VMware Perkenalkan Sejumlah Inovasi bagi Industri Telekomunikasi di MWC 2022 VMware Perkenalkan Sejumlah Inovasi bagi Industri Telekomunikasi di MWC 2022 ~ Teknogav.com

VMware Perkenalkan Sejumlah Inovasi bagi Industri Telekomunikasi di MWC 2022


Teknogav.com – Serangkaian produk dan kemitraan diumumkan VMware pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2022 di Barcelona, Spanyol. Berbagai produk tersebut merupakan perwujudan komitmen VMware dalam mendukung operator telekomunikasi memodernisasi jaringan dan memonetisasi layanan-layanan baru dengan cepat. Selain itu sejumlah inovasi terkini yang mencakup aplikasi-aplikasi modern, Radio Access Network (RAN) dan edge pun diumumkan oleh VMware.

“Pesatnya pembangunan jaringan 5G di seluruh dunia memicu terciptanya layanan-layanan baru yang akan mentransformasi cara bekerja dan dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan multi cloud yang diterapkan VMware membantu pelanggan dalam menghadirkan sesuatu yang unik di era yang sarat dengan dinamika ini. Pendekatan ini mendukung mereka dalam menggelar inovasi di infrastruktur-infrastruktur inti, RAN, edge maupun cloud, yang memungkinkan dihadirkannya layanan-layanan canggih. Bisnis mereka pun akan didorong melesat jauh ke depan oleh layanan-layanan canggih ini,” ucap Sanjay Uppal, senior vice president and general manager, Service Provider and Edge, VMware.

Baca juga: VMware Dukung Operator Telekomunikasi Cepat Migrasi ke Multi-Cloud

Transformasi Aplikasi Modern pada Industri Telekomunikasi

Saat ini modernisasi jaringan gencar dilakukan operator telekomunikasi untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi jaringan secara virtual dan cloud-native. Platform VMware Telco Cloud menyediakan pilihan landasan infrastruktur bagi operator telekomunikasi. Fungsi operasional dapat ditingkatkan dengan pesat menggunakan platform tersebut, bahkan sampai ke tingkat-tingkat yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah beberapa operator telekomunikasi yang sudah merasakan manfaat platform VMware Telco Cloud:

  • Millicom yang selama ini jaringannya dianggap silo telah berkolaborasi dengan VMware untuk menerapkan unifikasi jaringan mereka. Kini mereka telah beralih ke fungsi-fungsi jaringan yang sudah tervirtualisasikan.
  • Safaricom membangun jaringan greenfield di Etiopia menggunakan platform VMware Telco Cloud Platform 

Pihak ketiga juga dapat mengembangkan solusi-solusi di atas VMware Telco Cloud. VMware menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan untuk merampingkan proses pengujian dan validasi solusi-solusi tersebut. Beberapa kemitraan tersebut dijalin dengan Dell dan Oracle yang berhasil mengembangkan rancangan yang tervalidasi sebagai cetak biru pembangunan inti 5G. Inti 5G tersebut dapat dibangun pada infrastruktur berstandar industri dengan kokoh dan berskalabilitas tinggi. Berkat solusi yang dihasilkan, penggelaran jaringan dapat dilakukan lebih cepat. Penghematan waktu ini diperoleh dari singkatnya waktu yang dibutuhkan untuk merancang, menguji dan mengintegrasikan komponen dari para mitra.

Disagregasi RAN

Operator telekomunikasi kini memprioritaskan modernisasi RAN sebagai kebutuhan. Sebagian besar operator telekomunikasi merencanakan atau sedang melakukan transisi dari vRAN menuju ke Open RAN. Demi mewujudkan transisi tersebut, operator telekomunikasi perlu bekerja sama dengan sejumlah vendor RAN agar proses transisi sesuai kebutuhan mereka.

Baca juga: VMware 5G Telco Cloud Platform Siap Fasilitasi Aplikasi-Aplikasi Teknologi Canggih

VMware Telco Cloud dapat digunakan ekosistem vendor RAN untuk menguji dan memvalidasi interoperabilitas solusi-solusi mereka. Upaya tersebut mempermudah operator telekomunikasi sehingga tak perlu mengerjakannya sendiri. Mereka dapat menjalankan dan mengelola fungsi-fungsi RAN dari berbagai vendor di platform yang memang dikembangkan dan dioptimalkan untuk RAN. Berikut ini adalah mitra-mitra VMware yang sudah menjalin kerja sama strategis RAN:

  • HCL merupakan mitra VMware sejak 2008, portofolio layanan infrastruktur terkelola milik mereka yang didukung teknologi VMware makin diperluas. Kini mereka juga menyediakan dukungan untuk VMware Telco Cloud – 5G Core dan VMware Telco Cloud RAN.
  • Samsung sudah menyelesaikan proses pengujian vRAN software (vDU, vCU) miliknya di Telco Cloud Platform.

Programabilitas Jaringan

RAN Intelligent Controller (RIC) merupakan host bagi aplikasi-aplikasi yang mendukung berbagai kapabilitas baru pada infrastruktur O-RAN. Kapabilitas tersebut mencakup automasi, optimalisasi jaringan dan kustomisasi layanan. VMware RIC dapat berperan sebagai host bagi aplikasi-aplikasi yang dikembangkan ekosistem pengembang perangkat lunak pihak ketiga yang makin luas. Aplikasi-aplikasi tersebut mencakup aplikasi-aplikasi yang hampir real-time maupun yang bukan aplikasi-aplikasi real-time (rApps).

VMware menjalin kerja sama dengan banyak operator telekomunikasi modern untuk menguji coba dan menerapkan VMware RIC di jaringan mereka. Salah satunya adalah Vodafone yang baru-baru ini menyelesaikan proof-of-concept untuk meningkatkan efisiensi penggunaan spektrum. Operator telekomunikasi tersebut juga menjalankan Spectrum Multiplier yang merupakan aplikasi terkini dari Cohere Technologies. Aplikasi ini berjalan di atas VMware RIC yang terhubung ke Capgemini 5G RAN. Penggunaan Cohere xApp intelligence mampu meningkatkan efisiensi penggunaan spektrum 5G sampai dua kali lipat. Efisiensi pun terjadi pada kapasitas sel di BTS.

Kemampuan pemrograman jaringan tak hanya sebatas pada RAN, platform VMware Telco Cloud juga memungkinkan Arrcuss ACE 2.0 mampu lintas operasi. Arrcuss ACE 2.0 adalah solusi Arrcus untuk routing yang sudah tervirtualisasi. Operator telekomunikasi pun kini dapat memperluas jangkauan pemrograman jaringan sampai ke edge. Ruang pameran VMware pada ajang MWC 2022 memamerkan cara solusi tersebut mendukung Softbank mewujudkan visi 5G Mobile User Plane.

Proses Transisi ke Edge

Kini banyak perusahaan kelas enterprise memindahkan beban kerja aplikasi mereka ke edge, termasuk menjadikan private 5G sebagai landasan. Upaya tersebut dilakukan dengan harapan 5G dapat mempercepat perjalanan digital mereka. Dalam menghadirkan solusi untuk jaringan privat bagi para penyedia layanan, VMware pun gencar bekerja sama dengan sejumlah mitra. Dukungan tersebut diharapkan dapat memungkinkan operator telekomunikasi dapat menawarkan layanan terbaik bagi pelanggannya.

Kemitraan VMware dengan ASOCS dan Druid menghasilkan rancangan jaringan private mobile yang sudah divalidasi bersama. Jaringan ini menyediakan keamanan, ketangguhan dan konektivitas 5G di edge bagi pelanggan. Solusi Private 5G yang andal diperoleh dengan menjalankan ASOCS CYRUS RAN dan Druid Raemis Core di VMware Edge Compute Stack.

Baca juga: VMware dan Samsung Bekolaborasi Dukung Operator Telekomunikasi Sediakan Layanan 5G

Selain itu solusi 5G cerdas yang menampilkan STL Garuda bagi pelanggan enterprise diperkenalkan oleh kemitraan STI, ASOCS dan VMware. Solusi tersebut menawarkan infrastruktur RAN yang on-premise, sudah tervirtualisasi secara penuh dan juga Open RAN. Infrastruktur TI perusahaan dapat di-host bersama dalam server-server commercial off-the-shelf (COTS). Kemampuan untuk host bersama ini memungkinkan penggabungan dengan infrastruktur yang sudah digunakan perusahaan selama ini.

Operator telekomunikasi juga akan menambahkan VMware SASE ke dalam portofolio solusi tekelola mereka untuk memungkinkan pelanggan berinovasi dengan cepat. Salah satu operator telekomunikasi tersebut adalah BT yang akan menawarkan solusi VMware SASE dalam bentuk layanan terkelola bagi pelanggannya. Solusi ini menggabungkan kapabilitas BT dalam bidang jaringan dan teknologi keamanan mendalam VMware. Sementara itu operator telekomunikasi MetTel akan menawarkan solusi SASE yang didukung VMware SASE. Selain itu ada Verizon yang akan menambahkan VMware SD-WAN dalam portofolio layanan global tekelola SD-WAN mereka.

Share:

Artikel Terkini