Indosat dan Tech Mahindra Luncurkan CoE Lab di Jakarta Indosat dan Tech Mahindra Luncurkan CoE Lab di Jakarta ~ Teknogav.com

Indosat dan Tech Mahindra Luncurkan CoE Lab di Jakarta

Teknogav.com – Berbagai pihak terus mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia. Dukungan pun diberikan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dan Tech Mahindra dengan meluncurkan Center of Excellence (CoE) lab. Laboratorium tersebut memanfaatkan kemampuan Google Cloud untuk mengembangkan solusi inovatif yang menggabungkan teknologi generasi mendatang. Beberapa teknologi tersebut mencakup 5G, Data Analytics, Edge Computing, Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)..

CoE lab didukung oleh Google Cloud dan menyediakan analitik cerdas untuk Communications Services Providers (CSP). Kemampuan tersebut memungkinkan CSP mendapat peluang pendapatan tambahan melalui pengalaman dan penawaran yang dipersonalisasi sesuai kepribadian pelanggan.

Baca juga: VMware Dukung Operator Telekomunikasi Cepat Migrasi ke Multi-Cloud

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison

"Kami di Indosat menempatkan diri kami sebagai kolaborator utama dalam mempercepat transformasi digital bangsa. Kami sangat antusias untuk meluncurkan CoE lab sebagai kolaborasi dari dua merek global yang menciptakan platform untuk use case baru yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Indosat dapat memanfaatkan lab ini untuk memperluas kemampuan dan manfaat bagi pelanggan enterprise kami,” ucap Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Selain CoE lab, Indosat dan Tech Mahindra juga meluncurkan Google Cloud Smart Analytics. Berbagai solusi tersebut memungkinkan perusahaan memigrasikan kumpulan big data dengan aman dan mulus untuk mendukung pengambilan keputusan di beberapa bidang.  Contoh keputusan-keputusan tersebut adalah segmentasi pelanggan, pengukuran efektivitas pengalaman dan pengurangan churn pelanggan. Solusi tersebut juga bisa mengurangi waktu dan sumber daya yang berkaitan dengan pelatihan model machine learning (ML) dan artificial intelligence (AI) untuk aplikasi bisnis. Selain itu, CoE juga fokus dalam memenuhi kebutuhan bisnis pasar telekomunikasi dan enterprise di Asia Tenggara.

Baca juga: Indosat Ooredoo Manfaatkan Solusi Analitis Comviva untuk Dukung Strategi Marketing

Keahlian teknologi Tech Mahindra akan dipadukan dengan ML Google Cloud dan kemampuan percakapan AI di Dialogflow dan BigQuery. Kekayaan intelektual (IP) Tech Mahindra juga dimanfaatkan dengan akselerator internal yang disesuaikan untuk membantu CSP lebih baik melibatkan pelanggan mereka. Upaya tersebut dilakukan melalui pengalaman berbasis data, modernisasi platform bisnis, dan efisiensi operasional dari migrasi ke cloud data yang  terbuka. Langkah tersebut memungkinkan pelanggan mempercepat perjalanan cloud data mereka saat mereka beralih ke masa depan yang mengedepankan digital.

Karan Bajwa, Vice President, Asia Pasifik, Google Cloud mengungkapkan bahwa kini organisasi mengakui data merupakan aset strategis. Mereka juga memahami bahwa produk dan pengalaman yang dipersonalisasi jauh lebih berharga bagi bisnis dan pelanggan. Penyebaran data justru menjadi tantangan yang menahan mereka. Tantangan tersebut mencakup data yang sangat banyak dan sangat tersebar sehingga terlalu banyak untuk diuraikan dan dipahami. Data-data tersebut pun terkunci dalam silo.

“Smart Analytics dan CoE lab yang baru didirikan memanfaatkan keahlian bersama Google Cloud dan Tech Mahindra. Fungsi solusi ini adalah sebagai katalis bagi perusahaan di industri. Solusi ini diatur dengan meningkatkan bakat teknologi mereka, menghilangkan silo data dengan cloud data terbuka, menerapkan analisis cloud dan AI. Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan interaksi pelanggan dan menangkap peluang pertumbuhan baru,” ucap Karan Bajwa.

Baca juga: VMware Perkenalkan Sejumlah Inovasi bagi Industri Telekomunikasi di MWC 2022

Pemanfaatan teknologi 5G dan Edge Computing dalam mengembangkan produk, layanan dan model bisnis baru dapat dilakukan CSP menggunakan CoE Lab. Tentunya hal ini akan mendorong pertumbuhan pendapatan dan memungkinkan memonetisasi aset data jaringan signifikan mereka dengan lebih baik.

CP Gurnani, CEO & Managing Director of Tech Mahindra  dan Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison

"Teknologi mendalam, keahlian domain, dan kemampuan analisis bisnis kami, dikombinasikan dengan Google Cloud, akan mendorong solusi analisis lanjutan ke garis depan. Kolaborasi ini juga akan berfungsi sebagai katalis bagi enterprise saat mereka memulai perjalanan transformasi digital berbasis data dan membantu memodernisasi aplikasi yang ada. CoE lab merupakan langkah penting dalam memperkuat kemitraan kami dengan Indosat. Kami yakin bahwa kolaborasi ini akan membantu kami memperluas kehadiran kami di Indonesia,” ucap CP Gurnani, Managing Director and Chief Executive Officer, Tech Mahindra.

Menurutnya, kemitraan tersebut akan membuka peluang menghasilkan aliran pendapatan baru bagi pelanggan mereka. Hal tersebut dilakukan dengan menyediakan analisis data mendalam untuk mengambil keputusan yang efisien dan terinformasi.

"Peluncuran CoE lab ini sejalan dengan tujuan Indosat yang lebih besar untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Upaya ini dilakukan dengan mempercepat transformasi digital bangsa. Ke depan, ini akan membuka dan memaksimalkan potensi yang belum dimanfaatkan dalam mendigitalisasi industri dan bangsa," pungkas Vikram.

Share:

Artikel Terkini