MediaTek Kompanio 520 dan Kompanio 528 Siap Tingkatkan Kinerja Chromebook MediaTek Kompanio 520 dan Kompanio 528 Siap Tingkatkan Kinerja Chromebook ~ Teknogav.com

MediaTek Kompanio 520 dan Kompanio 528 Siap Tingkatkan Kinerja Chromebook

Teknogav.com - MediaTek menghadirkan chipset terkini dengan kinerja yang telah ditingkatkan untuk Chromebook entry-level, yaitu Kompanio 520 dan Kompanio 528. Peningkatan tersebut mencakup kemampuan komputasi yang lebih tinggi dan masa pakai baterai yang lebih awet. Kemampuan tersebut menyajikan pengalaman yang mulus untuk streaming, main cloud game dan menggunakan aplikasi Google Play. 

“Efisiensi daya yang ditingkatkan, kinerja cepat, serta konektivitas andal adalah esensi dari pengalaman pengguna yang luar biasa. Inilah yang benar-benar dihadirkan chipset Kompanio dari MediaTek. Sebagai perusahaan penyedia Chromebook berbasis Arm No. 1, MediaTek membuat fitur AI, konektivitas, tampilan, fitur pencitraan terbaru yang dapat dijangkau dengan rentang harga yang luas," ucap Adam King, Vice President and General Manager, Client Computing Business Unit at MediaTek.

Baca juga: MediaTek Kompanio 900T Dukung Komputasi Laptop dan Tablet

Kompanio 520 dan Kompanio 528 sama-sama menggunakan dua inti CPU Arm Cortex-A76 premium terpadu dalam satu CPU 8 inti. Kecepatan clock pada Kompanio 520 sampai 2 GHz, sedangkan kecepatan clock pada Kompanio 528 mencapai 2 2 GHz. Kinerja chipset tersebut dapat mengoptimalkan daya baterai, sehingga bisa lebih lama menggunakan perangkat di antara pengisian daya. 

Perpaduan CPU delapan inti yang tangguh tersebut dengan opsi memori dan opsi penyimpanan yang efisien mampu meningkatkan kinerja throughput data. Hal ini memudahkan kemampuan multitasking sehingga proses booting pun dapat dilakukan dalam hitungan detik. 

Selain itu, kedua chipset juga menggunakan prosesor grafis dua inti yang ditingkatkan untuk menyajikan kinerja yang halus dan responsif. Layar Full HD+ didukung kedua chipset tersebut, bahkan memungkinkan untuk menambah layar eksternal Full HD. Jika dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya, maka chipset ini memberikan resolusi dua kali lipat lebih baik. Penggunaan monitor ganda pun dimungkinkan untuk mendukung pengerjaan lebih banyak tugas. Pengguna juga bisa menyambungkan ke smart TV untuk memutar film atau memakai proyektor untuk proses pembelajaran. 

Baca juga: MediaTek Kompanio 1380 Chipset Chromebook yang Dukung Penghematan Daya Baterai

Unit pemrosesan AI atau AI Processing Unit (APU) dua inti diintegrasikan oleh kedua chipset tersebut. Pengintegrasian tersebut dilakukan untuk meningkatkan AI yang dipercepat ke aplikasi bersama dengan fitur kamera AI. 

Para produsen juga bisa memadukan solusi Filogic Wi-Fi 6 MediaTek dengan Kompanio. Perpaduan tersebut akan memberikan pengalaman konektivitas yang cepat dan andal ketika melakukan streaming dan cloud gaming

Sejumlah peningkatan prosesor pencitraan pada chipset Kompanio memungkinkan produsen Chromebook menggunakan kamera 32 MP untuk menangkap gambar yang detail. Chipset ini didukung mesin pencitraan perangkat keras MediaTek sehingga dapat otomatis menyempurnakan fotografi dan videografi di belakang layar. Kemampuan tersebut bahkan dapat dilakukan dalam pencahayaan yang kurang. 

Baca juga: Siap Tenagai Tablet, Ini Fitur-fitur Andalan MediaTek Kompanio 1300T

Peningkatan mesin multimedia pada chipset ini mencakup dekoding VP9 dan enkoding H. 265, sehingga meningkatkan kinerja dua kali lebih cepat. Selain itu juga terdapat Hi-Fi 5 DSP khusus yang mendukung pemrosesan audio mikrofon dengan daya yang rendah. Perekaman video Full HD 60 fps juga didukung chipset ini sehingga bisa melangsungkan konferensi video dengan lancar. 

Fitur-fitur Utama Chipse Kompanio 520 dan Kompanio 528 

Berikut ini adalah beberapa fitur utama lain dari chipset  Kompanio 520 dan 528:

  • Arm Mali G52 MC2 2EE
  • Memori LPDDR4x dengan frekuensi maksimum 3733 Mbps
  • Penyimpanan eMMC 5.1 dengan antrean perintah perangkat keras
  • Hi-Fi 5 DSP
  • Dukungan layar 2520 x 1080 piksel pada 60 Hz dan dukungan layar monitor eksternal 1920 x 1080 piksel pada 60 Hz
  • Resolusi 1920 x 1080 piksel pada format video 60 fps 

Chromebook yang ditenagai chipset Kompanio 520 dan Kompanio 528 akan tersedia di pasaran pada semester pertama tahun 2023. 

Share:

Artikel Terkini