SONY Indonesia Hadirkan Lensa Ringkas FE 50 mm F1.4 GM SONY Indonesia Hadirkan Lensa Ringkas FE 50 mm F1.4 GM ~ Teknogav.com

SONY Indonesia Hadirkan Lensa Ringkas FE 50 mm F1.4 GM

Teknogav.com - SONY Indonesia menghadirkan lensa ringkas terkininya, yaitu FE 50 mm F1.4 GM yang merupakan anggota baru lini full-frame G Master. Lensa ini resmi diluncurkan pada ajang Alpha Festival 2023 yang digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta selama 3-5 Maret 2023. Desain lensa ini sangat ringan, tetapi tetap dapat menghasilkan resolusi mengesankan, gamber berkualitas tinggi dan autofokus cepat. Kontrol aberasi spherical pada tahap desain dan produksi turut berperan pada hasil bokeh yang indah.

“Kami menghadirkan lensa prime FE 50 mm F1.4 GM yang merupakan pilihan tepat untuk penggunaan fotografi dan videografi. Lensa ini dapat menghasilkan kualitas gambar luas biasa pada 50 mm, salah satu focal length populer,” ucap Koji Sekiguchi, President Director PT Sony Indonesia.

Baca juga: Gelar Alpha Festival, SONY Pamerkan Kamera Sinema Digital VENICE 2

Bokeh dihasilkan secara alami oleh lensa dengan 11-blade circular aperture dan realisme yang tajam pada seluruh rentang apertur maksimum. Kepekatan dan kehalusan bokeh dapat dilakukan pada berbagai skenario pengambilan gambar termasuk menonjolkan subjek foto dari sekelilingnya.

Dua elemen XA (extreme aspherical) pada lensa ini dapat memperbaiki kelengkungan bidang dan sebagian besar jenis aberasi secara efektif. FE 50 mm F1.4 GM juga dirancang dengan satu elemen kaca ED (extra-low dispersion) yang berfungsi menekan aberasi kromatik. Penekanan aberasi kromatik ini bertujuan untuk mempertahankan gambar yang jernih dan tajam tanpa color bleeding. Perpaduan elemen XA dan ED ini dapat menghasilkan resolusi tinggi di seluruh frame. Pantulan pada lensa pun dicegah dengan Nano AR Coating II asli dari SONY. Lapisan ini dapat menekan pantulan, bahkan saat latar sangat terang.

lensa SONY FE 50 mm F1.4 GM

Teknologi desain optik tercanggih SONY diusung pada FE 50 mm F1.4 GM, termasuk penempatan elemen XA yang tepat. Lensa ini juga dibekali XD (extreme dynamic) linear motors bertenaga besar dan unit compact circular aperture terkini. Elemen ini sangat penting untuk menghadirkan aperture besar dan resolusi tinggi pada lensa yang ringkas. Diameter lensa ini hanya 80,6 mm, panjang 96 mm dan bobot 516 gram. Jika dibandingkan dengan model konvensional dengan spesifikasi sama, maka lensa ini 33% lebih ringan dan volumenya 15% lebih kecil. Dimensi lensa ini ideal untuk pengoperasian drone dan gimbal.

Ketika dipasang pada kamera SONY, lensa FE 50 mm F1.4 GM sangat serbaguna untuk memotret dan merekam video. Jenis mobilitas dan kinerja rendah cahaya pada lensa ini, menjadikannya pilihan tepat untuk berbagai momen, termasuk portraits, wedding dan komersial.

Baca juga: Canon Hadirkan Lensa Tele dan Lensa Fix Terkini

Jarak fokus minimum pada FE 50 mm F1.4 GM hanya 0,41 meter. Ketika autofokus diaktifkan, pembesaran maksimum mencapai 0,16x, sehingga menambah keleluasaan saat merekam foto dan video. Kecepatan autofokus pun 1,9x lebih cepat dibandingkan model konvensional dengan spesifikasi sama. Motor linear XD menggerakkan fokus yang halus dan responsif pada lensa, serta memadukan algoritma kontrol canggih. Lensa ini cepat memperoleh fokus dan melacak subjek saat dipasangkan dengan kamera Alpha terkini SONY. Kecepatan tersebut dapat dicapai bahkan saat bahkan saat menggunakan shallow depth of field yang tersedia pada F1.4.

Respon terhadap sinyal pengendali dioptimalkan oleh motor linear XD dan algoritma kontrol sehingga fokus tepat dan getaran minimal. Pengoptimalan ini memungkinkan pengoperasian AF yang halus dan hening. Fitur ini memungkinkan perekaman video dapat menangkap dan melacak subjek secara halus. Kemampuan ini bahkan dapat dilakukan saat merekam dengan 120 fps atau frame rate tinggi lain. Saat perekaman solo atau tim kecil, kemampuan fokus ini dapat meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas kreatif secara signifikan. Teknologi lensa terkini untuk mengurangi focus breathing juga diusung lensa FE 50 mm F1.4 GM sehingga menjamin kualitas gambar tertinggi. Lensa tersebut juga mendukung fungsi breathing compensation pada kamera Sony Alpha yang kompatibel.

FE 50 mm F1.4 GM dirancang secara intuitif untuk mendukung kehadiran efisiensi alur kerja maksimal bagi para kreator saat pengambilan gambar. Linear Response MF memastikan cincin fokus merespon kontrol halus saat pemfokusan manual secara langsung dan berulang-ulang. Kerennya, FE 50 mm F1.4 GM juga memiliki tombol iris lock yang pertama kali tersedia pada lensa prime SONY. Thread mount lensa ini 67 mm. Hasilnya, filter bisa ditukar dengan lensa FE 24 mm F1.4 G Master F1.4 G Master.

fitur-fitur pada lensa SONY FE 50 mm F1.4 GM

Keserbagunaan pengambilan gambar ekstra bagi para kreator konten disajikan focus hold button dan focus mode switch. Focus hold button posisinya di dua titik lensa, serta bisa diatur ke beberapa fungsi lain dari menu kamera. Autofokus dan fokus manual pun dapat dialihkan dengan cepat menggunakan Focus mode switch. Hal ini memudahkan adaptasi dengan kondisi pengambilan gambar yang berubah-ubah dengan cepat. 

Baca juga: Canon RF 135mm f/1.8L IS USM Lensa Telefoto Medium Terkini

Lapisan fluorine di bagian depan lensa dapat menahan dan memudahkan membersihkan sidik jari, debu, air, minyak dan bahan-bahan lain. Ketahanan terhadap debu dan kelembapan pada lensa menambah keandalan penggunaan di luar ruangan dalam kondisi menantang. Fitur ini menambah kepercayaan diri para kreator saat menggunakan lensa di berbagai lingkungan pengambilan gambar.

FE 50 mm F1.4 GM akan tersedia di Indonesia pada April 2023, pre-order sudah bisa dilakukan sampai 17 Maret 2023. Harga yang dibanderol pada lensa tersebut adalah Rp20.999.000, pembelian dapat ddilakukan di berbagai dealer resmi SONY. Khusus pembelian selama pre-order, tersedia Corkcircle tumbler eksklusif yang sangat berguna bagi fotografer dan videografer yang penuh mobilitas.

Share:

Artikel Terkini