Rayakan Ulang Tahun, ViewSonic Pertegas Strategi “Ecosystem as a Service” Rayakan Ulang Tahun, ViewSonic Pertegas Strategi “Ecosystem as a Service” ~ Teknogav.com

Rayakan Ulang Tahun, ViewSonic Pertegas Strategi “Ecosystem as a Service”

Teknogav.com – ViewSonic Corp merupakan penyedia solusi visual dan EdTech yang telah bertansformasi dari penyedia perangkat keras menjadi penyedia solusi. Dalam rangka perayaan ulang tahun ke-35, ViewSonic kembali mempertegas strategi ‘Ecosystem as a Service’ (EaaS) mereka. Berbekal pengalaman dan keahlian bertahun-tahun, ViewSonic berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan mitra-mitranya. Hal ini dilakukan untuk memperkuat seluruh ekosistem dan mempromosikan kalangan industri untuk bertransformasi menjadi lebih baik.

“Awal didirikan tahun 1987, ViewSonic berkecimpung pada bisnis produksi monitor. Kami mengembangkannya ke lini produk lain dan berhasil meraih pencapaian luar biasa di segmen korporasi, konsumen, dan dunia pendidikan,” ucap Eko Handoko Wijaya, Country Manager ViewSonic Indonesia.

Eko Handoko Wijaya, Country Manager ViewSonic Indonesia memberikan presentasi pada acara ViewSonic Solution Day

Seiring cepatnya perubahan lingkungan, ViewSonic menanggapi dengan mulai melakukan transformasi perusahaan dan mengembangkan solusi-solusi terintegrasi. Solusi-solusi tersebut mengintegrasikan perangkat lunak, perangkat keras dan layanan. ViewSonic memiliki visi menjadi inspirasi dunia untuk melihat perbedaan antara hal yang biasa dan luar biasa.

“Berpijak pada visi ViewSonic, kami terus melakukan kemitraan lebih dekat lagi dengan para pelaku industri. Upaya tersebut dilakukan guna mempercepat inovasi dan mengatasi permasalahan konsumen,” ucap Eko.

Baca juga: Solusi Visual ViewSonic Komprehensif untuk Perorangan, Bisnis dan Pendidikan

Transformasi yang dilakukan ViewSonic membuat perusahaan tersebut berhasil meraih penghargaan dalam Ding-Ge Digital Tranformation Award. Tak tanggung-tanggung, ada dua penghargaan yang berhasil diraih ViewSonic, yaitu ‘Business Model Transformation’ dan ‘ESG Special Award’. Penghargaan tersebut digelar oleh Harvard Business Review Global Traditional Chinese Edition. Pemberian penghargaan tersebut merupaka pengakuan terhadap transformasi ViewSonic dan perusahaan perangkat keras menjadi penyedia solusi. Penghargaan yang diterima ViewSonic juga menunjukkan kontribusi perusahaan terhadap tanggung jawab sosial dan keberlanjutan.

Ecosystem as a Service (EaaS)

Konsep EaaS yang diusung ViewSonic bertujuan untuk mengikutsertakan para pemangku kepentingan di kalangan industri dalam proses pengembangan solusi. Upaya ini dilakuakn demi menciptkan layanan baru yang bermanfaat. Strategi EaaS yang telah dierapkan ViewSonic di sektor pendidikan telah meraih hasil yang memuaskan. Rencananya, ViewSonic akan menerapkan strategi EaaS ini di segmen lain dan kemudian memperluasnya secara global.

ViewSonic bekerja sama dengan pemerintah, sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan dalam proyek perdana ini. Langkah tersebut dilakukan untuk meluncurkan serangkaian program pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan kemampuan pengajaran digital bagi para guru.  ViewSonic juga mendorong para guru untuk membuat materi pembelajaran yang inovatif untuk pelajaran mereka. Komunitas bagi para pendidik pun dibangun ViewSonic melalui keterlibatan di platform media sosial onlilne. Para guru dapat berbagi pengalaman dan bertukar gagasan mengenai pengajaran secara digital dan diversifikasi pembelajaran melalui komunitas tersebut.

Baca juga: BenQ DuoBoard Interactive Flat Panel Perluas Kolaborasi Rapat Tanpa Batas

Demi menemukan permasalahan seputar pengajaran digital, seluruh pemangku kepentingan di industri pendidikan dapat berkumpul dan berkolaborasi dengan ViewSonic. Keterlibatan seluruh aspek dapat membentuk ekosistem yang menyeluruh dalam industri pendidikan. Viewsonic akan terus mengembangkan proyek lain untuk bekerja dalam ekosistem dan bermitra dengan pemangku kepentingan lainnya di perusahaan/kelembagaan/perhotelan dan sebagainya.

Transisi EdTech dari 2D ke 3D

ViewSonic menyediakan solusi menyeluruh yang mengintegrasikan layar interaktif ViewBoard, perangkat lunak myViewBoard dan ekosistem EdTech. Selama pandemi COVID-19, ViewSonic menawarkan myViewBoard bagi K-12 dan perguruan tinggi secara gratis, untuk mendukung pengajaran dan pembelajaran online selama sekolah-sekolah tutup. Sampai kini, ada lebih dari 6 juta pengguna myViewBoard di seluruh dunia.

peragaan penggunaan solusi ViewSonic untuk kegiatan belajar mengajar di booth ViewSonic Academy

Kendati demikian, saat ini model pembelajaran online masih terbatas akibat kurangnya interaksi. Kondisi ini mempersulit para pendidik untuk mengevaluasi siswa selama pembelajaran. ViewSonic mengatasi masalah tersebut dengan meningkatkan pengalaman belajar digital dari lingkungan pendidikan 2D ke lingkungan 3D yang imersif.

Pengajaran dan pembelajaran layaknya saat berada di ruang kelas dapat dilakukan dengan pengenalan terhadap UNIVERSE by ViewSonic. Ini adalah metaverse bagi dunia pendidikan, para pendidik dan siswa. Para guru dapat melibatkan siswa-siswinya dalam diskusi kelompok dengan memadukan pengendali intuitif dan berbagai peralatan, sehingga umpan balik diperoleh real-time. Avatar personal pun memungkinkan siswa-siswi untuk mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan teman-temannya. UNIVERSE menyajikan suasana yang saling memiliki, baik para guru maupun siswa-siswi mereka yang tak tersedia di platform pembelajaran lain.

Solusi ViewSonic Tingkatkan Efisiensi, Fleksibilitas dan Kinerja

Sejak pandemi melanda, telah terjadi perubahan fondasi dan gaya hidup masyarakat. Dalam rangka mengatasi rintangan yang ada untuk berinteraksi, teknologi baru pun diadopsi oleh masyarakat. Kalangan pebisnis pun mencari solusi yang canggih dan efisien untuk dapat terus mempertahankan bisnis dan bahkan mengembangkannya. Serangkaian produk dan layanan inovatif ViewSonic dapat dimanfaatkan untuk mendukung konsumen dan pebisnis dalam meningkatkan efisiensi, fleksibilitas dan kinerja.

ViewSonic telah menerapkan teknologi LED untuk mengembangkan solusi yang lebih berkelanjutan untuk mendukung inovasi. Pengembangan solusi-solusi proyektor LED juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan perusahaan. Berbagai perangkat ViewSonic ini hemat energi dan bebas perawatan. ViewSonic juga menyediakan solusi tanda tangan digital terkini yang meningkatkan efisiensi alur kerja. Selain itu, solusi tersebut juga memenuhi persyaratan keamanan untuk melakukan verifikasi multi-identifikasi pada industri telekomunikasi, perbankan, rumah sakit, dan hotel.

Peningkatan lini produk terus dilakukan ViewSonic dengan berpusat pada kebutuhan konsumen. ViewSonic berinvestasi pada teknologi terkini dan menciptakan komunitas yang erat antara kalangan pendidik, kreator dan gamer di berbagai pasar vertikal. Upaya ini dilakukan dengan menginspirasi dunia dengan keunggulan digital.

ViewSonic Solution Day

Pada acara ViewSonic Solution Day yang digelar 7 November 2022 di Manhattan Hotel Jakarta, ViewSonic memamerkan solusi-solusi yang dimilikinya. Beberapa contoh skenario penggunaan solusi ViewSonic tersebut diperagakan dalam beberapa booth. Serangkaian solusi tersebut mencakup monitor portabel, proyektor, dan pen display. 

Baca juga: Wacom dan ClassPoint Berkolaborasi Tawarkan Solusi Efektif Kegiatan Belajar Mengajar

Salah satu booth memperagakan kegiatan belajar mengajar menggunakan layar interaktif ViewBoard dan perangkat lunak myViewBoard. Pelajar dapat dengan mudah menjawab pertanyaan dari perangkatnya sendiri menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, terdapat juga booth yang memvisualisasikan penggunaan proyektor untuk belajar atau menonton film sambil bersantai di café.

peragaan penggunaan perangkat proyektor ViewSonic M1 Mini Plus untuk mengerjakan tugas bersama di booth ViewSonic Cafe

Pada peragaan ini ditampilkan beberapa proyektor mini yang sudah dilengkapi dengan built-in speaker untuk mendukung audio saat presentasi atau nonton film. Beberapa proyektor tersebut mencakup M1 Mini Plus yang sudah didukung audio dari JBL, serta Mi1 Pro dan M1 Plus yang audionya didukunt teknologi Harman Kardon. Suasana studio pembuatan konten pun diperlihatkan dalam salah satu booth, di mana mereka memanfaatkan monitor portabel dan pen display ViewSonic.

Berbagai skenario penggunaan yang diperagakan di booth-booth tersebut menunjukkan contoh-contoh bagaimana solusi ViewSonic memenuhi kebutuhan belajar, bermain dan bekerja. Masyarakat dapat memanfaatkan perangkat tersebut setiap saat dan kapan saja. Komunikasi berkualitas tinggi dan kolaborasi dari jarak jauh dapat dilakukan berkat fungsi-fungsi canggih yang disajikan solusi ViewSonic.

Share:

Artikel Terkini