BSSN Kunjungi Pusat Transparansi Kaspersky di Swiss BSSN Kunjungi Pusat Transparansi Kaspersky di Swiss ~ Teknogav.com

BSSN Kunjungi Pusat Transparansi Kaspersky di Swiss

Teknogav.com - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia melakukan kunjungan ke Pusat Transparansi Kaspersky yang pertama di Opfikon, Swiss. Kaspersky menyambut baik kunjungan yang dilakukan pada pada hari Rabu, 7 Desember 2022. Kunjungan tersebut bertujuan mempererat kolaborasi keberlanjutan yang sudah dijalin antara Kaspersky dan BSSN selaku regulator perlindungan sistem informasi Indonesia. Semangat membangun kepercayaan dan transparansi yang lebih dalam antara entitas publik dan swsata dalam keamanan siber mewarnai kunjungan tersebut.

Pusat Transparansi Kaspersky di Zurich didirkan tahun 2018 dan merupakan Pusat Transparansi Kaspersky yang pertama. Sebelumnya Pusat Data ini telah menjadi tuan rumah bagi delegasi penting secara global. Kunjungan BSSN ke pusat data tersebut merupakan kunjungan perwakilan  pejabat tinggi dari Indonesia yang pertama. Sejak didirikan, Pusat Transparansi Kaspersky ini telah menerima lebih dari 30 kunjungan. Kunjungan paling sering dilakukan oleh sektor enterprise.

Baca juga: Huawei Dukung BSSN Selenggarakan Workshop Keamanan Siber di Yogyakarta

Fasilitas di Zurich tersebut merupakan bagian dari jaringan global Pusat Transparansi Kaspersky. Pendirian fasilitas tersebut ditujukan untuk memungkinkan mitra dan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas keamanan siber mengetahui seluk beluk Kaspersky. Di Pusat Transparansi tersebut dapat diketahui pemrograman yang dilakukan Kaspersky, pembaruan perangkat lunak dan aturan deteksi keamanan yang diterapkan.

Pengunjung memberikan perhatian paling besar pada informasi mengenai praktik manajemen data Kaspersky. Sementara itu tinjauan source code hanya terjadi sesekali. Hal ini dapat dijelaskan oleh kebutuhan kapasitas keamanan siber di seluruh organisasi untuk melakukan pendekatan evaluasi keamanan produk yang tepat.

Saat ini Kaspersky telah memiliki Pusat Transparansi yang tersebar di berbagai negara. Berikut ini adalah lokasi masing-masing Pusat Transparansi tersebut:

  • Kuala Lumpur (Malaysia)
  • Madrid (Spanyol)
  • Roma (Italia)
  • São Paulo (Brasil)
  • Singapura
  • Tokyo (Jepang)
  • Utrecht (Belanda)
  • Woburn (Amerika Serikat).

Baca juga: Kaspersky Buka Pusat Transparansi Berformat Baru di Italia dan Belanda

Kunjungan perwakilan BSSN dipimpin oleh Luki Hermawan yang menjabat sebawai Wakil Kepala BSSN. Turut mendampingi beliau adalah sebagai berikut:

  • Dono Indarto, S.I.K, M.H, Deputi Bidang Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi Negara, BSSN
  • Dono Indarto, S.I.K, M.H, Deputi Bidang Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi Negara, BSSN
  • Sulistyo, S.Si., S.T., M.Si, Direktur Strategi Keamanan BSSN
  • Adi Nugroho, Direktur Manajemen Risiko, Pusat Data dan TI
  • Senja Putra Sundara, Tim Operasi Keamanan Siber dan Sandi

Baca juga: Huawei Terima Penghargaan atas Kontribusi Perkuat Ekosistem Keamanan Siber Indonesia   

BSSN melakukan kunjungan ke Pusat Transparansi Kaspersky setelah sebelumnya melkukan pertemuan antara perusahaan siber dan BSSN pada 7 Juni 2022. Pertemuan tersebut dilakukan Luki Hermawan, Wakil Kepala BSSN dengan Genie Sugene Gan, Head of Public Affairs untuk wilayah Asia Pasifik dan Timur Tengah, Turki dan Afrika  di Kaspersky. Kunjungan BSSN ke Pusat Transparansi tersebut juga merupakan kelanjutan dari penandatanganan MoU antara BSSN dan Kaspersky. Berdasarkan MoU tersebut, kedua belah pihak berjanji untuk bekerja sama, termasuk untuk berbagi informasi dan peningkatan kapasitas.

“Saat ini siber merupakan ranah tanpa batas. Kami menyadari bahwa pengamanan dunia digital terus menjadi tantangan di Indonesia dengan dengan jutaan kerentanan di dalamnya. Kemampuan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan adalah kunci untuk memenuhi tanggung jawab kami dalam melindungi data pengguna di tingkat nasional. Oleh karena itu diperlukan kerja sama dan kolaborasi yang komprehensif dengan berbagai pihak yang memiliki visi yang sama, seperti Kaspersky,” ucap Hinsa Siburian, Kepala BSSN.

Hal senada juga disampaikan oleh Luki Hermawan, Wakil Kepala BSSN. Menurutnya pengarahan ekstensif yang diberikan Kaspersky di Pusat Transparansi mereka di Swiss mengesankan.

“Praktik semacam itu membangun tingkat kepercayaan yang memudahkan kami untuk mengetahui bahwa kedua belah pihak dapat dipercaya dan melakukan yang terbaik untuk melindungi komunitas digital kami,” ucap Luki Hermawan, Wakil Kepala BSSN.

Penyambutan delegasi BSSN dilakukan oleh Genie Sugene Gan dan Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky. Selanjutnya Kaspersky juga menjadi tuan rumah bagi badan keamanan siber nasional Malaysia dan Thailand.

“Kami hanya mempercayai orang yang patut dipercaya.  Hal ini yang telah dan diharapkan Kaspersky  untuk terus dilakukan, yaitu memegang standar emas kepercayaan melalui Global Transparency Initiative (GTI) kami,” ucap Gen.

Gen juga mengungkapkan bahwa kunjungan BSSN ke Pusat Transparansi Kaspersky merupakan tonggak penting bagi upaya Kaspersky mengadvokasi transparansi. Tujuan dari advokasi transparansi ini adalah untuk membangun kepercayaan di seluruh entitas utama dalam keamanan siber. Hal ini dilakukan Kaspersky untuk menunjukkan akuntabilitas perusahaan mereka bagi pelanggan dan mitra di Indonesia. Kaspersky ingin memperlihatkan bahwa mereka memahami pentingnya menunjukkan prinsip-prinsip yang dianut sebagai perusahaan keamanan siber.kepada mitranya. Selain itu juga untuk menunjukkan komponen teknis dari solusi utama Kaspersky. Harapannya dengan keterbukaan tersebut, Kaspersky dapat membangun di atas landasan kepercayaan. Kaspersky bertekad untuk memperluas kerja sama mereka dengan BSSN dalam aspek-aspek yang akan membantu ketahanan siber di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini