Ini Serial dan Game yang Digemari Anak-anak selama Agustus-November 2022 Ini Serial dan Game yang Digemari Anak-anak selama Agustus-November 2022 ~ Teknogav.com

Ini Serial dan Game yang Digemari Anak-anak selama Agustus-November 2022

Teknogav.com – Perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan saat yang tepat untuk memberi hadiah bagi anak-anak. Agar hadiah sesuai keinginan anak adalah dengan memahami minat dari anak-anak. Hasil studi Kaspersky baru-baru ini mengungkap minat anak-anak terpopuler selama periode 28 Agustus sampai 28 November 2022. Penelitian tersebut dilakukan dengan menganalisis data anonim dari pengguna perangkat lunak Kaspersky Safe Kids dan kueri penelusuran YouTube.

Berdasarkan data pencarian YouTube, serial Netflix ‘Wednesday’ merupakan serial paling populer. Sementara itu game yang paling menarik perhatian adalah ‘God of War’, ‘Roblox’, dan ‘Minecraft’. Saluran YouTube meme kucing Beluga juga termasuk yang menarik minat anak-anak. Hasil studi selama periode 28 Agustus sampai 28 November 2022 menunjukkan bahwa ‘Wednesday’ merupakan serial paling populer. Konten video berisi riasan karakter utama, pakaian dan tarian Jenna Ortega di pesta dansa episode empat pun menjadi viral.

meme kucing Beluga

Baca juga: Inspirasi Kado Natal Bagi Anak Berdasarkan Analisis Kaspersky Safety Kids

Sebanyak 50,48% anak-anak mencari konten kartun di kategori ‘Kartun, film dan Acara TV’. Anak-anak banyak yang menyukai acara ‘Inside Job’ di Netflix dan ‘Zootopie+’ yang dirilis Disney+.  Enola Holmes 2 yang dirilis Netflix di bulan Oktober pun menjadi salah satu film paling populer.

Pada November 2022, terdapat tiga rilis game baru, yang memiliki banyak pengikut muda. Ketiga rilis tersebut adalah Pokémon Scarlet dan Violet, God of War Ragnarök, dan Just Dance Edisi 2023. Jajaran game tersebut berhasil menarik perhatian besar di kalangan anak-anak layaknya game ternama Roblox dan Minecraft. Saluran YouTube Beluga pun banyak digemari, demikian juga topik ‘Piala Dunia FIFA Qatar 2022 yang mencakup semua kueri terkait ‘Olahraga’.

Baca juga: Kaspersky Safe Kids Ungkap Acara dan Game Paling Digemari Anak-anak

Seri LEGO Ninjago menempati posisi pertama sebagai permainan yang paling populer di segala usia. Permintaan paling populer di periode Agustus-November 2022 mencakup topik ‘Harry Potter’, termasuk mainan, seperangkat LEGO dan pasarnya.

“Kami secara reguler melihat bagaimana minat dan tren anak-anak berubah dengan cepat. Secara harfiah setiap kuartal akan selalu ada meme, film, dan pahlawan baru yang muncul. Misalnya, serial Wednesday telah menjadi fenomena nyata di kalangan remaja, banyak yang mengulang penampilan atau meniru tarian epik Jenny Ortega. Orang dewasa akan sulit melacak semua perubahan ini, sehingga aplikasi kontrol orang tua dapat membantu memahami semua tren dan topik,” ucap Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky.

Baca juga: 'Stranger Things' Jadi Pencarian Paling Tren di Kalangan Anak-Anak

Tips Menjaga Anak tetap Aman Saat Online

Kaspersky memberikan beberapa tips berikut ini agar anak-anak tetap aman saat melakukan kegiatan mereka secara online. Berikut ini adalah tips-tips tersebut:

  • Tunjukkan ketertarikan pada kegiatan online anak, tanyakan untuk dapat menonton serial favoritnya atau mendengarkan trek musik bersama. Sebagai opsi, pelajari beberapa praktik aman bersama agar tetap terlindungi saat online.
  • Aplikasi kontrol orang tua merupakan pilihan bagus, tetapi penting untuk membahas topik tersebut dengan anak untuk menjelaskan cara kerja aplikasi. Jelaskan juga alasan aplikasi tersebut dibutuhkan agar tetap aman saat online
  • Terangkan bahwa informasi sensitif hanya boleh dibagikan melalui messenger dan hanya kepada orang yang dikenal di kehidupan nyata. Jadilah panutan dengan menunjukkan contoh perilaku yang baik
  • Luangkan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak mengenai tindakan keamanan online. Perhatikan kebiasaan diri sendiri, apakah memakai smartphone saat makan atau berbicara, dan apakah kebiasaan tersebut ditiru anak. Perhatikan juga apakah reaksi mereka berbeda saat Anda menyimpan smartphone
  • Jadikan pembicaraan mengenai keamanan siber menjadi lebih menyenangkan dan menarik dengan membahasnya bersama anak melalui permainan dan format hiburan lain.

Demikianlah beberapa tips dari Kaspersky agar dapat senantiasa aman di ranah online.

Share:

Artikel Terkini