Epson Pamerkan Jajaran Proyektor High Brightness untuk Penuhi Berbagai Kebutuhan Epson Pamerkan Jajaran Proyektor High Brightness untuk Penuhi Berbagai Kebutuhan ~ Teknogav.com

Epson Pamerkan Jajaran Proyektor High Brightness untuk Penuhi Berbagai Kebutuhan

Teknogav.com - Di tahun 2023 ini Indonesia mengalami pertumbuhan PDB dan anggaran belanja negara yang baik. Pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 5,3% dan belanja negara naik menjadi Rp3 triliun.  Pengeluaran anggaran pun fokus pada pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur. Epson memiliki serangkaian produk yang sesuai untuk mendukung pembangunan tersebut. Pasar produk-produk proyektor Epson cocok untuk ruang rapat, auditorium atau ball room, digital signage, acara, dan instalasi seni digital.

Proyektor-proyektor Epson cocok untuk menunjang kegiatan bisnis, pendidikan, dan hiburan, bahkan untuk menghadirkan bioskop dalam rumah. Epson Indonesia merupakan produsen proyektor terbesar di Indonesia yang terus berinovasi pada setiap perkembangan jajaran proyektor Bisnis dan Home Cinema.  Hal ini karena produk-produk Epson berperan sebagai penghubung dan solusi bagi manusia untuk setiap kegiatan, efektif, efisien dan tepat sasaran. Beberapa proyektor bahkan memiliki dimensi yang cukup ringkas dengan kualitas warna gambar proyeksi yang sangat cerah dan tajam. Jajaran proyektor Epson tentu saja dilengkapi dengan berbagai fitur andalan terkini. Selain itu, Epson juga terus mengusung nilai ramah lingkungan dalam berbagai produknya.

Zanipar SA Siadari, Head of Product Marketing, Visual Instrument and Business Inkjet Printer PT Epson Indonesia

"Kami juga selalu ingin memastikan bahwa produk-produk Epson hadir dengan penggunaan hemat energi dan juga ramah lingkungan. Harapan saya, review rangkaian proyektor ini dapat menjadi solusi yang memudahkan kegiatan dan memberikan informasi yang lebih mendalam kepada rekan-rekan media dan masyarakat umum akan solusi dan fitur terbaik dari proyektor Epson,” ucap Zanipar SA Siadari, Head of Product Marketing, Visual Instrument and Business Inkjet Printer PT Epson Indonesia.

Baca juga: Epson Hadirkan Berbagai Inisiatif dan Jajaran Produk Pendukung Edukasi

Fitur-fitur canggih pada jajaran proyektor Epson mencakup kecanggihan tampilan, kemudahan pemasangan dan rasio gambar lebih besar dengan tingkat ketajaman tinggi. Tingkat kecerahan proyektor Epson tersedia dalam berbagai pilhan, mulai dari 6.000 lumens sampai 20.000 lumens. Proyektor-proyektor Epson juga memadukan teknologi  3LCD dan resolusi yang tajam. Jajaran PU Series mencakup EB-PU2216B, EB-PU1008B, EB-PU2213B, EH-LS300B, dan EH-LS12000B, sedangkan Streaming Media Player mencakup CO-FH02. Serangkaian proyektor tersebut senantiasa memperkuat posisi Epson sebagai pemimpin pasar proyektor di Indonesia dengan kualitas yang baik.

Segmen Perkantoran atau Bisnis

Kini, hampir seluruh semen bisnis mengubah gaya kegiatan bekerja agar lebih mudah dan efisien. Hal ini dapat dipenuhi oleh jajaran kategori PU, yakni EB-PU2220B, EB-PU2213B, EB-PU1008B, EB-PU1006W, dan EB-PU1007W. Proyektor-proyektor dalam kategori PU dapat diterapkan di ruangan besar seperti ballroom, aula dan ruang meeting dengan alokasi sampai 1.000 inci. Tampilan pantulan gambar jelas dan tajam dengan tingkat ketajaman 6.000 -20.000 lumens. Tampilan gambar sangat tajam berkat perpaduan teknologi 3LCD, resolusi 4K enhancement dan sumber caya laser dengan kontras rasio sangat tinggi. Kendati demikian, mata tetap nyaman saat melihatnya.

Proyektor Epson EB-PU2220B

Dimensi proyektor Epson EB-PU Series ringkas, bahkan pada EB-PU2200B yang memiliki kecerahan 20.000 lumens, yaitu EB-PU220B. Bobot proyektor EB-PU2220B hanya 24,4 kg, biasanya makin tinggi tingkat lumens, bobotnya pun makin berat. Pada generasi sebelumnya, bobot proyektor mencapai 60 kg. Kini dengan bobot kurang dari 25 kg, tak perlu banyak orang untuk mengangkat dan memasang proyektor. Proyektor Epson EB-PU Series menyajikan kecanggihan tampilan, kemudahan instalasi dan ramah lingkungan.

Sumber cahaya pada EB-PU series memanfaatkan laser yang dapat digunakan sampai 20.000 jam dan minim perawatan selama waktu tersebut. Kelebihan laser adalah tak perlu mengganti lampu merkuri yang akan menjadi limbah dan tak perlu tenaga ahli, sehingga lebih hemat. Jika dibandinkan dengan TV atau panel LED, maka penggunaan daya pada proyektor jauh lebih kecil, sehingga lebih hemat energi.

Proyektor Epson EB-PU2010B

Seri lain adalah EB-PU2010B yang masuk dalam kategori Edge Blending. Proyektor EB-PU2010B bisa digunakan untuk video mapping, digital gallery, instalasi command center atau ruangan besar yang membutuhkan gambar berformat lebar. Kemampuan ini didukung oleh laser 10.000 lumens yang dipasangkan dengan lensa jarak dekat ELPLU03S.

Proyektor dalam kategori Edge Blending memiliki fitur bawaan yang didukung perangkat lunak Epson Throw Distance Calculator. Perangkat lunak ini dapat mengidentifikasi kecocokan lensa terhadap jenis proyektor dan menampilkan data yang rinci. Data rinci tersebut seperti jarak peletakan proyektor dari bidang tembak, luas area proyeksi dan perkiraan besaran tampilan lux on screen.

Baca juga: Proyektor Interaktif Epson EB-1485Fi, Solusi Edukasi dan Bisnis Saat New Normal

Selain itu, tersedia juga perangkat lunak Epson Professional Tools yang tersedia secara gratis. Perangkat lunak ini dapat melakukan pengaturan sampai 1.000 proyektor yang terhubung dalam jaringan yang sama secara jarak jauh dan bersamaan. Pengaturan ini mencakup pengaturan posisi pergeseran lensa, fokus lensa sampai pengaturan edge blending. Perangkat lunak ini memudahkan pemasangan, baik yang posisinya tinggi maupun yang sulit digapai untuk pengaturan secara manual. 

Epson juga memliki perangkat lunak untuk operasional dan pemantauan proyektor yang sudah dipasang, yaitu Epson Projector Management Software. Perangkat lunak ini memperlihatkan beberapa status proyektor, seperti status nyala atau mati, suhu perangkat, jumlah jam operasionoal sampai troubleshoot.

Segmen Hiburan

Epson memiliki dua proyektor yang cocok untuk hiburan. Pertama adalah proyektor short throw tipe EH-LS300B dengan layar ELPSC35 untuk seri Home Living Room. Kedua adalah proyektor EHEH-LS12000B untuk seri Home Entertainment.

proyektor short throw Epson tipe EH-LS300B

Proyektor EH-LS300B memiliki desain yang elegan sehingga memberikan daya tarik tersendiri saat diletakkan di ruang keluarga. Penggunaan lensa ultra short throw memungkinkan peletakan unit dekat dengan layar sehingga pengguna tak terkena silau saat dekat perangkat. Hasil proyeksi gambar EH-LS300B bisa mencapai 120 inci dengan kecerahan 3.800 lumens dan resolusi Full HD. Penggunaan laser juga menghasilkan rasio kontras warna yang tinggi. Saat berada di ruang yang terang, proyektor tetap dapat menghasilkan gambar yang jelas dan tajam. 

Gambar yang ditampilkan pun lebih maksimal ketika proyektor EH-LS300B digunakan dengan layar Ambience Light Rejecting Screen Epson ELPSC35. Layar ini dirancang khusus untuk menghalangi sinar lampu dari atas dan fokus pada sinar dari bawah yang berasal dari proyektor. Proyektor ini pun ramah lingkungan berkat sensor pendeteksi gerak yang otomatis mematikan layar sehingga lebih hemat listrik. Ketika sensor mendeteksi penghalang di depan proyektor, maka proyektor juga dapat memberikan pesan peringatan.

Sistem operasi Android TV pun disematkan pada proyektor tipe EH-LS300B sehingga dapat digunakan memutar berbagai konten di Netflix dan YouTube. Kenikmatan menyaksikan konten pun didukung kualitas audio yang tinggi dari speaker stereo dan woofer dari Yamaha.

Proyektor Epson EH-LS12000B

Proyektor EH-LS12000B merupakan proyektor laser dengan resolusi gambar 4K dan kontras rasio 2.500.000:1 sehingga gambar yang dihasilkan sangat tajam. Kemampuan ini siap memanjakan pengguna saat menonton hiburan di rumah layaknya bioskop, apalagi teknologi 3LCD menghasilkan warna yang lebih alami. Setiap tampilan gambar pun terlihat lebih halus berkat fitur frame interpilation.

Proyektor EH-LS12000B ini memiliki kecerahan 2.700 lumens, serta dilengkapi dengan fitur HDR10+, membuat kecerahan gambar yang dihasilkan maksimal dan terlihat lebih jelas. Masa pakai laser sampai 20.000 jam dan hanya membutuhkan perawatan yang minim sehingga lebih hemat. Perawatan yang dibutuhkan mencakup pembersihan filter udara proyektor.

Streaming Media Player: CO-FH02

Proyektor Epson CO-FH02

Epson CO-FH02 merupakan proyektor cerdas Full HD yang praktis dan mudah dibawa-bawa, serta bisa memenuhi kebutuhan bisnis dan hiburan. Proyektor ini menawarkna kemudahan dan fleksibilitas dalam menampilkan gambar berkualitas tinggi setiap saat dan di mana saja. Pengguna dapat melakukan presentasi lebih jelas dengan proyektor yang memiliki kecerahan 3.000 lumens dan resolusi Full HD/1080P ini. Saat di rumah, proyektor ini pun dapat meningkatkan pengalaman sinematik streaming film dan hiburan lainnya. Audio visual pada proyektor ini cocok untuk mendukung rapat bisnis, presentasi dan diskusi, baik di dalam maupun luar kantor.

Baca juga: Epson CO-FH02, Proyektor Pintar All-in-one dengan Resolusi Full HD

Proyektor Epson CO-FH02

“CO-FH02 adalah Full HD Smart Projector all-in-one terbaru Epson yang menawarkan fungsi serbaguna yang luar biasa dalam berbagai penggunaan untuk bisnis dan konsumen atau pengguna. Produk ini sudah hadir di Indonesia, dan cukup memiliki minat yang bagus di pasar Indonesia,” ucap Zanipar. 

Demikianlah sekilas fitur-fitur serangkaian produk proyektor Epson Indonesia yang dipamerkan di HallF Pati Unus pada 19 Januari 2023. Epson Indonesia meyakini setiap solusi yang ditawarkan memiliki kualitas yang dapat bersaing di pasar Indonesia.

Share:

Artikel Terkini