Perkuat Jaringan, ASEAN Foundation Gelar Pertemuan Alumni ke-3 Perkuat Jaringan, ASEAN Foundation Gelar Pertemuan Alumni ke-3 ~ Teknogav.com

Perkuat Jaringan, ASEAN Foundation Gelar Pertemuan Alumni ke-3


Teknogav.com – ASEAN Foundation mengadakan pertemuan Townhall Alumni Interaktif ke-3 yang berlokasi di ASEAN Hall, Gedung Heritage Sekretarian ASEAN. Acara ini dilakukan secara hybrid, serta didukung oleh Huawei dan pemangku kepentingan lain dari sektor industri. Tujuan pertemuan ini adalah untuk menyediakan platform bagi para alumni berbagai program ASEAN Foundation. Platform ini dihadirkan untuk memperkuat jaringan dan memperkaya para alumni dengan berbagai keterampilan yang berguna di masa depan.

Serangkaian upaya perlu dilakukan untuk mendorong dan memupuk interaksi antara para alumni dengan mitra utama ASEAN Foundation yang saling menguntungkan. Penyelenggaraan Townhall Alumni Interaktif ASEAN Foundation ke-3 ini merupakan kelanjutan serangkaian upaya tersebut. Kegiatan Townhall tersebut mencakup sesi sharing dengan fokus pada sejumlah topik yang relevan dengan pengembangan profesional para alumni.

Baca juga: ASEAN Foundation dan Huawei Berkolaborasi Jembatani Kesenjangan Talenta Digital

Sesi sharing pertama diisi M.I. Derry Aman, Wakil Tetap Republik Indonesia untuk ASEAN. Pengisi lainnya adalah dua perwakilan dari Perwakilan Tetap Republik Demokratik Rakyat Laos (Lao PDR) dan Republik Filipina untuk ASEAN. Para pembicara tersebut berbagi pemikiran mereka dengan dipimpin oleh Dr. Yang Mee Eng, Direktur Eksekutif ASEAN. Pemikian tersebut mencakup tantangan dan solusi untuk melestarikan kesadaran dan identitas ASEAN di era digital.

“Townhall Alumni Interaktif ASEAN Foundation Ke-3 diselenggarakan untuk merayakan kolaborasi ASEAN Foundation dengan para mitra kami. Para mitra tersebut telah membantu mewujudkan banyak manfaat bagi lebih dari 140.000 pemuda di 10 negara ASEAN dan di seluruh dunia,” ucap Yang Mee Eng, Direktur Eksekutif ASEAN Foundation. 

Berbagai kisah inspiratif beberapa perwakilan alumni ASEAN Foundation pun mengisi sesi kedua. Mereka adalah alumni dari program-program berikut ini:

  • ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting
  • Asia Pacific Seeds for the Future
  • eMpowering Youths Across ASEAN
  • ASEAN Data Science Explorers

Para alumni tersebut membahas megenai keterlibatan mereka dalam berbagai program ASEAN Foundation telah membantu mengembangkan diri sebagai profesional. 

Baca juga: Huawei Tegaskan Dukungan untuk Percepat Tranformasi Negara-negara Kawasan Asia Tenggara

“Pertemuan alumni ini melanjutkan rangkaian kegiatan berbagi wawasan mengenai keterampilan, tren industri, dan pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan. Wawasan terpenting adalah kesadaran dan identitas ASEAN. Pembahasan wawasan dilakukan melalui sesi-sesi diskusi memikat yang dipimpin para mitra serta anggota Board of Trustees (Majelis Wali Amanat) kami,” lanjut Dr. Yang.

Jun Zhang, Vice President Huawei Asia Pacific for Public Affairs and Communication menutup sesi sharing dengan presentasi. Beberapa eksekutif lain pun turut menyampaikan presentasinya. Isi presentasi memberikan wawasan unik mengenai tren dalam industri dan jenis-jenis pekerjaan yang akan banyak dibutuhkan di masa depan.

Baca juga: Huawei dan ASEAN Foundation Selenggarakan Asia Pacific Digital Talent Summit

Penandatanganan beberapa Nota Kesepahaman antara ASEAN Foundation dan para mitra utama juga diselenggarakan pada Townhall Alumni tersebut. Berikut ini adalah masing-masing Nota Kesepahaman tersebut:

  1. Nota Kesepahaman antara ASEAN Foundation dan Huawei yang didukung Sekretarian ASEAN. Isi Nota Kesepahaman ini mencakup program baru bertajuk ASEAN Market Access Programme. Tujuan program ini adalah mendukung wirausaha sosial di kawasan ASEAN melalui inovasi digital
    nota kesepahaman antara ASEAN Foundation dengan Huawei
  2. Nota Kesepahaman antara ASEAN Foundation dan Huawei on Cloud System. Tujuan Nota Kesepahaman ini adalah untuk mendukung dan memperkuat upaya program digitalisasi di ASEAN pada tahun-tahun mendatang
    Nota Kesepahaman ASEAN Foundation dengan Huawei CLOUD

“Kami percaya pada kekuatan teknologi, inovasi, dan terutama, kekuatan manusia. Talenta usia muda terbukti telah dan akan terus memainkan peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di kawasan maupun di dunia. Ke depan, kami berkomitmen untuk melakukan kolaborasi dengan ekosistem dan komunitas setempat, untuk memenuhi kebutuhan talenta digital secara efektif. Upaya ini juga untuk mendorong potensi digital di kawasan Asia Tenggara,” ucap Jun Zhang, Vice President of Public Affairs and Communications of Huawei Asia Pacific.

Penyelenggaraan Townhall Alumni dengan format hybrid ini dilakukan untuk memfasilitasi para pembicara dan alumni yang tidak dapat hadir langsung. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 alumni dan mitra.

Share:

Artikel Terkini