanya memiliki desain detachable yang fleksibel, tetapi juga desain ringkas dan ringan, serta memiliki daya baterai panjang. Fitur tersebut menjadikan laptop ini perangkat yang tepat untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi,” ucap Jimmy Lin.

Baca juga: ASUS ExpertBook B3000 Detachable, Laptop Imut-imut Bertenaga Snapdragon 7c Gen2

Kinerja Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform

Kinerja ASUS ExpertBook B3000 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform. Chipset ini menggunakan CPU Kryo 468 delapan inti yang kecepatannya sampai 2,55 GHz. Arsitektur ARM pada chipset ini dikenal hemat daya, sehingga mampu mendampingi pengguna seharian. Kinerja chipset tersebut didukung oleh RAM LPDDR4X berkapasitas 8 GB yang hemat daya.

Pemrosesan grafis pada chipset tersebut didukung oleh GPU Qualcomm Adreno 618 yang terintegrasi. Prosesor grafis tersebut memiliki kinerja yang efisien sehingga mendukung pengoperasian mengandalkan baterai dalam jangka waktu lebih lama. Chipset Snapdragon ini juga sudah didukung oleh mesin kecerdasan buatan generasi kelima, yaitu Qualcomm Hexagon 692 DSP.

Sumber daya ASUS ExpertBook B3000 mengandalkan baterai berkapasitas 38 Whr yang mampu bertahan sampai 21 jam. Baterai tersebut juga didukung pengisian daya cepat, cukup mengisi daya selama 39 menit untuk mengisi baterai dari kondisi kosong sampai 50%.

Kerennya, laptop detachable mungil ini sudah dibekali dengan sistem operasi Windows 11. Tentunya sensasi penggunaannya berbeda dengan tablet Android yang dipasangkan dengan keyboard. Sistem operasi Windows 11 mendukung berbagai aplikasi yang biasa digunakan bekerja sehari-hari.

Desain Ringkas dan Ringan ASUS ExpertBook B3000

Dimensi ASUS ExpertBook B3000 ini begitu ringkas, ketebalannya hanya 0,9 cm. Bobotnya pun sangat ringan, hanya 590 gram, menjadikannya sebagai laptop yang sangat portabel dan mudah dibawa bepergian. Sebagai laptop detachable, tentu saja ExpertBook dapat digunakan sebagai tablet maupun laptop.

Jika ingin menyangga bodi utama ExpertBook B3000, tersedia ExpertStand cover untuk dipasang di belakang bodi. ExpertStand cover ini juga berfungsi untuk melindungi perangkat. Desain ExpertStand cover ini tersedia dalam dua mode dudukan, sehingga ExpertBook B3000 dapat berdiri secara vertikal maupun horisontal. ExpertBook B3000 mengadopsi desain ErgoLift sehingga posisi perangkat nyaman digunakan untuk mengetik.

Keyboard ExpertBoard yang sudah tersedia dalam paket penjualan mudah dipasang dan dilepas dengan sistem magnet. Desain keyboard tersebut memiliki key travel 1,5 mm, sehingga nyaman untuk mengetik. Keyboard tersebut juga sudah dilengkapi dengan anti tumpahan air sampai 60 cc. Ukuran touchpad pun lapang untuk menavigasi dengan luas 96 x 49 mm. 

Baca juga: Review ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300), Maksimalkan Hiburan dan Sangat Ringan

ASUS ExpertBook B3000 Detachable

Saat digunakan sebagai tablet, tentu saja ExpertBook B3000 mengandalkan pengoperasian menggunakan layar sentuh. Pengoperasian bisa juga didukung dengan stylus yang dapat disimpan pada kompartemen khusus pada bodi ExpertBook B3000. Saat stylus disimpan dalam kompartemen, maka otomatis dilakukan pengisian daya. Hanya membutuhkan waktu 15 detik pengisian daya untuk dapat menggunakan stylus selama 45 menit.
 
Layaknya tablet, ExpertBook B3000 juga dibekali dengan kamera depan dan kamera belakang. Kamera belakang memiliki resolusi 13 MP yang dapat digunakan untuk memotret dan merekam video layaknya menggunakan smartphone. Sementara itu kamera depan memiliki resolusi 5 MP dan dapat digunakan untuk melakukan panggilan video atau konferensi video.

Audio Jernih dan Konektivitas Memadai

ASUS ExpertBook B3000 cocok digunakan pelajar dan pekerja kantoran yang tidak membutuhkan sistem komputasi berkinerja tinggi. Perangkat ini dapat diandalkan untuk melakukan konferensi video yang sudah didukung AI noise cancellation untuk meredam kebisingan. Peredaman kebisingan tersebut menggunakan sistem berbasis kecerdasan buatan (AI). Hasilnya, komunikasi pun dapat berjalan lancar karena suara terdengar jelas. Mikrofon pun mudah dinyalakan atau dimatikan menggunakan tombol khusus pada keyboard.

Tak hanya noise pada audio, noise pada video pun dapat dikurangi dengan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) pada kamera. Teknologi ini dapat mengurangi noise secara signifikan, sehingga tampilan video lebih jernih dan terang walau pencahayaan kurang.

Baca juga: Review ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Andalkan 4G dan Fitur-fitur Edukasi

Konektivitas pada ExpertBook B3000 mengandalkan Wi-Fi yang didukung teknologi ASUS Wi-Fi SmartConnect. Teknologi ini dapat menghubungkan perangkat ke jaringan dengan kualitas sinyal terbaik secara otomatis. Koneksi nirkabel lain yang sudah tersedia adalah Bluetooth 5.1 untuk menghubungkan laptop dengan perangkat lain, seperti mouse atau earphone.

Layar ExpertBook B3000

ASUS ExpertBook B3000 Detachable

ExpertBook B3000 memiliki layar sentuh berukuran 10,5 inci dengan resolusi 1920 x 1200 piksel dan rasio aspek 16:10. Layar tersebut aman bagi mata, karena dapat mengurangi paparan sinar biru berbahaya. Keamanan layar tersebut dijamin oleh sertifikasi low blue light  oleh TÜV Rheinland, sehingga mata tak cepat lelah dan sehat selalu.

ASUS Antibacterial Guard

Kesehatan pengguna juga dijaga dengan melapisi keyboard ExpertBoard dengan ASUS Antibacterial Guard yang menyandang sertifikasi ISO 22196 dan diakui internasional. Lapisan pelindung berbahan khusus tersebut, dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya sampai 99% dalam waktu 24 jam. ASUS Antibacterial Guard memastikan ExpertBoard selalu steril dan tidak menjadi sarang bakteri berbahaya.

ASUS ExpertBook B3000

Harga dan Garansi

ASUS ExpertBook B3000 dibanderol dengan harga Rp7 jutaan. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplaceberikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS ExpertBook B3000 di Blibli

Klik untuk membeli ASUS ExpertBook B3000 di Tokopedia

Sebenarnya ASUS telah membekali semua laptop dengan garansi perbaikan 1 tahun yang berlaku jika kerusakan bukat akibat kelalaian pengguna. Nah, demi melengkapi garansi tersebut, ASUS memberikan ASUS Expert Warranty yang menanggung 80% biaya suku cadang untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna satu kali di tahun pertama. Garansi ini tentu saja dapat menghilangkan kekhawatiran pengguna akibat kerusakan yang tak disengaja.
 

Spesifikasi ASUS ExpertBook B3000

CPU

Qualcomm® Snapdragon™ 7c Gen 2 (1MB L3 Cache, up to 2.55GHz, 8 cores)

Sistem Operasi

Windows 11 Home in S Mode

Memori

LPDDR4X on board 8 GB

Media Penyimpanan

eMMC 128 GB

Layar

10,5 inci, WUXGA (1920 x 1200) 16:10 60Hz, touchscreen, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 320nits, sRGB 121%

Grafis

Qualcomm® Adreno™ GPU 618

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display + power delivery

1x jack audio kombo 3,5 mm

Konektivitas

Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2, Bluetooth 5.1

Kamera

5.0 MP front-facing camera

13.0 MP world-facing camera

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone

Baterai

38WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimensi

26.03 x 17.21 x 0.89 ~ 0.90 cm

Bobot

590 gram

Harga

Rp7.399.000

Garansi

1 tahun garansi internasional + ASUS Expert Warranty

Share:

Artikel Terkini