Dukung Pendidikan, Epson Indonesia Gelar Seminar bagi Pengajar di Tolitoli Dukung Pendidikan, Epson Indonesia Gelar Seminar bagi Pengajar di Tolitoli ~ Teknogav.com

Dukung Pendidikan, Epson Indonesia Gelar Seminar bagi Pengajar di Tolitoli


Teknogav.com – Epson Indonesia mendukung berbagai aspek dunia pendidikan dengan menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Serangkaian kegiatan yang digelar Epson Indonesia dilakukan untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar yang sedang disosialisasikan Pemerintah. Lokasi pertama dalam rangkaian kegiatan dukungan ini adalah Kabupaten Tolitoli. Peserta kegiatan ini mencakup anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI).

Sosialisasi yang dilakukan pemerintah tersebut ditujukan bagi seluruh satuan Pendidikan yang ada di Indonesia. Jenjang satuan Pendidikan tersebut mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi. Penyelenggaraan seminar di Tolitoli digelar selama dua hari, yaitu 23 dan 24 Juni 2022 di Aula SMPN 3 Tolitoli. Seminar ini merupakan sarana informasi dan motivasi bagi para pengajar dan tenaga kependidikan. Para narasumber seminar merupakan praktisi pendidikan yang kompeten di bidangnya.

Baca juga: Wacom dan ClassPoint Berkolaborasi Tawarkan Solusi Efektif Kegiatan Belajar Mengajar

IGI berharap seminar ini dapat membantu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tolitoli mempercepat penerapan Kurikulum Merdeka yang merata di Kabupaten Tolitoli. Seminar ini ditujukan untuk mepersiapkan para pengajar dan tenaga kependidikan dalam menyambut pembaruan proses pengajaran seiring perkembangan penggunaan teknologi. Harapannya para pengajar dan tenaga pendidikan dapat terus berinovasi dan beradaptasi selama penerapan kegiatan pembelajaran tatap muka saat ini.

Sejumlah pemangku kepentingan daerah ikut serta dalam kegiatan seminar ini, yaitu sebagai berikut:

  • Arun Haryanto, S.Pd., Ketua IGI Kabupaten Tolitoli
  • DR. Adjmain Laterey, M.Si., Kepala Dinas Disdikbud Kabupaten Tolitoli
  • Irwan, S.Sos, Sub. Kordinator Seksi Kurikulum Disdikbud Kabupaten Tolitoli
  • Pramono Budiman Peding, S.Pd, M.M., Pengawas Madya Disdikbud Kabupaten Tolitoli
Selain itu hadir pula para perwakilan dari Epson Indonesia, yaitu:
  • Edwin Ramdhani Syafruddin, Product Manager Visual Instrument Department Epson Indonesia.
  • Hesti Astina, Product Manager Visual Instrument Department Epson Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih atas inisiasi yang dilakukan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) dalam mengadakan kegiatan sosialisasi Kurikulum Merdeka ini. Inisiasi ini sangat penting sekali agak semua sekolah dapat menerapkannya. Terima kasih juga untuk Epson Indonesia yang sudah ikut mendukung kegiatan ini. Hal ini sangat baik sekali di mana saya lihat Epson Indonesia sangat aktif sekali dalam kegiatan yang bertemakan Pendidikan. Kita bisa lihat solusi-solusi yang diberikan sangat dibutuhkan oleh Sekolah saat ini. IGI menggandeng Epson Indonesia selaku penyedia perangkat teknologi agar dapat mewujudkan modernisasi pembelajaran melalui implementasi program Kurikulum Merdeka ini,” ucap DR. Adjmain Laterey, M.Si, Kepala Dinas Disdikbud Kabupaten Tolitoli. 

Ayatullah, S.T., Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Tolitoli mengatakan bahwa Kurikulum Merdeka akan menjadi satuan Pendidikan. Kurikulum ini ditujukan untuk memulihkan pembelajaran tahun 2022 sampai dengan 2022. Selama periode tersebut dimulai sesuatu yang baru dalam dunia Pendidikan. Hal tersebut merupakan bentuk fasilitasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam mengapresiasi tenaga Pendidikan yang profesional.

Baca juga: Epson Hadirkan Berbagai Inisiatif dan Jajaran Produk Pendukung Edukasi

Solusi Epson dalam Pendidikan

Topik seminar yang disajikan mencakup seputar dunia pendidikan dan perkembangan pendidikan di era digital saat ini. Materi seminar tersebut disampaikan Edwin Ramdhani Syafruddin sebagai perwakilan dari Epson Indonesia. Isi materi seminar mencakup solusi teknologi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara nirkabel agar makin inovatif dan interaktif di Indonesia. Solusi tersebut diberikan melalui produk-produk yang dirancang khusus sebagai penunjang kebutuhan guru dan tenaga pendidik. Beberapa produk tersebut mencakup proyektor Epson EB-X06 dan EB-725Wi.

acara seminar untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar

Sekitar 200 Sekolah dari unit SD sampai SMP ikut serta dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Sekolah-sekolah tersebut berasal dari  Kecamatan Damal Selatan, Dampal Utara, Dondo, Basidondo, Ogodeide, Lampasio, Baolan, Galang, Dakopemean, dan Tolitoli Utara. Kegiatan tersebut dibagi menjadi 4 sesi dengan masing-masing sesi dihadiri 50 sekolah demi menjaga protokol kesehatan.

“Kami melihat bahwa dunia pendidikan Indonesia menghadapi berbagai tantangan dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Adopsi terhadap penggunaan teknologi serta konsentrasi siswa yang kurang terpusat karena pembelajaran cenderung satu arah telah membuat kami sebagai perusahaan teknologi berinovasi guna membantu dunia pendidikan Indonesia, khususnya bagi Bapak dan Ibu Guru agar mampu menjalankan kegiatan pembelajaran tatap muka saat ini yang lebih atraktif dan Interaktif,” ucap Hesti Astina, Product Manager Visual Instrument Department Epson Indonesia

Proyektor Epson EB-X06 dan EB-725Wi.

Epson Indonesia menghadirkan model proyektor yan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan penggunaan proyektor oleh guru-guru dan tenaga pendidik di sekolah. Upaya ini dilakukan demi meningkatkan mutu pembelajaran di sektor pendidikan di Indonesia. Proyektor-proyektor tersebut adalah EB-XO6 dan EB-725W.

Proyektor EB-X06

EB-X06 merupakan proyektor yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan penggunaan proyektor oleh guru dan tenaga pendidik di sekolah. Proyektor ini dibekali teknologi 3 Chip LCD yang mampu memberikan hasil proyeksi lebih terang dan tak membuat mata cepat lelah. Pengoperasiannya pun mudah karena sudah dilengkapi dengan bahasa Indonesia. Tak perlu khawatir produk rusak, proyektor ini sudah dibekali garansi dua tahun. Sedangkan untuk lampu proyektor, tersedia garansi satu tahun atau 1000 jam (mana yang lebih dahulu tercapai).

dongel ELPAP11

 

Proyektor ini dapat menampilkan materi pembelajaran dengan koneksi nirkabel. Caranya cukup gunakan opsi dongel dengan tipe ELPAP11 dan gunakan aplikasi iProjection. Aplikasi iProjection ini tersedia gratis di Google Play Store, Apps Store dan website Epson. Solusi tersebut memungkinkan guru untuk mengajar menggunakan gawai pribadi atau menggunakan papan tulis digital dan menampilkan 4 tampilan layar bersamaan. 

Baca juga: Proyektor Interaktif Epson EB-1485Fi, Solusi Edukasi dan Bisnis Saat New Normal

Proyektor Interaktif EB-725Wi

Epson Indonesia juga memiliki Proyektor Interaktif EB-725Wi yang menjadikan media proyeksi bagaikan layar sentuh. Proyekor ini membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih atraktif dan menyenangkan. Informasi lebih lanjut mengenai Epson tersedia di situs resmi Epson Indonesia atau distributor lokal Epson.

Share:

Artikel Terkini