Review ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Andalkan 4G dan Fitur-fitur Edukasi Review ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Andalkan 4G dan Fitur-fitur Edukasi ~ Teknogav.com

Review ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Andalkan 4G dan Fitur-fitur Edukasi


Teknogav.com – ASUS memperkenalkan ExpertBook B3 Flip (B3402) berbarengan dengan ExpertBook B7 Flip (B7402). Kedua laptop ini masuk dalam lini laptop bisnis ASUS. Bedanya, ExpertBook B7 Flip ditujukan untuk kebutuhan bekerja yang menuntut kinerja tinggi, sedangkan ExpertBook B3 Flip ditujukan untuk edukasi. Nah, pada kesempatan ini Teknogav.com berkesempatan untuk mereview ExpertBook B3 Flip (B3402).

Sebagai laptop pendidikan, ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dibekali kamera tambahan yang letaknya di atas barisan tombol keyboard bagian kiri. Fungsi kamera ini agar dapat digunakan merekam penjelasan pengajar sambil menatap layar ketika digunakan dalam mode tent atau mode tablet. Sebagai anggota lini laptop bisnis, tentu saja pada kamera sudah dilengkapi dengan shutter untuk menjaga privasi. Layar sentuh laptop pun dapat dioperasikan menggunakan Stylus, serunya ada slot untuk menyimpan stylus juga di sisi samping laptop.

Baca juga: ASUS Segera Luncurkan Seri ExpertBook Terkini dengan Koneksi 4G dan 5G

Keistimewaan lain dari laptop ini adalah sudah tersedianya konektivitas menggunakan jaringan 4G LTE. Dukungan konektivitas ini memudahkan pelajar untuk dapat membawa laptop belaljar di mana saja tanpa harus bergantung keberadaan jaringan Wi-Fi. Jadi ketika praktikum sampai ke hutan atau karyawisata, informasi tetap dapat diakses menggunakan koneksi seluler 4G. Jika belajar di kelas yang menyediakan kabel LAN, maka laptop ini juga mendukung koneksi melalui port RJ 45.

Ketersediaan port pada laptop ini memang cukup lengkap. Beberapa port USB yang tersedia mencakup USB 2.0 tipe-A, USB 3.1 Gen 1 tipe-A, dan 2 port USB tipe C. Port USB tersebut sudah didukung teknologi Thunderbolt 4 yang mendukung Power Delivery dan koneksi ke perangkat display. Selain itu, tersedia juga port HDMI dan jack audio 3,5 mm.

Laptop ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-11. Opsi prosesor yang tersedia adalah Intel® Core™ i7-1165G7 dan Intel® Core™ i5-1135G7. Pada laptop yang direview ini prosesor yang digunakan adalah Intel® Core™ i7-1165G7 yang kinerjanya didukung RAM DDR4 berkapasitas 8 GB. Sistem operasi yang digunakan pada laptop ini sudah Windows 11.

Baca juga: ASUS Luncurkan Dua Laptop Khusus Pelajar, BR1100CKA dan BR1100FKA

Kinerja ExpertBook B3 Flip (B3402)

Pada review ini, prosesor yang digunakan ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah Intel® Core™ i7-1165G7 yang memiliki nama kode Tiger Lake. Prosesor ini diproduksi mengggunakan metode 10 nm dan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2020. Intel® Core™ i7-1165G7 memiliki 4 inti prosesor dan 8 threads. Kecepatan clock prosesor 2,8 GHz dan bisa diboost sampai 4,7 GHz. Keistimewaan prosesor ini adalah memiliki kinerja yang cepat, namun hemat daya.

Kinerja prosesor ini didukung oleh RAM DDR4 3200 MHz berkapasitas 8 GB, selain itu tersedia juga opsi dengan RAM berkapasitas 16 GB. Serunya kapasitas RAM yang digunakan pada laptop ini dapat ditingkatkan sampai 48 GB.

Sementara itu media penyimpanan pada laptop ini menggunakan SSD PCIe Generasi ke-3 dengan kapasitas 512 GB. Teknologi SSD PCIe 3.0 ini turut mendukung kecepatan memuat aplikasi dan proses booting. Kecepatan dalam mengakses data yang disimpan di dalam media penyimpanan SSD ini pun tak perlu diragukan. Jika dibandingkan HDD, teknologi SSD juga lebih tahan banting karena tak memiliki komponen bergerak dan mengandalkan chip NAND Flash.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

 Dari segi pemrosesan grafis, ExpertBook B3 Flip (B3402) mengandalkan GPU Intel Iris Xe yang terintegrasi dengan prosesor. Jika dibandingkan dengan kinerja Intel HD Graphics, maka kinerja Intel Iris Xᵉ Graphics ini lebih tinggi. Kinerja GPU Intel Xᵉ Graphics bahkan bisa menyaingi kinerja prosesor grafis discrete. Keandalan dari GPU ini adalah hemat daya, sehingga menunjang laptop agar memiliki daya baterai yang tahan lama. Perpaduan Prosesor Intel Core gen-11 dan GPU Intel Iris Xᵉ Graphics mendukung daya baterai dapat bertahan lebih lama.

Layar ExpertBook B3 Flip dan Lapisan Anti Bakteri

ExpertBook B3 Flip merupakan laptop convertible dengan layar berukuran 14 inci. Laptop ini dilengkapi dengan fitur Eye Care untuk mengurangi paparan sinar biru yang dapat merusak mata sampai 70% lebih rendah. Fitur yang menyandang sertifikasi low-blue light dari TUV Rheinland ini menjamin kesehatan mata walau menggunakan laptop dalam jangka waktu panjang.

Selain itu di bagian bodi yang sejajar dengan keyboard, dipasang lapisan anti bakteri dari bahan khusus. Lapisan anti bakteri tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri sampai 99% dan diuji ilmiah dengan standar ISO 22196 dan JIS Z2801. Pemasangan anti bakteri di sekitar keyboard dilakukan karena bagian tersebut merupakan bagian bodi yang paling seringg disentuh.

Baca juga: ASUS ExpertBook B3 Flip, Siap Penuhi Mobilitas Tinggi Tahun 2022

Kamera dan Stylus

Sebagai laptop convertible, tentu saja ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dapat diputar sampai 360˚ untuk dijadikan mode tablet. Ketika dalam mode tablet, pengoperasiannya mengandalkan layar sentuh. Nah, demi memaksimalkan pengoperasian dengan layar sentuh, laptop ini dibekali stylus yang bisa disimpan pada kompartemen khusus di bodi laptop. Pengisian daya stylus ini dilakukan otomatis saat berada di dalam kompartemen tersebut. Waktu pengisian daya sangat cepat, hanya 15 detik, maka stylus bisa digunakan selama 45 menit.

slot stylus di ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Touchpad di ExpertBook B3 Flip (B3402) ini pun dapat berfungsi sebagai NumberPad 2.0 sehingga mudah mengetikkan angka dari touchpad. Keberadaan NumberPad 2.0 di touchpad ini mengatasi absennya tombol numpad fisik di keyboard karena keterbatasan ruang.

Numpad 2.0 di touchpad ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Di awal telah disinggung bahwa ExpertBook B3 Flip (B3402) dibekali dengan kamera kedua, yaitu World Facing Camera. Penempatan kamera ini sejajar dengan keyboard dan menghadap ke atas saat digunakan dalam mode clamshell standar. Kamera dengan resolusi 13 MP ini sebenarnya berperan sebagai kamera utama saat berada di mode tent atau tablet. Ini karena posisi kamera ini berada di balik layar laptop saat berada di mode tersebut. Penggunaan kamera ini fleksibel di berbagai kegiatan, seperti untuk merekam atau mengambil gambar papan tulis langsung dari tempat duduk. Selain itu bisa juga untuk mendukung penggunaan augmented reality.

 Baca juga: Review VivoBook Pro 14 OLED (K3400), Laptopnya Kreator Muda

posisi kamera di atas keyboard ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Konektivitas

Port yang tersedia pada ExpertBook B3 Flip cukup lengkap. Di sisi kiri bodi laptop terlihat dua port USB tipe-C yang didukung teknologi Thunderbolt 4. Kedua port tersebut dapat digunakan untuk mengisi daya dan disambungkan ke perangkat display. Di sebelah port tersebut terdapat port USB tipe-A, port HDMI dan slot untuk menyimpan stylus. Port HDMI ini mempermudah pengguna untuk menghubungkan perangkat monitor atau proyektor.

sisi kiri ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Beralih ke sisi kanan, terdapat port RJ 45, USB tipe-A, slot SIM card combo, jack audio dan tombol volume. Slot SIM card combo ini bisa digunakan untuk memasang kartu SIM berukuran nano dan membaca kartu MicroSD. ExpertBook B3 Flip ini sudah dilengkapi dengan antena dan modem 4G LTE internal, sehingga laptop dapat terhubung ke jaringan 4G. 

sisi kiri ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Cara terhubung ke jaringan 4G ini begitu mudah, cukup pasang kartu SIM pada slot yang tersedia. Laptop ini juga memiliki fitur hotsopt sehingga dapat berbagi koneksi 4G ke perangkat lain secara tethering Wi-Fi. Tentu saja koneksi nirkabel lain pada ExpertBook B3 Flip (B3402) ini juga sudah didukung teknologi Wi-Fi 6. Sedangkan untuk koneksi menggunakan kabel, terdapat port RJ 45 sebagai port ethernet LAN dengan mac address unik di setiap laptop

Jika ingin menghubungkan laptop dengan berbagai aksesori atau perangkat eksternal secara nirkabel, maka bisa menggunakan Bluetooth. Teknologi Bluetooh pada ExpertBook B3 Flip (B3402) ini sudah menggunakan Bluetooth 5.0.

Dukungan Keamanan

ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dirancang dengan keamanan kelas enterprise, baik dari sisi perangkat lunak maupun perangkat keras. Salah satunya adalah modul TPM 2.0 untuk melindungi data pengguna. Selain itu terdapat sensor sidik jari untuk memudahkan login ke sistem Windows sekaligus mencegah orang lain mengetahui kata sandi.

Di awal juga telah disinggung bahwa kamera yang disematkan di dekat layar dilengkapi webcam shield untuk menjaga privasi. ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dilengkapi dengan secure file shredder untuk memastikan data benar-benar dihapus dan tak dapat dipulihkan.

ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dirancang dengan bodi yang tangguh secara fisik. Laptop ini bahkan sudah menyandang sertifikasi ketahanan berstandar militer Amerika Serikat (MIL STD-810H). Sertifikasi ini diperoleh setelah lolos berbagai pengujian ekstrem dan mampu berooperasi hampir di segala kondisi.

Fitur anti-spill pada keyboard pun menjaga laptop tetap aman walau terkena tumpahan air sampai 330 ml. Seluruh port juga dibekali struktur penahan khusus untuk mengurangi risiko kerusakan secara fisik. Bodi laptop pun diperkuat dengan rangka khusus yang tangguh sehingga aman untuk dibawa bepergian.

Benchmark

Ketika melakukan benchmarking ExpertBook B3 Flip (B3402) menggunakan PC Mark 10, nilai keseluruhan yang diperoleh adalah 4.863. Sementara itu nilai Essential yang diperoleh adalah 9.116 yang menunjukkan keandalan dalam mengerjakan tugas-tugas sederhana. Nilai Productivity yang diraih laptop ini adalah 6.593. Berikut ini adalah rincian nilai yang diperoleh.

Hasil benchmarking dengan PC Mark 10

Pada pengujian menggunakan Pass Mark, nilai keseluruhan yang diperoleh adalah 5.512. Nilai tersebut lebih tinggi jika dibandingkan nilai yang diraih Zenbook 13 UX325 dengan prosesor yang sama, yaitu 4.952. Kedua laptop tersebut meraih nilai di atas rata-rata dunia yang hanya 2.814. Nilai kinerja CPU yang diraih ExpertBook B3 Flip (B3402) ini sangat tinggi, yaitu 11.312, sedangkan rata-rata dunia hanya 7.270.

Baca juga: Review ASUS ZenBook 13 (UX325), Laptop Mungil Elegan dengan Intel Core Gen-11

skor uji kinerja dengan PassMark

skor uji CPU dengan PassMark

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel Core i7-1165G7 ini masih di atas Intel Core i7-8750H. Sayangnya peringkat yang diraih masih di bawah Intel Core i7-9750H dan AMD Ryzen 5 4500U.

peringkat prosesor yang disusun PassMark

Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ExpertBook B3 (B3402) adalah 849. Nilai ini sedikit di atas ZenBook 13 (UX325) yang meraih 811. Nilai yang diraih kedua laptop tersebut jauh di atas rata-rata yang hanya 604.

Uji Video Card 2D

Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah 2.100. Sayangnya nilai ini sedikit lebih rendah dibandingkan yang diraih ZenBook 13 (UX325), yaitu 2.342. Namun nilai tersebut masih di atas rata-rata 1.781. ExpertBook B3 Flip (B3402) berhasil meraih nilai 14.013 pada benchmarking Disk Mark. Nilai tersebut jauh di atas rata-rata dunia 3.668.
uji memori

uji diskmark

Pada benchmarking CPU menggunakan GeekBench 4, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 6.118 dan multi core 16.920. Sedangkan untuk uji Open CL dilakukan pada GPU Iris Xe nilai yang diperoleh adalah 48.425.

Benchmarking CPU dengan GeekBench 4
Benchmarking dengan Geekbench 4

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU Z ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Hasil benchmark lainnya adalah sebagai berikut:


Harga yang dibanderol pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) mulai dari Rp15, 6 jutaan

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) di Blibli
Klik untuk membeli ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) di Tokopedia
Klik untuk membeli ExpertBook B3 Flip (B3402) di Bukalapak
Klik untuk membeli ExpertBook B3 Flip (B3402) di Shopee

Kelebihan

ExpertBook B3 Flip (B3402) ini sangat menunjang kegiatan dengan fitur-fitur khusus yang diusungnya. Kamera tambahan memudahkan pelajar untuk merekam pengajar saat menyampaikan materi di depan kelas. Selain itu kamera tambahan ini juga mendukung penggunaan AR. Ketersediaan stylus beserta dengan slot untuk menyimpan dan mengisi daya pun memudahkan pengoperasian layar sentuh.

Prosesor yang digunakan laptop untuk pendidikan ini pun cukup tangguh dengan Intel Core generasi ke-11. Dukungan konektivitas 4G LTE pun memungkinkan untuk tetap terhubung walau tak ada tersedia jaringan Wi-Fi di sekitar. Konektivitas secara kabel pun masih menyediakan port RJ 45 sehingga tak perlu memakai konverter jika ingin memasang kabel ethernet LAN. Port yang tersedia memang cukup lengkap, termasuk USB tipe-C yang sudah didukung teknologi Thunderbolt 4 dan Power Delivery.

Keamanan pada saat menggunakan laptop pun terjaga, dengan berbagai fitur keamanan laptop bisnis. Termasuk modul TPM 2.0, fitur file shredder, sensor sidik jari dan webcam shutter.

Kekurangan

Bobot laptop ini cukup berat, yaitu 1,61 kg sehingga cukup membebani anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Laptop ini pun belum menyandang sertifikasi Intel EVO.

Spesifikasi ExpertBook B3 Flip (B3402)

CPU

Prosesor Intel® Core™ i7-1165G7 2,8 GHz (12M Cache, sampai 4,7 GHz)

Prosesor Intel® Core™ i5-1135G7 2,4 GHz (8M Cache, sampai 4,2 GHz)

Sistem Operasi

Windows 11 Pro

Windows 11 Home

Memori

DDR4 3200 MHz 16 GB

DDR4 3200 MHz 8GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® Gen3 1 TB

SSD PCIe® Gen3 512 GB

SSD PCIe® Gen3 256 GB

Layar

14”, FHD (1920x1080) 16:9, IPS, 250 nits, rasio layar-ke-bodi 80%, layar sentuh dengan dukungan stylus

Grafis

GPU Intel Iris X terintegrasi

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.0a, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x RJ45 Gigabit Ethernet

Kamera

HD Web Camera with privacy shutter

13.0M World Facing Camera

Konektivitas

Wi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2, 4G LTE

Audio

Built-in array microphone qith AI noise-cancelling, Built-in speakers

Baterai

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimensi

32.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm

Bobot

1,61 kg

Keamanan

Computrace ready from BIOS

Trusted Platform Module (TPM) 2.0

Kensington Security Slot™

Sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya

Harga

Mulai dari Rp14 jutaan (tanpa 4G LTE)

Mulai dari Rp15 jutaan (dengan 4G LTE)

Garansi

3 tahun garansi global


Share:

Artikel Terkini