Gelar 3DEXPERIENCE World 2021, Dassault Systèmes Paparkan Inovasi Hasil Solusinya Gelar 3DEXPERIENCE World 2021, Dassault Systèmes Paparkan Inovasi Hasil Solusinya ~ Teknogav.com

Gelar 3DEXPERIENCE World 2021, Dassault Systèmes Paparkan Inovasi Hasil Solusinya

Teknogav.com – Dassault Systèmes menyelenggarakan ajang 3DEXPERIENCE World 2021 di Nashville, Amerika Serikat. Acara ini berlangsung selama 8-11 Februari 2021 dan bisa diikuti secara virtual dari mana saja. Dassault Systèmes merupakan perusahaan asal Prancis yang menyediakan pengalaman 3D untuk menghadirkan inovasi yang berkelanjutan. Tema yang diangkat kali ini adalah ‘The Freedom to Create’ dan menghadirkan banyak para narasumber. Pada narasumber tersebut memaparkan cara mereka berkreasi dengan bebas menggunakan solusi dari Dassault Systèmes.

Ada begitu banyak solusi yang ditawarkan Dassault Systèmes bagi pelanggannya untuk berkreasi. Berikut ini akan dipaparkan beberapa solusi oleh para pembicara dari Dassault Systèmes dan juga para pelanggan yang memaparkan pengalamannya.

Pentingnya Perangkat Lunak Berbasis Cloud untuk Berkolaborasi

Di masa pandemi, banyak orang terpaksa bekerja dari kediaman masing-masing, sehingga penting untuk dapat terhubung. Semua yang harus bisa dipertemukan di satu tempat agar karyawan dan pelanggan pun bisa terhubung di segala situasi. Platform cloud banyak dijadikan pilihan perusahaan untuk mempercepat transformasi digital dan memvisualisasi proses bisnis. Hal ini dilakukan karena pembatasan yang diterapkan selama pandemi tidak memungkinkan untuk bertemu secara fisik. Perusahaan pun mengatasi hal ini dengan memakai platform terintegrasi dengan satu produk yang sama.

Baca juga: Dassault Systèmes Ungkap Keinginan Konsumen Pada Produk dan Layanan Terpersonalisasi

“Laporan McKinsey mengungkap bahwa kegesitan dan fleksibilitas perusahaan merupakan strategi utama berbagai perusahaan. Fokus investasi dalam bidang teknologi adalah ke solusi berbasis cloud. Solusi tersebut dapat menghubungkan semua pemasok, pabrikasi, logistik dan pelanggan. Perusahaan pun bisa memiliki visibilitas, perencanaan dan pengendalian yang lebih baik,” ucap Gian Paolo Bassi, SOLIDWORKS CEO, Dassault Systèmes.

Salah satu perangkat lunak yang dikembangkan oleh Dassault Systèmes adalah SolidWorks. Perangkat lunak ini digunakan untuk melakukan pemodelan yang memberikan kebebasan dalam menciptakan sesuatu secara visioner. Kebebasan yang dimaksud termasuk dalam menciptakan resilience dan kegesitan untuk bisa segera mengatasi masalah dalam bisnis. Perkembangan SolidWorks yang pesat memungkinkan untuk menghubungkan aplikasi, informasi dan orang-orang dalam satu platform cloud.

Bernard Charlès, Vice Chairman of the Board & CEO, Dassault Systèmes

SolidWorks memberikan kekuatan desain 3D di komputer dan menjadikannya inklusif yang bisa digunakan banyak inovator di seluruh dunia. Perangkat ini dapat digunakan untuk mendesain mock up pesawat Boeing 777 dan sistem produksi Toyota. Kini platform 3DEXPERIENCE dapat digunakan untuk membuat inovasi di berbagai sekto. Sektor tersebut mencakup energi, infrastruktur, perkotaan dan bahkan tubuh manusia. Perangkat lunak ini memberikan pengalaman, tak sekadar dokumen semata.

Baca juga: AWS Ungkap Pencapaian Tahun 2020 dan 8 Tips Kunci Reinvent

Dassault Systèmes mempunyai portofolio produk yang lengkap. Beberapa aplikasi tersebut mencakup 3D Creator, 3D Sculpture, 3D SheetMetal Creator, 3D Structure Creator, Product Document Creator, dan Product Communicator. Pada awal tahun 2020 Dassault Systèmes menguji batasan teknologinya dengan Grand Challenge. Lebih dari 600 orang berkolaborasi dari rumah dan melibatkan lebih dari 11.000 komponen.

Proses Inovasi dengan 3DEXPERIENCE

Pada April 2020, perusahaan Tessie Plastics mengantisipasi kebutuhan 10 juta unit vaksin per bulan. Gudang mereka pun diubah menjadi pabrik kelas A dan mulai melakukan produksi hanya dalam waktu 15 minggu. Proses inovasi tersebut didukung oleh solusi canggih 3DEXPERIENCE untuk mengatasi masalah engineering yang sulit.

Contoh lain adalah Tiniko, perusahaan asal Korea Selatan yang memproduksi implant medis untuk patah tulang atau penyakin tulang belakang bawaan. Perusahaan ini bertujuan mempersingkat waktu pengembangan dan durasi uji klinik dengan prediksi perilaku implant yang lebih baik. Tiniko pun menggunakan solusi Simulia dan SolidWorks dari Dassault Systèmes yang saling terintegrasi untuk melakukan simulasi produk. Simulasi masalah yang akan dihadapi produk saat pengujian klinis pun dilakukan menggunakan solusi tersebut. Kolaboras antara stakeholder internal dan eksternal pun dapat ditingkatkan menggunakan solusi tersebut.

Baca juga: Kiprah Dassault Systèmes Perangi COVID-19 dengan Solusi SIMULIA XFlow

Inovasi lain adalah INALI yang merupakan tangan bionik dengan harga terjangkau di india. Sementara itu di Amerika Serikat Dassault Systèmes menghadirkan bio printing dengan harga yang terjangkau bersama CELLINK. Selain itu ada juga inovasi pengisian daya cepat untuk mobil listrik bersama SparkCharga dan solusi pengamatan menggunakan drone bersama XSun. Semua hal tersebut dapat dilakukan berkat platform dari Dassault Systèmes yang simpel dan all-in-one.  Setiap orang yang terlibat dalam projek dapat mengakses  SolidWorks dengan memanfaatkan pengalamannya.

Gian Paolo Bassi, SOLIDWORKS CEO, Dassault Systèmes mengumumkan perilisan 3DEXPERIENCE SolidWorks for Students pada Mei 2021 mendatang


Pada ajang 3DEXPERIENCE World 2021, Dassault Systèmes juga mengumumkan bahwa akan merilis 3DEXPERIENCE SolidWorks for Students pada Mei 2021. Penjualan akan dilakukan melalui portal online dengan harga USD60 per tahun untuk 3DEXPERIENCE Premium. Fitur-fiturnya mencakup 3D Creators, 3D Sculpture, 3D Sheetmetal Creator serta kurikulum cloud. Produk tersebut juga sudah disertai dengan sertifikasi yang diakui industri.

Kemudian pada semester kedua tahun 2021, Dassault Systèmes akan meluncurkan 3DEXPERIENCE SolidWorks for Makers versi alfa. Fitur-fitur pada perangkat lunak ini sama dengan fitur-fitur pada 3DEXPERIENCE Professional, 3D Creator, 3D Sculpture. Tentu saja  dengan tambahan akses ke komunitas maker global yang sudah dikurasi Dassault Systèmes.

Akuisisi Medidata

Dassault Systèmes telah mengakuisi Medidata untuk merevolusi cara dalam melakukan uji klinis,  Kini lebih dari 60% perusahaan farmasi menggunakan platform kolaborasi Medidata untuk menemukan solusi pandemi. Sebelum tahun 2019 perlu waktu 15 tahun untuk bisa menemukan vaksin baru. Penggunaan Medidata memungkinkan untuk menemukan vaksin hanya dalam waktu 15 bulan.

“Kami bisa menghubungkan FabLab dan para maker untuk menemukan alat respirator baru, simulated airflow di rumah sakit dalam hitungan minggu. Pembangunan rumah sakit pun bisa dilakukan kurang dari 10 hari. Aplikasi dengan platform kolaborasi memungkinkan untuk memprediksi penyebaran virus dan menemukan solusi baru. Ini adalah industrial renaissance abad ke-21: adopting, modeling, simulasi, big data dan AI,” ucap Bernard Charlès, Vice Chairman of the Board & CEO, Dassault Systèmes.

Pengalaman IKEA menggunakan Solusi Dassault Systèmes

IKEA merupakan peritel perabot rumah tangga asal Swedia yang memiliki ciri khas kemudahan dalam perakitan produk-produk yang dijualnya. Konten komunikasi seperti foto-foto dan panduan perakitan pun dilakukan oleh IKEA Communications dengan menghasilkan brosur dan panduan pembelian. Dalam waktu satu tahun IKEA Communication dapat memproduksi lebih dari 30 ribu foto produk dan lebih dari 70 film per tahun.

“Kami bisa memproduksi begitu banyak foto menggunakan 3D yang mengautomasi workflow yang memproduksi sekitar 3.000 model 3D baru setiap tahun. Sebanyak 3.500 lainnya untuk kebutuhan khusus, seperti aplikasi IKEA AR,” ucap Taco Van der Maden, Development & Operations IT Manager, IKEA Communications AB.

penggunaan SolidWorks di IKEA

Panduan perakitan  dilakukan dengan membuat sampel atau purwarupa, kemudian dilakukan perakitan digital menggunakan SolidWorks composer. Pembaruan panduan perakitan yang sudah ada pun dilakukan ketika ada pembaruan produk. Cara melakukan pembaruan adalah dengan melakukan pembaruan pada file lama tanpa menghapusnya. Sekitar 3.500 panduan instruksi perakitan dibuat per tahun dalam berbagai bahasa di dunia.

Platform Robotika Offworld AI

Offworld AI merupakan perusahaan yang bertujuan untuk ke luar angkasa dengan robot dan sistem mereka. Platform robotika dibangun kembali untuk melakuakn pekerjaan paling sulit untuk misi penyelamatan di luar angkasa. Sistem robotika ini dapat diproduksi secara massal dengan membangunnya pada arsitektur modular sehingga menurunkan biaya produksi. Perangkat keras robotika pun dibangun dengan full stack platform, seperti pengembangan sistem perangkat lunak.

Penghematan biaya menungkinkan untuk dapat ke luar angkasa dengan robot-robot tersebut dan melakukan tugas-tugas rumit tanpa kehadiran manusia. Tugas-tugas seperti penggalian, penambangan, pengerasan jalan, ekstraksi air dari es dan lain-lain pun dapat dilakukan tanpa kehadiran manusia. Platform robotika dari OffWorld dapat digunakan perusahaan konstruksi penambangan terrestrial dan sektor lainnya.

Jim Keravala, CEO, OffWorld AI

“Kami membangun sistem robotika dengan SolidWorks. Berbagai manfaat pun dapat dirasakan, mencakup artikulasi dan desain sistem komunikasi para stakeholder dan tim internal. Kami ingin mulai memakai platform 3DEXPERIENCE untuk menggabungkan semua saat memasuki fase manufaktur dan proses simulasi,” ucap Jim Keravala, CEO, OffWorld AI.

Solusi Dassault Systèmes mempercepat proses yang dilakukan OffWorld AI. Hal ini memungkinkan OffWorld AI untuk dapat meluncurkan robot ke lapangan dan mengembangkan lebih banyak perangkat lunak uji. Kemudian full stack pun dilanjutkan dengan pelatihan operasional, dari pembelajaran robot menjadi kolaborasi robot. Pengembangan kecerdasan mesin memungkinkan robot memutuskan apa yang harus dilakukan dalam setiap tugas secara otonom tanpa intervensi manusia. OffWorld AI dapat mengirimkan 1000 robot ke lingkungan ekstrem di mana saja dalam berbagai kondisi. Perusahaan tersebut pun sudah bisa mengirimkan robot mereka ke bulan.

Baca juga: AWS Paparkan Contoh-contoh Penerapan Machine Learning Pada Transformasi Digital

Inovasi tidak hanya sekadar mengandalkan peralatan yang canggih, tentu saja perlu ide dari manusia itu sendiri. Pada 3DEXPERIENCE World 2021, Dassault Systèmes pun menghadirkan Duncan Wardle, mantan Head of Innovation & Creativity Disney. Duncan Wardle memaparkan tips cara untuk mengatasi hal yang menghambat kreativitas dan cara membangkitkan inovasi.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email