Youtap BOS, Solusi All-in-One Permudah UMKM Terintegrasi secara Digital Youtap BOS, Solusi All-in-One Permudah UMKM Terintegrasi secara Digital ~ Teknogav.com

Youtap BOS, Solusi All-in-One Permudah UMKM Terintegrasi secara Digital

Teknogav.com – Youtap Indonesia makin berkomitmen dan memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh kota. Upaya mempermudah dan memberdayakan UMKM ini dilakukan dengan meluncurkan solusi all-in-one khusus bagi pemilik usaha, yaitu Youtap BOS. Peluncuran ini digelar sambil merayakan ulang tahun Youtap ketiga.

Seluruh proses pengelolaan usaha menjadi terintegrasi dengan Youtap BOS sehingga seluruh kegiatan toko bisa terpantau dengan baik. Pemilik usaha dapat memanfaatkan Youtap BOS untuk memulai, mengatur dan memantau usaha. Hal ini berbeda dengan Youtap POS yang berfungsi untuk menjalankan operasional usaha melalui aplikasi kasir digital dari smartphone dan tablet. Pendaftaran Youtap BOS dapat dilakukan dengan cepat melalui bos.youtap.id.

Youtap juga mendorong kepercayaan diri UMKM dengan menghubungkan ratusan ribu UMKM dari ratusan kota dengan saling berbagi manfaat digitalisasi. Peran Youtap ditunjukkan oleh 100 pelaku UMKM dari 100 kota yang berbagi cerita mengenai 100 solusi Youtap. Berikut ini adalah beberapa solusi tersebut:

  • Informasi untung rugi penjualan
  • Analisa produk
  • Status transaksi terkini
  • Terima semua jenis pembayaran, baik tunai maupun non-tunai
  • Bebelanja stok
  • Penawaran paket usaha, seperti paket Extra Mantap dan Paket Extra Untung
  • Youtap ADS berupa dukungan branding mencakup penyediaan layanan visual konten sampai iklan di media sosial

Baca juga: Transaksi ShopeePay dengan YouTap Melonjak Lima Kali Lipat

Peran dan layanan Youtap yang makin bekembang ini memberikan peluang usaha dan memberdayakan pelaku usaha di berbagai level. Mulai dari UMKM, pemasok sampai enterprise dapat saling mendukung dan berbagi manfaat digitalisasi. Harapannya ekosistem digital Youtap dapat mencetak lebih banyak BOS UMKM andalan dari berbagai wilayah. Antara pelaku UMKM, mitra pemasok dan enterprise pun dapat menjalin hubungan untuk saling memberdayakan.

“Kebutuhan konsumen makin meningkat setiap tahun, Persaingan dengan sesama pelaku usaha juga makin nyata. Saya sangat senang bisa ikut bertemu dengan 100 BOS dari 100 Kota. Dari sini saya jadi makin percaya diri untuk mengembangkan usaha lebih lanjut karena telah didukung para supplier Youtap yang terpercaya. Pengelolaan usaha juga nantinya bisa lebih mudah dengan hadirnya Youtap BOS karena semua bisa dipantau dari satu aplikasi,” ucap Yoga Wiratyasa, Pemilik Sego Meduro Cak Brewok di Sampangan yang merupakan merchant Youtap.

Perluasan Jangkauan Youtap di Indonesia

UMKM sangat berperan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, hal ini terlihat dari kontribusi UMKM pada 60% Produk Domestik Bruto (PDB). Selain itu, UMKM juga menyumbang 96% dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Perkiraannya dalam beberapa tahun ke depan, pertumbuhan ekonomi di kota-kota tier dua dan tier tiga akan menyumbang PDB lebih besar. Data laporan Alpha JWC Ventures dan Kearny menunjukkan bahwa pada tahun 2030, terjadi peningkatan kontribusi kota-kota tersebut sekitar 3-5%. Selaras dengan hal ini, Youtap berkomitmen untuk memperluas jangkauan ke kota tier dua dan tier tiga tersebut.

Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia mengungkapkan bahwa ada tantangan bebeda dalam membuka potensi digitalisasi di kota tier dua dan tiga. Youtap berusaha menjangkau berbagai skala UMKM melalui edukasi pedagang di kota besar dan kecil oleh tim di lapangan. Upaya ini dilakukan sambil terus mengembangkan ekosistem digital bai para pelaku usaha. Hasilnya, pertumbuhan Youtap di kota tier dua dan tier tiga lebih tinggi sampai dua kali lipat transaksi. Youtap di Sulawesi bahkan tumbuh tiga kali lipat.

Baca juga: Transaksi dengan Youtap di Drive-Thru McDonalds Naik 4 Kali Lipat

Youtap akan terus mendukung potensi berbagai kota yang menjadi fokus pengembangan dan terus membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak. Kini sudah lebih dari 500 ribu pelaku usaha bergabung di ekosistem Youtap yang tersebar di 510 kota. Beberapa wilayah tersebut mencakup Dumai, Tebing Tinggi Sumatera Utara, Payakumbuh Sumatera Barat, Pematang Siantar, wilayah timur dan barat Bandung (Jawa Barat – Ciamis, Kuningan, Banjar), Salatiga, Tegal, Karanganyar, Mojokerto, Tulungagung, Pettarani Sulawesi, sekeliling luar Makassar (Maricaya, Pettarani, Rappocini, Mangasa). Kota yang mengalami pertumbuhan digitalisasi paling cepat adalah Riau dan Batam yang mencapai 196%.

Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia

p di berbagai lini menunjukkan profitabilitas bisnis Youtap berkat keandalan di tiga layanan utama. Tiga pilar utama layanan Youtap mencakup pembayaran non-tunai, solusi POS (kasir online) dan loyalty, serta solusi rantai pasok, Belanja Stok. Ketiga solusi tersebut hadir dalam Youtap BOS, sehingga memudahkan para pelaku usaha mengambil keputusan dan mengembangkan usahanya.

“Visi Youtap adalah hadir di setiap usaha untuk membantu dan memberdayakan pelaku usaha demi pencapaian terbaik. Sesuai visi tersebut, di usia ketiga ini, kami menghadirkan layanan khusus bagi berbagai tipe BOS (bos pemilik usaha). Ini juga menjadi ekosistem yang menyatukan para BOS pemilik usaha seluruh kota di Indonesia untuk saling berbagi peluang dan berkembang. Di ekosistem digital Youtap, para BOS pemilik usaha bisa terkoneksi dengan banyak mitra strategis Youtap. Mitra-mitra tersebut mencakup perbankan, penyedia jasa keuangan dan pemasok stok-stok barang dagangan dan bahan baku untuk usaha,” ucap Herman.

Baca juga: Aplikasi Dagang Youtap, Mantapkan UMKM Go Digital

Perluasan Layanan Belanja Stok

Belanja Stok merupakan layanan yang diluncurkan Youtap tahun 2022 dan telah menjadi favorit pengguna. Data Youtap selama tahun 2022 mencatat lebih dari 15 ribu transaksi dan 100 ribu barang menggunakan layanan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa digitalisasi turut membantu UMKM mencari pemasok barang-barang. Lebih dari 60% UMKM merasakan manfaat digitalisasi dalam mencari pelanggan dan pemasok barang-barang.

UMKM dapat menemukan berbagai produk berkualitas dari berbagai pemasok ternama melalui perluasan layanan Belanja Stok di Youtap BOS. Beerapa pemasok tersebut mencakup API, Best Meat, Campina, Dagangan, Diamond Fair, DIMA, Inofood Beverage, Indomarco, Nutrifood, Sari Roti dan Sosro. Perluasan ini tentunya meningkatkan pelaku dalam berbelanja kebutuhan usahanya.

Share:

Artikel Terkini