Huawei Cloud Region Indonesia Siap Dukung Inisiatif “Making Indonesia 4.0” Huawei Cloud Region Indonesia Siap Dukung Inisiatif “Making Indonesia 4.0” ~ Teknogav.com

Huawei Cloud Region Indonesia Siap Dukung Inisiatif “Making Indonesia 4.0”

Teknogav.com – Huawei Cloud resmi meluncurkan Region Indonesia pada 24 November 2022. Region Indonesia ini merupakan hub regional dari 29 zona ketersidiaan global (availability zone/AZ) Huawei Cloud. Ketanggunan Region ini dalam menghadapi bencana telah menyandang sertifikasi level-6 Disaster Recovery Institute International (DRI). Arsitektur DR aktif ganda 3AZ baru mendukung peralihan beban kerja dalam hitungan menit dan memastikan 99,99% ketersediaan tinggi (HA). Selain itu juga menjamin nol kehilangan data dan layanan yang berkesinambungan.

Kehadiran Region Indonesia memungkinkan operator lokal terhubung langsung dengan akses one-hop cloud dalam waktu 20 milidetik di kota-kota besar Indonesia. Kemampuan tersebut siap menyajikan pengalaman pengguna yang premium untuk menikmati multimedia secara real-time, game online dan live e-commerce.

Baca juga: AWS Asia Pacific (Jakarta) Region Dukung Pemberdayaan Developer Lokal

Beberapa pejabat negara turut menghadiri acara peluncuran ini, yaitu sebagai berikut:

  • Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
  • Hinsa Siburian, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)
  • Lu Kang, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia
  • Deng Xijun, Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN
  • Djauhari Oratmangun, Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok
  • Dr. Ir. Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika
  • Jona Widhagdo Putri, Penasihat Menko Kemaritiman dan Investasi
  • Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
  • Marsda TNI Arif Mustofa, Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi Informasi dan Aparatur, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
  • Andi Maulana, Plt. Deputi Bidang Teknologi Informasi Penanaman Modal, Kementerian Investasi/BKPM dan lain-lain

Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi


Luhut mengungkapkan bahwa pusat data lokal berbasis cloud terkini Huawei dapat mendukung strategi mencapai visi nasional Indonesia Emas 2045. Dukungan tersebut melalui penyediaan platform untuk mengembangkan ekosistem digital lokal dan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital.

Hal senada pun diungkapkan Lu Kang, menurutnya Huawei Cloud Data Center dapat mendukung strategi ‘Making Indonesia 4.0’. Huawei Cloud Data Center diyakini dapat menjadi salah satu pilar ekonomi digital Indonesia. Keberadaan Region Indonesia ini dapat mendukung lebih banyak usaha mikro, kecil dan menengah dalam melakukan transformasi digital.

Baca juga: Data Center AREA31 Siap Beroperasi di Kuartal I 2022

Region Indonesia adalah hub regional KooVerse, infrastruktur global penyimpanan, komputasi dan sumber daya jaringan Huawei Cloud. Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia mengungkapkan bahwa area inti yang tercakup dalam Region Indonesia dapat merasakan latensi yang rendah. Arsitektur pemulihan bencana (DR) dual-aktif melandasi cloud lokal tersebut sehingga 99,99% tersedia untuk mempercepat inovasi dan upgrade industri.

Huawei Cloud Dukung Berbagai Sektor di Indonesia

Dalam rangka mewujudkan produktivitas digital dan mempercepat digitalisasi, Huawei bekerja sama dengan pelanggan dan mitra. Hal ini dilakukan sesuai dengan dedikasi Huawei dalam menghadirkan cloud native, AI dan big data bagi Indonesia. Berikut ini adalah beberapa peran Huawei Cloud dalam mendukung berbagai sektor di Indonesia:

  • Keuangan: pengembangan aplikasi neobank yang memungkinkan nasabah Bank Neo Commerce menikmati layanan keuangan online yang efisien.
  • Media: menyediakan platform streaming langsung premium Detik Network bagi 200 pengguna secara nasional. Platform ini memberi pengalaman menonton yang cepat bagi 700 ribu penonton di saat yang bersamaan saat ajang MotoGP berlangsung.
  • Logistik: membangun jaringan layanan logistik global J&T Express. Jaringan tersebut mendukung pra-penjualan yang efisien dan layanan darurat 24/7 bagi lebih dari 600 juta pelanggan.
Baca juga: Gelar Huawei Cloud Indonesia Summit, Jakarta Region Segera Meluncur

Di Indonesia, Untuk Indonesia

Selama 22 tahun terakhir, Huawei memiliki komitmen untuk mendukung pemerintah dan perusahaan Indonesia menjadi digital. Hal ini demi mewujudkan ‘Di Indonesia, untuk Indonesia’. Berikut ini beberapa upaya Huawei dalam mewujudkan hal tersebut:

  • Peningkatan infrastruktur cloud lokal dengan menginvestasikan USD300 juta dalam lima tahun mendatang
  • Mengembangkan solusi lokal untuk tekologi dan kesuksesan bersama melalui kerja sama dengan 1.000 mitra Indonesia
  • Membangun ekosistem lokal dan mengembangkan 100.000 profesional dengan bergabung bersama lembaga pemerintah, perusahaan dan universitas. Upaya tersebut dilakukan melalui program yang mencakup Huawei ASEAN Academy dan berbagai kompetisi bagi para developer.
  • Pemberdayaan multidimensi dengan mendukung 500 startup. Hal ini termasuk pengoptimalan biaya, dukungan teknis, pelatihan kewirausahaan dan sumber daya bisnis
  • Memberikan layanan penuh dan profesional selama 24 jam dalam 7 hari dengan menambah 600 posisi baru

Huawei Cloud siap membantu perusahaan menjadi digital, memberdayakan mitra untuk berkembang, mendukung startup dan memupuk talenta digital. Upaya tersebut dilakukan berbekal teknologi dan keahlian yang dimiliki Huawei, demi mewujudkan ekonomi digital di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini