FARO Focus Premium, Laser Scanner 3D User Friendly Berbasis Cloud FARO Focus Premium, Laser Scanner 3D User Friendly Berbasis Cloud ~ Teknogav.com

FARO Focus Premium, Laser Scanner 3D User Friendly Berbasis Cloud


Teknogav.com – Dokumentasi 3D yang akurat dalam hal posisi dan ukuran objek sangat penting saat melakukan proyek revitalisasi cagar budaya. Hal ini karena proyek tersebut perlu memperhatikan rincian objek bersejarah agar tak merusaknya saat memindahkan dan memugar. Rincian tersebut termasuk wujud, ukuran dan letak agar dapat diputar sesuai aslinya. Data dokumentasi 3D pun dibutuhkan untuk proses desain dan perencanaan.

Pentingnya data dokumentasi 3D ini dibutuhkan agar pengerjaan proyek lebih efektif dan efisien. Penggunaan data dokumentasi 3D dapat mencegah terjadinya kesalahan yang dapat menambah biaya. Selain bidang arsitek dan sipil, data dokumentasi 3D juga dapat dipakai untuk kebutuhan forensik atau olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Peristiwa sebelum kejadian, saat terjadi dan setelah terjadi dapat dianalisis dengan data dokumentasi 3D, contohnya pada kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Laser Scanner 3D Paracosm PX-80, Praktis Pindai Area dengan Mudah

Penggunaan FARO Focus Premium untuk forensik

Pemindaian 3D dengan Faro Focus Premium

FARO Focus Premium adalah perangkat pemindai laser 3D yang dapat memenuhi kebutuhan pengukuran ruang. Pengambilan data 3D dapat dilakukan secara real-time, cepat dan akurat, berbagi data pun mudah dilakukan dengan cloud. Perangkat ini dihadirkan Faro Technologies, Inc. melalui PT Datascrip sebagai distributor resmi di Indonesia.

Kemampuan pemindaian FARO Focus Premium ini cukup luas, sampai radius 350 meter. Media penyimpanan pada perangkat ini pun sudah didukung teknologi SSD yang berkecepatan tinggi dengan kapasitas 128 GB. Kamera pada perangkat pun dapa menghasilkan gambar 3D berwarna sampai 266 MP.

Baca juga: CHCNAV APACHE 3 Petakan Sedimentasi Sungai untuk Cegah Banjir

Pengoperasian FARO Focus Premium dapat dilakukan dengan mudah melalui layar sentuh. Bodi perangkat pun memiliki desain yang ergonomis dengan lapisan karet tebal di bagian tepi sehingga nyaman dan aman saat digunakan.

Dukungan Aplikasi FARO Stream dan Platform FARO Sphere

Pemindaian yang cepat dapat dilakukan dengan cepat oleh prosesor generasi terbaru yang mentenagai FARO Focus Premium. Gambar berwarna dapat dihasilkan dengan kecepatan 1 menit per pemindaian. Perpaduan kecepatan tersebut dengan aplikasi FARO Stream dan platform FARO Sphere dapat mempercepat alur kerja dan meningkatkan efisiensi. FARO Stream merupakan aplikasi mobile pertama yang dapat menghubungkan FARO Focus dengan FARO Sphere.

FARO Focus Premium padukan aplikasi FARO Stream di smartphone dan layanan cloud FARO Sphare

“FARO Focus Premium memanfaatkan teknologi terbaru dengan platform kerja berbasis cloud, yaitu FARO Sphere untuk memudahkan analisis data secara cepat. Selain itu digunakan juga aplikasi FARO Stream untuk memudahkan verifikasi data secara langsung melalui smartphone atau tablet," ucap Nur Cahyo, Senior Division Manager PT Datascrip. 

Aplikasi Faro Stream memungkinkan pengaturan dan pemantauan Faro Focus Premium dari jauh menggunakan smartphone atau tablet berbasis Android atau iOS. Data pemindaian kemudian dapat langsung dikirim ke platform cloud FARO Sphere. Jadi tak membutuhkna petugas lapangan mengirim data hasil pemindaian ke kantor. Platform FARO Sphere dapat berperan untuk menyimpan data dan berbagi data di cloud yang aman. Platform ini juga memudahkan akses ke semua layanan di ekosistem FARO sehingga kerja lebih efisien.

Baca juga: Colortrac Hadirkan Pemindai Format Besar dan Bisa Dikendalikan Jarak Jauh

FARO Focus Premium padukan aplikasi FARO Stream di smartphone dan layanan cloud FARO Sphare

PT Datascrip membanderol pemindai laser 3D Faro Focus Premium ini dengan harga mulai dari Rp950 juta.

Share:

Artikel Terkini